Sefrianah, Nur Aisyah (2017) Pengaruh strategi DR-TA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa / Nur Aisyah Sefrianah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sefrianah Nur Aisyah. 2017. Pengaruh Strategi DRTA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci berpikir kritis kemampuan berpikir kritis strategi DRTA Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang diperlukan siswa untuk belajar dan merupakan bagian penting yang tidak bisa dilepaskan dari proses pembelajaran pada setiap jenjang. Berpikir kritis melalui membaca dapat mengoptimalkan pemahaman terhadap materi bacaan sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. DRTA merupakan strategi yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjang SD SMP dan SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang terdiri atas (1) kemampuan menganalisis bacaan (2) kemampuan mengevaluasi bacaan (3) kemampuan mencipta. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen (quasi-experiment). Desain eksperimen semu yang digunakan dalam penelitian ini adalah Control Group pretest-postest Design. Data penelitian berupa skor kemampuan berpikir kritis pada setiap jenjang (SD SMP dan SMA) yang meliputi (1) skor kemampuan menganalisis bacaan (2) skor mengevaluasi bacaan (3) skor kemampuan mencipta. Populasi dalam penelitian ini diantaranya adalah (1) siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri atas empat kelas untuk kelas XI jurusan IPS (2) siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) siswa kelas V SD Negeri IV Oro Oro Ombo Wetan Pasuruan. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas pada masing-masing jenjang. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling) yakni pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan dalam penelitian ini adalah RPP dan lembar kerja siswa. Instrumen pengukuran dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis dan rubrik penilaian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) uji normalitas uji homogenitas uji beda (uji-t) dengan menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama pengaruh strategi DRTA terhadap kemapuan menganalisis bacaan (1) hipotesis 1 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SD. (2) hipotesis 2 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SMP. (3) hipotesis 3 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SD. Kedua pengaruh strategi DRTA terhadap kemapuan mengevaluasi bacaan (1) hipotesis 4 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kemampuan mengevaluasi siswa pada jenjang SD. (2) hipotesis 5 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengevaluasi siswa pada jenjang SMP. (3) hipotesis 6 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengevaluasi siswa pada jenjang SD. Ketiga pengaruh strategi DRTA terhadap kemapuan menganalisis bacaan (1) hipotesis 7 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SD (2) hipotesis 8 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SMP (3) hipotesis 8 dinyatakan diterima strategi DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis siswa pada jenjang SMA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan beberapa saran yakni (1) guru pada jenjang SMP dan SMA dapat menggunakan strategi DRTA karena strategi DRTA terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam membaca (2) peneliti lain perlu mengembangkan atau menemukan strategi berpikir kritis lain yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjag SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58173 |
Actions (login required)
View Item |