Endriana, Fifin (2018) Ekspresi kekerasan verbal pada komunikasi pelajar di facebook / Fifin Endriana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Endriana Fifin. 2017. EkspresiKekerasan Verbal padaKomunikasiPelajar di Facebook.Tesis Program StudiPendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abdul Syukur Ibrahim (II) Prof. Dr. AnangSantoso M.Pd. Kata Kunci kekerasan verbal tindaktutur analisiswacana facebook. Dewasaini penggunaan media sosialsebagai media komunikasisudahmenjadikebutuhanbagibanyakkalangan. Olehsebabitu penelitiantentangkekerasan verbal di media masa khususnya di facebookperludila-kukansebagaibentukkepedulianterhadapfenomenabahasa yang terjadi di media sosialkarenamenyangkutpsikologisdanetikaberbahasaseseorang. Kali ini penelitiantentangkekerasan verbal di media sosialdifokuskanpadakomunikasipelajar di facebook. Tujuandaripenelitianinimeliputi (1) Mendeskripsikanbentukekspresikekerasan verbal padakomunikasipalajar di facebook (2) menjelaskanfungsiekspresikekerasan verbal padako-munikasipalajar di facebook dan(3) menjelaskanstrategiekspresikeke-rasan verbal padakomunikasipalajar di facebook. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif jenispenelitiandeskriptifkualitatif danancanganpenelitiananalisiswacana. Penelitianiniberlokasi di wilayahduniamaya (virtual) yaknijejaringsosialfacebook. Dalampenelitianini penelitiberperansecarapasifkarenapenelitihanyamenjadipengumpul data dantidaksecaraaktifterlibatdalamaktivitasko-munikasi di facebook.Data padapenelitianiniberupateksdankonteks yang mengekspresikankekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook. Sumber data padapenelitianiniadalahtekskomunikasi di facebook yang berupa status komentar danpercakapan. Selanjutnya data yang berupakonteks bersumberdariinformasiprofil catatanelektronikdanhasilwa-wancara.Untukmempermudahpengumpulan data makapenelitimeng-gunakanbeberapainstrumen. Instrumentersebutantara lain (1) catatanelektronik (2) panduanwawancara (3) paduankodifikasi data (4) panduananalisis data dan (5) panduaninferensi. Prosedurpengumpulan data yang akandilakukanpadapenelitianiniterdiridaritigaprosedur yaitu (1) studidokumentasi (2) catatanelektronik dan (3) teknikwawancara.Setelah data terkumpul makadilakukananalisis data. Selanjutnyadilakukanjugacekkeabsahan data. Berdasarkananalisis data yang dilakukan penelitianinimenunjuk-kanbahwa (1) adalimabentukekspresikekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook yang meliputi (a) pelabelannegatifyang meliputi i. pelabelannegatifmenggunakankarakterburuk ii.pelabelannegatifmeng-gunakan label ketidakwarasandanrendahnyatingkatintelektual serta iii.pelabelannegatifmenggunakannamabinatang (b) ancamanyang meliputi i. ancamanakanmelakukankekerasanfisik dan ii. ancamanakanberperila-ku yang lebihburuk (c) kemarahan yang meliputi i. makiandengan kata-kata kasar dan ii. makiandengan kata-kata kotor (d) peremehan yang me-liputi i. merendahkanhargadiri ii. merendahkankualitasintelektual dan iii. merendahkankemampuanekonomi (e) tuduhan yang meliputi i. me-nyatakan orang lain melakukansesuatukarenaadamaunya dan ii.me-nyatakan orang lain mencuri. (2) Terdapatbeberapafungsiekspresikeke-rasan verbal padakomunikasipelajar di facebook yakni (a) fungsimeng-hina (b) fungsimengancam (c) fungsimemarahi (d) fungsimeremehkan dan(e) fungsimenuduh. (3) strategi yang digunakanuntukmengekspre-sikankekerasan verbal padakomunikasipelajar di facebook yaknimeng-gunakanstrategilangsungdantidaklangsung. Dengandemikian berdasarkanhasilpenelitian yang ditemukandapatdisimpulkantigahal. Pertama terdapatlimabentukekspresikekerasan verbal yang digunakan para pelajar di facebook. Kedua darilimabentukekspresikekerasan verbal yang ditemukan terdapat lima fungsiekspresikekerasan verbal yang mewakilimaksudpelajarsaatmenuliskan status maupunkomentar di facebook. Ketiga kekerasan verbal yang terjadipadakomunikasipelajar di facebookdiekspresikanmelaluiduasrategi yaitulangsungdantidaklangsung. Selanjutnya dapatdisarankankepadapihak-pihak yang terkait. Pertama bagiahlibahasa/penelitibisamenjadikanpenelitianinisebagaiacuanuntukmelaksanakanpenelitianlanjutan.Kedua bagipendidikdanpengembangbahan ajar bisamenjadikanhasilpenelitianinisebagaisalahsatubahan ajar untukmemahamkanpelajarterhadapbentuk-bentukkekerasan verbal yang harusdihindari. Ketiga bagipelajar/penggunabahasadisarankan agar menghindariperilakuberbahasayang mengekspresikankekerasan verbal di media sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58199 |
Actions (login required)
View Item |