Pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berfokus struktur kalimat / Rifca Farih Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berfokus struktur kalimat / Rifca Farih Azizah

Azizah, Rifca Farih (2017) Pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berfokus struktur kalimat / Rifca Farih Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Rifca F. 2017. Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berfokus Struktur Kalimat. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M. Pd (2) Dr. Sunaryo HS S.H M. Hum. Kata kunci Buku ajar BIPA tata kalimat bahasa Indonesia. Dasar terlahirnya sebuah penelitian pengembangan adalah eksistensi. Demikian pula latar belakang pengembangan buku ini didasarkan pada eksistensi buku ajar BIPA berfokus pada tata bahasa yang minim bila dibandingkan dengan buku lain. Tren program BIPA yang semakin positif menuntut keberadaan buku-buku ajar BIPA berfokus tata bahasa menjadi salah satu perangkat yang wajib ada. Oleh karenanya produktivitas dan pembaharuan (inovasi) yang sesuai dengan perkembangan zaman mutlak perlu ditingkatkan. Pebelajar asing yang pernah menjalani program pertukaran budaya dan kembali lagi dengan orientasi studi atau penelitian seringkali mengalami kesulitan dalam mempelajari tata bahasa terutama tata kalimat. Penyebabnya karena pembelajaran tata kalimat yang terintegrasi ke dalam materi tata bahasa pada program pertukaran budaya tidak terlalu diutamakan. Fokusnya hanya pada kemampuan berbahasa lisan. Adapun dalam studi formal atau penelitian penguasaan terhadap tata kalimat sangat dibutuhkan sehingga para pebelajar asing tersebut perlu memperdalam ilmu ketatabahasaan mereka. Dengan demikian sebuah buku ajar untuk BIPA yang berfokus pada tata bahasa terutama tata kalimat perlu dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk bahan ajar yang berupa sajian materi tata kalimat untuk pebelajar BIPA sekaligus mendeskripsikan kelayakannya sebagai buku ajar. Penelitian dan pengembangan ini dirancang dengan desain mengadopsi penelitian R2D2 atau Recursive Reflective Design and Development (Willis 1995). Cara kerja model ini berpijak pada tiga kegiatan yakni 1) pendefinisian dengan melakukan (1) pembentukan tim partisipatif yang terbagi atas tim inti pendukung dengan total jumal 9 orang (2) pemecahan masalah berkelanjutan dan (3) pemahaman konteks. Kegiatan 2) perancangan dan pengembangan dilakukan dengan (1) pemilihan dan pembatasan lingkungan pengembangan bahan ajar (2) pemilihan format media pengembangan berupa buku teks (3) pemilihan strategi evaluasi (4) perancangan desain produk dan (5) penetapan prosedur pengembangan produk hingga terwujud produk akhir. Prosedur pengembangan terdiri atas (a) pengembangan buku ajar (b) uji coba dan (c) refleksi rekursi yang dilakukan berulang-ulang hingga tersusun produk akhir yang sesuai. Hasil penelitian ini adalah terwujudnya buku ajar tata kalimat bahasa Indonesia untuk penutur asing tingkat pemula. Produk ajar ini diharapkan dapat mengakomodasi dan memfasilitasi pebelajar BIPA pemula yang ingin menekuni bahasa Indonesia. Buku ajar terdiri atas 10 unit materi. Setiap unit dialokasikan waktu sekitar 120 hingga 240 menit tatap muka. Komponen-komponen dalam buku ajar tersebut berupa (1) unit penyedia pengetahuan prasyarat (2) teks/Dialog yang berupa penggunaan teks otentik (3) penjabaran materi dan pola berfokus struktur yang disusun secara induktif (4) penyajian contoh kalimat yang menunjang konsep teori (5) pelatihan penggunaan dan (6) catatan khusus yang berupa catatan mengenai kasus kebahasaan dan dan kolokial. Konten materi pada buku ajar ini mengacu pada CEFR dan ACTFL. Materi-materi tata kalimat dalam buku ini meliputi (1) pengetahuan dasar kalimat (2) penyusunan kalimat sederhana 2 unsur (3) penyusunan dan pola kalimat tunggal 3 unsur atau lebih (4) penyusunan dan pola empat jenis kalimat berdasarkan tujuan (pernyataan pertanyaan perintah seruan) (5) penyusunan dan pola kalimat lengkap tak lengkap (6) penyusunan dan pola kalimat dengan unsur negasi (7) penyusunan dan pola kalimat dengan unsur berimbuhan (8) penyusunan dan pola kalimat aktif-pasif (9) penyusunan dan pola kalimat perbandingan dan (10) penyusunan dan pola kalimat majemuk/kompleks. Konsep tata bahasa dipaparkan dengan menggunakan pola (tidak dengan uraian) agar mudah diingat pebelajar pemula. Teks dialog mencerminkan penggunaan (pajanan) kalimat dalam kehidupan sehari-hari (otentik) sedangkan contoh kalimat dan paparan materi menggunakan bahasa baku. Dengan demikian corak ragam kebahasaan buku ini ada dua yakni formal dan nonformal. Tujuannya agar pebelajar memiliki skemata bentuk dan pemakaian ragam bahasa Indonesia. Buku ajar ini disusun dengan melibatkan pengguna akhir (end user). Saran pemanfaatan sebaiknya produk dimanfaatkan terutama oleh guru namun produk buku ajar ini juga dapat dipakai sebagai buku latihan mandiri bagi pebelajar yang telah memiliki kemampuan BI. Pemakaian produk pada konteks formal perlu menyesuaikan kurikulum yang berlaku. Saran untuk tindak lanjut sebaiknya produk perlu dianalisis kekurangannya kemudian disempurnakan dan dilakukan uji kelayakan ulang dengan analisis efektivitas pada populasi pebelajar asing yang lebih banyak dalam rentang waktu sesuai dengan yang ditentukan yakni 32 jam tatap muka untuk 10 unit materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58172

Actions (login required)

View Item View Item