Karakteristik cerpen karya siswa dan potensinya sebagai materi ajar dalam pembelajaran cerpen di SMP / Moch. Mas'ud

Mas'ud, Moch. (2018) Karakteristik cerpen karya siswa dan potensinya sebagai materi ajar dalam pembelajaran cerpen di SMP / Moch. Mas'ud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK MasÔÇÖud, Moch. 2017. Karakteristik Cerpen Karya Siswa dan Potensinya sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Cerpen di SMP. Tesis, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo, H.S. M.Pd., (II) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd. Kata kunci: karakteristik, cerpen, karya siswa, potensi, materi ajar Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan karakteristik cerpen karya siswa SMP kota Malang. Secara operasional, tujuan khusus yang ingin dicapai dapat dirumuskan sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan karakteristik unsur intrinsik cerpen karya Siswa SMP kota Malang, (2) mendeskripsikan potensi cerpen karya siswa SMP kota Malang sebagai materi ajar dalam pembelajaran cerpen di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tabel pengumpul data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu kodifikasi data, klasifikasi data, dan perapian data. Data penelitian ini adalah paparan bahasa yang mengandung tema, latar, alur, tokoh, perwatakan/penokohan, sudut pandang, dan amanat dalam cerpen karya siswa. Analisis data dilakukan dengan telaah struktural pada setiap cerpen. Peneliti menggunakan lembar panduan analisis untuk menemukan karakteristik cerpen berdasarkan pikiran, pengertian peneliti, dan pendapat para ahli yang melandasi penelitian ini. Selanjutnya adalah penyajian data. Data yang disajikan meliputi data analisis tema, latar, alur, tokoh, perwatakan/penokohan, sudut pandang, dan amanat dengan teknik deskriptif interpretatif. Tahap terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa karakteristik cerpen karya siswa. Karakteristik tersebut adalah sebagai berikut. a) Tema digali dari kehidupan, pengalaman, nilai-nilai, lingkungan, dan pemikiran siswa; pengembangan tema sesuai dengan kemampuan dan daya pikir siswa. b) Latar tempat merupakan lokasi yang dekat dengan siswa atau yang biasa ditempati siswa, latar waktu adalah waktu yang biasa melingkupi aktivitas siswa, dan latar suasana adalah suasana yang biasa dialami atau terjadi pada siswa. c) Alur disusun dengan pola penalaran yang sederhana, tahapan alur dibangun berdasarkan pengalaman, sikap, pemikiran, cara pandang, dan peristiwa yang biasa terjadi pada siswa. d). Tokoh cerpen sangat dekat dengan siswa, karakter tokoh cenderung protagonis, dan penokohan menggunakan cara analitik, dramatik, dan campuran. e) Sudut pandang orang I (pelaku utama) adalah diri siswa dengan segala persoalan dan persitiwa yang dialaminya. Sudut pandang orang I (pelakau sampingan) adalah diri siswa yang hanya menyaksikan peristiwa atau persoalan yang dialami oleh tokoh utama, dan sudut pandang orang III (serba tahu) karena siswa sangat ingin menyampaikan pemikiran, pengalaman, kesan secara lengkap dan jelas kepada pembaca. f) Penyampaian amanat secara tersurat dan tersirat. Isi amanat sangat mendukung tema cerpen.Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, telah ditemukan potensi cerpen karya siswa sebagai materi ajar dalam pembelajaran cerpen di SMP. Potensi tersebut didasarkan pada 1) karakteristik cerpen sebagai karya siswa, 2) kesesuaian cerpen dengan prinsip pemilihan bahan ajar, 3) kesesuain cerpen dengan usia dan tingkat perkembangan psikologi remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58186

Actions (login required)

View Item View Item