Ekspresi kekerasan verbal pada komunikasi pelajar di facebook / Fifin Endriana

Endriana, Fifin (2018) Ekspresi kekerasan verbal pada komunikasi pelajar di facebook / Fifin Endriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Endriana, Fifin. 2017. EkspresiKekerasan Verbal padaKomunikasiPelajar di Facebook.Tesis, Program StudiPendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Abdul Syukur Ibrahim, (II) Prof. Dr. AnangSantoso, M.Pd. Kata Kunci: kekerasan verbal, tindaktutur, analisiswacana, facebook. Dewasaini,penggunaan media sosialsebagai media komunikasisudahmenjadikebutuhanbagibanyakkalangan. Olehsebabitu, penelitiantentangkekerasan verbal di media masa khususnya di facebookperludila-kukansebagaibentukkepedulianterhadapfenomenabahasa yang terjadi di media sosialkarenamenyangkutpsikologisdanetikaberbahasaseseorang. Kali ini, penelitiantentangkekerasan verbal di media sosialdifokuskanpadakomunikasipelajar di facebook. Tujuandaripenelitianinimeliputi: (1) Mendeskripsikanbentukekspresikekerasan verbal padakomunikasipalajar di facebook, (2) menjelaskanfungsiekspresikekerasan verbal padako-munikasipalajar di facebook, dan(3) menjelaskanstrategiekspresikeke-rasan verbal padakomunikasipalajar di facebook. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, jenispenelitiandeskriptifkualitatif, danancanganpenelitiananalisiswacana. Penelitianiniberlokasi di wilayahduniamaya (virtual) yaknijejaringsosialfacebook. Dalampenelitianini, penelitiberperansecarapasifkarenapenelitihanyamenjadipengumpul data dantidaksecaraaktifterlibatdalamaktivitasko-munikasi di facebook.Data padapenelitianiniberupateksdankonteks yang mengekspresikankekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook. Sumber data padapenelitianiniadalahtekskomunikasi di facebook yang berupa status, komentar, danpercakapan. Selanjutnya, data yang berupakonteks, bersumberdariinformasiprofil, catatanelektronikdanhasilwa-wancara.Untukmempermudahpengumpulan data, makapenelitimeng-gunakanbeberapainstrumen. Instrumentersebutantara lain: (1) catatanelektronik, (2) panduanwawancara, (3) paduankodifikasi data, (4) panduananalisis data, dan (5) panduaninferensi. Prosedurpengumpulan data yang akandilakukanpadapenelitianiniterdiridaritigaprosedur, yaitu: (1) studidokumentasi, (2) catatanelektronik, dan (3) teknikwawancara.Setelah data terkumpul, makadilakukananalisis data. Selanjutnyadilakukanjugacekkeabsahan data. Berdasarkananalisis data yang dilakukan, penelitianinimenunjuk-kanbahwa: (1) adalimabentukekspresikekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook yang meliputi:(a) pelabelannegatifyang meliputi: i. pelabelannegatifmenggunakankarakterburuk, ii.pelabelannegatifmeng-gunakan label ketidakwarasandanrendahnyatingkatintelektual, serta iii.pelabelannegatifmenggunakannamabinatang; (b) ancamanyang meliputi: i. ancamanakanmelakukankekerasanfisik, dan ii. ancamanakanberperila-ku yang lebihburuk; (c) kemarahan yang meliputi: i. makiandengan kata-kata kasar, dan ii. makiandengan kata-kata kotor; (d) peremehan yang me-liputi: i. merendahkanhargadiri, ii. merendahkankualitasintelektual, dan iii. merendahkankemampuanekonomi; (e) tuduhan yang meliputi: i. me-nyatakan orang lain melakukansesuatukarenaadamaunya,dan ii.me-nyatakan orang lain mencuri. (2) Terdapatbeberapafungsiekspresikeke-rasan verbal padakomunikasipelajar di facebook, yakni: (a) fungsimeng-hina, (b) fungsimengancam, (c) fungsimemarahi, (d) fungsimeremehkan, dan(e) fungsimenuduh. (3) strategi yang digunakanuntukmengekspre-sikankekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook, yaknimeng-gunakanstrategilangsungdantidaklangsung. Dengandemikian, berdasarkanhasilpenelitian yang ditemukandapatdisimpulkantigahal. Pertama, terdapatlimabentukekspresikekerasan verbal yang digunakan para pelajar di facebook. Kedua, darilimabentukekspresikekerasan verbal yang ditemukan, terdapat lima fungsiekspresikekerasan verbal yang mewakilimaksudpelajarsaatmenuliskan status maupunkomentar di facebook. Ketiga, kekerasan verbal yang terjadipadakomunikasipelajar di facebookdiekspresikanmelaluiduasrategi, yaitulangsungdantidaklangsung. Selanjutnya, dapatdisarankankepadapihak-pihak yang terkait. Pertama, bagiahlibahasa/penelitibisamenjadikanpenelitianinisebagaiacuanuntukmelaksanakanpenelitianlanjutan.Kedua, bagipendidikdanpengembangbahan ajar bisamenjadikanhasilpenelitianinisebagaisalahsatubahan ajar untukmemahamkanpelajarterhadapbentuk-bentukkekerasan verbal yang harusdihindari. Ketiga, bagipelajar/penggunabahasadisarankan agar menghindariperilakuberbahasayang mengekspresikankekerasan verbal di media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58199

Actions (login required)

View Item View Item