Pengembangan media pembelajaran membaca pemahaman berbasis permainan untuk pelajar BIPA / Renda Yuriananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran membaca pemahaman berbasis permainan untuk pelajar BIPA / Renda Yuriananta

Yuriananta, Renda (2018) Pengembangan media pembelajaran membaca pemahaman berbasis permainan untuk pelajar BIPA / Renda Yuriananta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Yuriananta Renda. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Pemahaman Berbasis Permainan untuk Pelajar BIPA. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (2) Dr.Widodo Hs. M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran membaca pemahaman BIPA Perkembangan teknologi memberi dampak pada bidang lain untuk ikut berkembang. Salah satunya adalah bidang pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran yang berbasis teknologi dapat menjadi inovasi di era digital saat ini. Pembelajaran BIPA dengan kemasan media pembelajaran yang berbasis permainan dapat digunakan untuk menambah motivasi belajar bahasa Indonesia. Penambahan motivasi tersebut dilakukan dengan menciptakan produk media pembelajaran membaca pemahaman berbasis permainan untuk pelajar BIPA. Pengembangan produk tersebut dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Model tersebut diadaptasi menjadi delapan tahapan pengembangan. Validasi produk tersebut melibatkan tiga ahli yaitu ahli BIPA ahli pembelajaran BIPA dan ahli media pembelajaran. Hasil akhir validasi produk pada ahli BIPA menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasika. Hal itu didukung oleh persentase kelayakan produk sebesar 98 44%. Hasil akhir validasi produk pada ahli pembelajaran BIPA menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Hal itu didukung oleh persentase kelayakan produk sebesar 78 13%. Hasil akhir validasi produk pada ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Hal itu didukung oleh persentase kelayakan sebesar 83 82%. Berdasarkan keseluruhan persentase tersebut produk tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Uji coba produk dilakukan kepada sembilan pelajar BIPA program In Country 2017 BIPA UM. Uji coba produk tersebut dilakukan dua kali yaitu di luar kelas dan di dalam kelas. Hasil akhir validasi produk pada pelajar BIPA di luar kelas menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Hal itu dibuktikan dari persentase kelayakan produk sebesar 97 92%. Hasil akhir validasi produk pada pelajar BIPA di dalam kelas menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Hal itu didukung oleh persentase kelayakan produk sebesar 97 22%. Berdasarkan keseluruhan hasil validasi yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini didapatkan persentase yang menunjukkan bahwa produk sangat layak dan dapat diimplementasikan. Oleh karena itu produk ini dapat digunakan secara luas pada pembelajaran membaca pemahaman untuk pelajar BIPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58205

Actions (login required)

View Item View Item