Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Muhammad Dedi Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Muhammad Dedi Irawan

Irawan, Muhammad Dedi (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang / Muhammad Dedi Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dedi Irawan Muhammad. 2015.Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) H. Zainul Abidin M.Pd Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Multimedia pembelajaran interaktif adalah media yang dapat berinteraksi secara langsung dengan pebelajar dan dapat diputar kembali sesuai keinginan pebelajar dengan media interaktif pembelajar menjadi lebih aktif dalam mengikuti informasi materi serta dapat bernavigasi berkreasi dan berkomunikasi dengan menggunakan media siswa dapat menentukan dan memahami materi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran secara mandiri ataupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pencernaan makanan manusia untuk siswa kelas V semester I SDI Surya Buana Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan Sadiman dan dapat diuraikan sesuai dengan tahapan sebagai berikut (1) menganalisis kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3) mengembangkan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) menyusun storyboard (6) memproduksi (7) menyusun pedoman pemanfaatan (8) memvalidasi dan (9) merevisi. Hasil uji coba pengembangan Multimedia pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V semester 1 SDI Surya Buana Malang yakni dari hasil validasi ahli media 87 16% (valid) hasil validasi ahli materi 98 95% (valid) uji coba siswa perorangan 97 86% (valid) uji coba kelompok kecil 98 29% (valid) dan uji kelompok besar 98 17% (valid). Dari tes hasil belajar uji coba lapangan diketahui presentase nilai siswa yang memenuhi KKM 100 %. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut masuk dalam keterangan valid sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas V SD. Dalam penelitian ini saran yang diajukan kepada pengembang adalah hendaknya lebih memperhatikan jenis materi dan jenis tujuan pokok bahasan lebih diperbanyak komposisi warna dan gambar pemilihan suara media pada backsound serta soudeffect dan penggunaan animasi agar dapat menghasilkan media yang lebih menarik untuk disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item