Nurdin (2018) Pengembangan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran keterampilan menulis tes eksposisi siswa kelas VII SMP / Nurdin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurdin 2017. Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Karangan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pengembangan (Research and Develoment R D). Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci perangkat asesmen asesmen autentik keterampilan menulis teks eksposisi Asesmen autentik merupakan proses yang dilakukan oleh guru untuk mengumpulkan sebuah informasi tentang perkembangan belajar yang dilakukan oleh siswa. Penilaian autentik ini merupakan penilaian yang sebenarnya terhadap perkembangan belajar peserta didik sehingga penilaian tidak dilakukan dengan satu cara tetapi bisa menggunakan berbagai cara. Penelitian ini mengembangkan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VII SMP. Tujuan penelitian dan pengembangan yakni (1) menghasilkan perangkat asesmen autentik keterampilan karangan eksposisi (2) mendeskripsikan tingkat validitas dan reliabilitas perangkat asesmen autentik karangan eksposisi (3) memaparkan kelayakan produk panduan asesmen autentik keterampilan pembelajaran menulis eksposisi siswa validasi isi validasi konstruk reliabilitas keterbacaan dan keterterapan dan kemenarikan. Model penelitian pengembangan yang diterapkan adalah Borg dan Gall (Research and Develoment R D). Penelitian dan pengembangan perangkat asesmen autentik keterampilan karangan eksposisi siswa kelas VII SMP yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap dari model pengembangan Borg Gall yaitu (1) prapengembangan produk (2) pengembangan produk dan (3) pascapengembangan produk. Perangkat asesmen ini dapat digunakan oleh guru dan siswa. Panduan guru dapat digunakan oleh guru sebagai pedoman untuk melakukan asesmen autentik dalam pembelajaran keterampilan menulis dan tugas siswa dapat digunakan oleh siswa sebagai pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Uji produk panduan perangkat asesmen autentik dalam pembelajaran keterampilan menulis eksposisi dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk dari segi sasaran panduan isi panduan dan keterbacaan panduan yakni (1) validasi isi (2) validasi konstruk (3) reliabilitas (4) keterbacaan dan keterterapan (5) kemenarikan. Uji produk dilakukan oleh ahli pembelajaran menulis ahli evaluasi praktisi dan tanggapan siswa terhadap produk perangkat asesmen autentik pembelajaran keterampilan menulis eksposisi. Berdasarkan dari hasil uji validasi oleh ahli pembelajaran menulis ahli evaluasi praktisi yakni dengan menunjukkan kualifikasi hasil produk sudah layak dan siap diimplementasikan. Kelima aspek yang dinilai oleh para ahli dan praktisi yakni dapat disimpulkan bahwa rata-rata penilaian validasi isi 85% validasi konstruk 87% reliabilitas 82% keterbacaan dan keterterapan 88% dan kemenarikan 90% jadi memiliki nilai rata-rata 86% dengan kualifikasi sudah layak. Berdasarkan acuan tingkat kelayakan produk dapat disimpulkan bahwa produk perangkat asesmen autentik keterampilan menulis yang peneliti kembangkan dapat mengukur kemampuan menulis eksposisi dan layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Sedangkan tanggapan siswa diperoleh nilai rata-rata yang sangat setuju /senang 75% dan setuju 25% terhadap keterbacaan dan kemenarikan produk secara umum. Jika analisis angket tanggapan siswa dengan menunjukkan lebih dari 50% pada rata-rata nilai yang diperoleh maka presentase sangat setuju sehingga dinyatakan sesuai dan produk perangkat asesmen autentik keterampilan menulis eksposisi yakni layak dan siap diimplementasikan. Produk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru untuk digunakan sebagai diskusi maupun perangkat penilaian dalam pembelajaran menulis. Peneliti lain diharapkan produk ini dapat dimanfaatkan dan diningkatkan lagi perangkat penilaian ini kearah yang lebih sempurna bagi penulis produk ini semoga dapat bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan keilmuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |