Dewi, Heny Gastiana (2018) Pengembangan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan pada kelas VII / Heny Gastiana Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Dewi Heny Gastiana. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan pada Kelas VII. Tesis Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar menulis teks fabel nilai kehidupan Penelitian pengembangan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penurunan moral siswa yang telah merajalela dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran teks fabel dianggap penting untuk diperhatikan karena dapat mengatasi permasalahan tersebut salah satunya pembelajaran menulis teks fabel. Hal ini karena dalam cerita fabel terdapat karakter tokoh tertentu yang dapat diteladani dihayati dan diinternalisasikan dalam diri siswa. Upaya dalam mengembangkan karakter sebagai usaha untuk mengatasi permasalahan moral dapat dilakukan dengan menambahkan integrasi nilai kehidupan melalui bahan ajar menulis teks fabel. Berdasarkan wawancara dan angket siswa diperoleh informasi bahwa (1) bahan ajar kelas VII telah menyajikan materi tentang menceritakan kembali isi cerita fabel sehingga setelah menceritakan kembali isi cerita fabel siswa dapat menangkap permasalahan dalam isi teks sebagai rangsang untuk menulis teks fabel yang baru (2) bahan ajar kelas VII belum mengakomodasi secara khusus tentang nilai kehidupan (3) masih minimnya ketersediaan buku pengayaan yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel dan (4) siswa mengalami kesulitan dalam menangkap pokok-pokok isi teks cerita fabel mengembangkan kerangka dan menceritakan teks fabel secara utuh dengan menggunakan bahasa sendiri. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar menulis teks fabel penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan pada kelas VII yang dikembangkan dengan berpedoman pada unsur isi sistematika kebahasaan dan tampilan yang layak untuk pembelajaran dan (2) mendeskripsikan hasil uji kelayakan dan uji keefektifan produk bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan pada kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (four D Model). Tahapan model 4D terdiri atas (1) penetapan (define) (2) perencanaan (design) (3) pengembangan (development) dan (4) penyebaran (desiminate). Uji produk bahan ajar ini melibatkan (1) ahli materi teks fabel (2) ahli bahan ajar (3) ahli desain (4) praktisi atau guru Bahasa Indonesia dan (5) uji lapangan atau siswa kelas VII. Uji produk dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan produk. Data hasil uji produk dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor yang didapatkan dari uji kelayakan dan uji efektivitas produk. Data verbal berupa catatan yang didapatkan dari komentar dan saran dari uji ahli praktisi dan siswa. Teknik analisis data terdiri atas analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif (verbal) yang diperoleh dari wawancara dan catatan tertulis berupa komentar dan saran yang ditulis saat uji kelayakan produk sedangkan teknik analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif (numerik) yang diperoleh dari angket uji kelayakan dan uji efektivitas produk. ii Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar. Bahan ajar tersebut terdiri atas buku siswa yang didampingi dengan buku panduan untuk guru. Isi dalam bahan ajar ini disesuaikan dengan KD dalam Kurikulum 2013 revisi 2017. Isi bahan ajar ini dibagi menjadi lima unit yaitu (a) ayo bekerja sama untuk mengenal teks fabel (b) ayo menuliskan kembali teks fabel dengan mengedepankan kejujuran (c) ayo menulis bebas teks fabel dengan mengedepankan kejujuran (d) ayo bertanggung jawab dalam menyunting teks fabel dan (e) ayo unjuk karya sebagai bentuk penghargaan. Setiap unit dalam bahan ajar ini mengacu pada KD yang telah ditentukan. Unit 1 mengacu pada KD 3.11 sedangkan Unit 2 Unit 3 Unit 4 dan Unit 5 merupakan rangkaian kegiatan menulis dan apresiasi yang dikembangkan berdasarkan penceritaan kembali. Hasil penelitian didapatkan dari hasil uji kelayakan dan keefektifan. Berdasarkan hasil uji kelayakan didapatkan hasil bahwa (1) kelayakan isi mendapatkan skor rata-rata 91 85% (sangat layak) untuk buku siswa dan 90 62% (sangat layak) untuk buku guru (2) sistematika mendapatkan skor rata- rata 80 13% (layak) untuk buku siswa dan 75% (layak) untuk buku guru (3) kebahasaan mendapatkan skor rata- rata 86 93% (sangat layak) untuk buku siswa dan 80% (layak) untuk buku guru dan (4) desain tampilan mendapatkan skor rata-rata 83 73% (layak) untuk buku siswa dan 84 11% (layak) untuk buku guru. Berdasarkan hasil uji keefektifan didapatkan hasil bahwa nilai t 7 321 dengan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) adalah 0 000 atau 0 05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa pada data pretest dan posttest. Simpulan penelitian pengembangan ini dibagi menjadi dua. Pertama berdasarkan hasil uji kelayakan bahan ajar ini tergolong layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks fabel. Kedua berdasarkan hasil uji keefektifan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan nilai kehidupan dalam meningkatkan nilai siswa dalam menulis teks fabel. Saran pemanfaatan bahan ajar ditujukan kepada guru siswa dan peneliti lanjutan. Guru dapat memanfaatkan bahan ajar ini sebagai alternatif buku teks terbitan Kemendikbud dalam pembelajaran menulis teks fabel penanaman nilai kehidupan dan pengayaan untuk mengerjakan latihan-latihan yang terkait dengan menulis teks fabel. Siswa disarankan dapat memanfaatkan bahan ajar ini sebagai buku pengayaan untuk mempelajari materi latihan menulis teks fabel dan penanaman nilai kehidupan. Peneliti lanjutan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih inspiratif inovatif dan menarik. iii SUMMARY Dewi Heny Gastiana. 2018. The Development of Writing Fable Text Teaching Material Containing Living Values at Grade VII. Thesis Indonesian Major Graduate Program Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. and (2) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Keywords teaching material development writing fable text living values The background of the research on teaching material about writing fable text containing living value is the problem on students moral degradation which occurs in the daily life. Fable text learning is considered important because it can overcome the problem one of them is learning fable text writing. This is because fable text has certain characters that can become exampler understood and internalized to the students. The effort in developing the character as the effort to overcome moral problems can be done by adding living values integration through writing fable text teaching material. Based on the interview and students questionnaire it was obtained that (1) teaching material of grade VII presents topic about retelling the content of the fable story orally until it is necessary to arrange enrichment book which presents its written materials (2) grade VII teaching materials still do not particularly accomodate about living values (3) the availability of the enrichment book used in learning writing fable text is still far from sufficient and (4) the students experienced difficulties in catching the main ideas of fable story text developing the framework and telling the whole fable text by using their own words. Therefore teaching material development in writing fable text was important to be conducted. The purposes of this research and development were to (1) produce product in the form of fable text teachig material containing living values at grade VII which was developed by considering the content systematics language and proper apperance for learning and (2) to describe the results of proper test and product effectivity test of teaching material product on writing fable text containing living values at grade VII. The development model used in this research was 4D development model (four D model). The steps of 4 D model consisted of (1) defining (2) designing (3) development (4) desiminating. The product test involved (1) the expert of fable text material (2) the expert of teaching material (3) the expert of design (4) practitioner or teacher of Indonesian (5) field test or grade VII students. Product test was used to examined the feasibility and the effectivity of the product. The data of test results were grouped into two they were non-verbal data and verbal data. Non-verbal data wew in the form of score obtained from feasibility test and effectivity test. Verbal data were in the form of notes obtained from the comments and suggestions from expert practitioner and students. The data analysis technique consisted of qualitative data analysis and quantitative data analysis. Qualitative data analysis was used to analyze qualitative data (verbal) obtained from the interview and written notes on comments and suggestions written in test on product feasibility while quantitative data analysis was used to analyze quantitave data (numeric) obtained from the questionnaire of feasibility test and product effectivity test. The product developed in this research and the development in this research is in the form of teaching materials. The teaching materials consist of students book iv accompanied by handbook for the teacher. The contents of this teaching materials are in accordance with Basic Competence in 2013 Curriculum 2017 revision. The contents of the teaching materials are divided into five units they are (a) let s work together to know fable texts (b) let s rewrite the table texts by prioritizing honesty (c) let s have fable text free writing by prioritizing the honesty (d) let s be responsible in editting the fable text and (e) let s show the work as the form of award. Each unit in the teaching materials refers to the basic competence determined. Unit 1 refers to Basic Competence 3.11 while Unit 2 Unit 3 Unit 4 and Unit 5 are the sequences of writing activities and appreciation developed based on retelling. The results of the research were obtained from the results of feasibility test and effectivity test. Based on the results of feasibility test it was obtained that (1) the content feasibility got average score 91 85% (very proper) for students book and 90 62% (very proper) for teachers book (2) systematics got average score 80 13% (proper) for students book and 75% (proper) for teachers book (3) language got average score 86 93% (very proper) for students book and 80% (proper) for teachers book and (4) the appearance design got average score 83 73% (proper) for students book and 84 11% (proper) for teacher s book. Based on the effectivity test it was obtained that t-score 7 321 with probability score or Sig. (2-tailed) is 0 000 or 0 05 it meant there was significant difference between students score on the pre-test and post-test. The conclusion of this research and developement were classified into two. Firstly based on the results of feasibility test this teaching material is considered proper to be implemented in learning fable text writing. Secondly based on the results of effectivity test it can be concluded that there was significant influence in using teaching material fable text writing containing living values in improving students score in writing fable text. The suggestion in using this teaching material is for teachers students and future researchers. The teacher can utilize this teaching material as alternative text book of established book by The Ministry of Culture and Education (Kemendikbud) in learning fable text writing planting living values and enrichment in doing exercises related to fable text writing. The students are suggested to be able to utilize this teaching material as enrichment book to learn the lesson practice fable text writing and planting living values. The future researcher can utilize the results of this research as the basic of developing teaching material that is more inspirative innovative and attractive.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58207 |
Actions (login required)
View Item |