Interferensi semantis Bahasa Jawa dalam karangan narasi berbahasa Indonesia siswa SD di Blitar / Bayu Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Interferensi semantis Bahasa Jawa dalam karangan narasi berbahasa Indonesia siswa SD di Blitar / Bayu Pramono

Pramono, Bayu (2017) Interferensi semantis Bahasa Jawa dalam karangan narasi berbahasa Indonesia siswa SD di Blitar / Bayu Pramono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramono Bayu. 2017. Interferensi Semantis Bahasa Jawa dalam Karangan Narasi Berbahasa Indonesia Siswa SD di Blitar. Tesis. Jurusan S2 Pend. Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum. (ii) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci interferensi semantis leksikal morfologis sintaktis narasi. Masyarakat kota Blitar termasuk pengguna dwibahasa yaitu bahasa Jawa dan Indonesia. Bahasa ibu masyarakat Blitar adalah bahasa Jawa sedangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Mereka menggunakan bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari dan berinteraksi sedangkan bahasa Indonesia digunakan dalam lingkup formal seperti ketika di sekolah. Sebagai masyarakat dwibahasa interferensi antarbahasa (Jawa-Indonesia atau Indonesia-Jawa) sering terjadi ketika berkomunikasi baik lisan maupun tulis. Salah satu interferensi yang sering terjadi yaitu interferensi semantis. Interferensi semantis terjadi ketika penutur menggunakan kaidah dan makna bahasa pertama (bahasa Jawa bahasa yang paling kuat dikuasai dan sering digunakan) sebagai acuan dalam berbahasa-kedua (bahasa Indonesia) dan sebaliknya. Pengkajian fenomena interferensi semantis bahasa Jawa menarik dan penting dikemukakan karena masih banyak ditemukan di masyarakat dan lingkup formal pembelajaran salah satunya pada tulisan/ karangan siswa kelas VI SD di Blitar. Subjek penelitian tersebut dipilih karena empat hal. Pertama pada tingkat ini merupakan tingkat akhir pemerolehan bahasa Indonesia pada tahap SD (tahap dua tingkat pendidikan). Kedua pada tingkat ini kematangan dan kemapanan bahasa siswa mulai terasah. Ketiga pemilihan tingkat tersebut tidak lepas dari keingintahuan peneliti mengenai bahasa Indonesia yang dikuasai siswa. Keempat peneliti ingin mengetahui apakah masih terdapat pengaruh pengguaan tata bahasa Jawa pada siswa dalam karangannya. Berdasarkan uraian tersebut penulis memilih judul Interferensi Semantis Bahasa Jawa dalam Karangan Narasi Berbahasa Indonesia Siswa SD di Blitar. Fokus penelitian ini adalah interferensi semantis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa SD di Blitar. Sementara subfokus penelitian ini meliputi tiga subfokus yaitu sebagai berikut (1) interferensi semantis bahasa Jawa pada tataran leksikal bahasa Indonesia dalam karangan siswa SD di Blitar (2) interferensi semantis bahasa Jawa pada tataran morfologis bahasa Indonesia dalam karangan siswa SD di Blitar dan (3) interferensi semantis bahasa Jawa pada tataran sintaktis bahasa Indonesia dalam karangan siswa SD di Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan peneliti sebagai instrumen kunci (pengambilan dan pengolahan data). Data penelitian ini berupa kata frasa klausa dan kalimat sedangkan sumber data berasal dari karangan narasi siswa kelas IV SD di Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Pada penelitian ini ditemukan interferensi semantis dalam tiga tataran. Pertama interferensi semantis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada tataran leksikal terjadi pada beberapa jenis kata yaitu kata nomina verba adjektiva preposisi dan konjungsi. Kedua interferensi semantis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada tataran morfologis terjadi pada pengimbuhan kata. Ketiga interferensi semantis bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada tataran sintaktis terjadi dalam tiga jenis yaitu frasa klausa dan kalimat. Saran penelitian ini diberikan kepada beberapa pihak. Pertama bagi akademisi yang berkecimpung dalam bidang pendidikaan yaitu guru beserta warga sekolah dan pengembang bahan ajar dan media ajar. Kedua bagi peneliti lain. ABSTRACT Pramono Bayu. 2017. Semantic Interference of Java Language on Indonesian Narrative Essay of Elementary School in Blitar. Thesis. Program Master S2 Pend. Bahasa Indonesia Postgraduate State University of Malang. Counselor (I) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum. (Ii) Dr. Sunoto M.Pd. Keywords semantic interference lexical morphological syntactic narrative. The community in Blitar are bilingual users are Java language and Indonesia. The mother language of the Blitar community is Javanese while Indonesian is the second language. They used the Javanese language for daily conversation and interaction while the Indonesian language is used in formal sphere such as when in school. As a bilingual society inter-language interference (Java-Indonesia or Indonesia-Java) often occurs when communicating both oral and written. One of the most common interferences is semantic interference. Semantic interference occurs when speakers use the rules and meanings of the first language (Javanese the most powerful and often used language) as a reference in the second language (Indonesian) and vice versa. The study of Java semantic interference phenomenon is interesting and important because it is still widely found in the community and the formal scope of learning one of them in writing/essay of grade VI students in Blitar. The subject of the study was chosen for four things. First at this level is the final level of Indonesian language acquisition at elementary stage (second s stage of education level). Second at this level the maturity and establishment of the language of students began to be honed. Third the selection of these levels can t be separated from the curiosity of researchers about the Indonesian language controlled by students. Fourth the researcher wanted to know whether there is still the influence of using Javanese grammar to the students in their essay. Based on the description the author chose the title of Semantic Interference Java Language in Indonesian Narrative Textbook on Elementary School Students in Blitar. The focus of this research is the semantic interference of the Javanese language in the Indonesian language on essays by elementary students in Blitar. While the sub-focus of this study includes three sub-focus namely as follows (1) Java semantic interference on the lexical level of Indonesian language in the essay of elementary students in Blitar (2) Java semantic interference on the morphological level of Indonesian language in elementary school students in Blitar and (3) Java semantic interference in syntactic level of Indonesian language by elementary school students in Blitar. This study uses qualitative methods with researchers as a key instrument (data retrieval and processing). The data of this research are words phrases clauses and sentences while the data source comes from a narrative essay of grade 4 elementary school students in Blitar. Data collection was done by documentation technique while data analysis was done by structure analysis technique. In this study found semantic interference in three levels. First the semantic interference of Javanese in Indonesian in lexical terms occurs in several types of words namely nouns verbs adjectives prepositions and conjunctions. Second the semantic interference of Javanese in Indonesian on the morphological level occurs in word enhancement. Third the semantic interference of Javanese in Indonesian on syntactic level occurs in three types namely phrases clauses and sentences. Suggestions of this research are given to several parties. First for academics who are involved in the field of education namely teachers and school residents and developers of teaching materials and teaching media. Second for other researchers.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58184

Actions (login required)

View Item View Item