Unsur puitika dalam bahan ajar puisi buku teks pelajaran SMA KTSP dan kurikulum 2013 / Much. Nuril Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Unsur puitika dalam bahan ajar puisi buku teks pelajaran SMA KTSP dan kurikulum 2013 / Much. Nuril Huda

Huda, Much. Nuril (2017) Unsur puitika dalam bahan ajar puisi buku teks pelajaran SMA KTSP dan kurikulum 2013 / Much. Nuril Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Much. Nuril Huda. 2017. Unsur Puitika dalam Bahan Ajar Puisi KTSP dan Kurikulum 2013. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd (2) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci Kajian pustaka unsur puitika teks puisi KTSP Kurikulum 2013 Unsur puitika merupakan unsur pembentuk puisi dilihat dari struktur fisiknya. Unsur puitika disebut juga stilistika atau metode puisi. Unsur puitika di dalam sebuah teks meliputi diksi dan kata konkret majas dan gaya bahasa rima dan irama serta imaji. Dalam beberapa waktu terakhir disadari bahwa perlu dilakukan penelitian berkaitan dengan unsur puitika karena penelitian tentang unsur puitika disadari belum ada. Berkaitan dengan hal itu perlu dilakukan kajian terkait unsur puitika. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengkaji unsur puitika yang ada di dalam bahan ajar puisi buku teks pelajaran KTSP dan (2) mengkaji unsur puitika yang ada di dalam bahan ajar puisi buku teks pelajaran Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Data penelitian berupa unsur puitika dalam teks puisi buku teks pelajaran KTSP dan Kurikulum 2013 berupa diksi dan kata konkret majas dan gaya bahasa rima dan irama serta imaji. Awalnya peneliti akan mengumpulkan sumber berupa dokumen. Selanjutnya peneliti melakukan pemetaan terhadap sumber data. Agar tidak menyimpang dari tujuan penelitian selanjutnya peneliti melakukan seleksi dengan membuat instrumen penelitian pengumpulan data disesuaikan dengan rumusan masalah. Peneliti kemudian mengumpulkan data berdasarkan sumber data yang telah terkumpul. Selanjutnya peneliti membentuk korpus data untuk memudahkan analisis. Setelah korpus selesai dilakukan analisis data dengan pola seleksi dan verifikasi. Sebagai hasilnya Berdasarkan unsur puitikanya puisi dalam buku teks dibedakan menjadi puitika berpola dan tidak berpola Berdasarkan hasil penelitian dan kajian unsur puitika berupa diksi majas rima irama imaji dan tipografi sudah terdapat dalam bahan ajar puisi dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia baik dalam bahan ajar puisi buku teks kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013. Saran untuk penelitian yang berkaitan dengan unsur puitika Secara teoretis penelitian jenis ini bisa memberikan sumbangsih tentang unsur puitika yang harusnya terdapat dalam Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Secara praktis diharapkan agar penelitian isi bisa digunakan untuk menambah wawasan tentang pembelajaran khususnya unsur puitika. ABSTRACT Huda Much Nuril Huda. 2017. Poetic s Elements in Poetry Course Material KTSP Curriculum and 2013 Curriculum. Thesis. Postgraduate. Indonesian Language Education. Postgraduate State University of Malang. Advisor (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd (2) Dr. Sunoto M.Pd. Keywords document study poetics element poetry KTSP 2013 s Curriculum Poetics elements is poetry material element looked from physical form. Poetics elements often be said to be stylistic or poetry method. Poetics elements in a text include by diction and concrete words figurative language and style rhyme and rhythm and imagery. Recently must be aware that this research needed concerned about poetics elements because it doesn t. This study aims to (1) Describe poetics elements in poetry course material in KTSP and 2013 s Curriculum and (2) describe lesson s appropriate from poetics elements in KTSP and 2013 s Curriculum. This research use study document method. Research data is poetics elements in poetry text KTSP and 2013 Curriculum textbook organized as diction and concrete words figurative language and style rhyme and rhythm also imagery. Firstly researcher will collect document source. Next researcher doing source mapping. Next step is researcher selecting with make a research instrument. Then researcher make data analysis pass through selecting and verifying. As result based of poetics element poetry in textbook is group be pattern poetics and unpattern poetics Based of research and study result poetic s element is diction and concrete words figurative language and style rhyme and rhythm and imagery there was founded in poetry material course in KTSP and 2013 Curriculum. For the next research about poetics and doing by study document method must be give attention about poetics element s relation in poetry lesson in poetry course material in KTSP curriculum and 2013 Curriculum. Advice about research related with poetics elements. Theoretically this type of research can be give contribution about poetics element that including in KTSP Curriculum and 2013 Curriculum. Practicaly this research can be used to increasing knowledge about lesson especially poetics element.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58178

Actions (login required)

View Item View Item