Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabupaten Merauke Provinsi Papua / Tobias Nggaruaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabupaten Merauke Provinsi Papua / Tobias Nggaruaka

Nggaruaka, Tobias (2017) Peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabupaten Merauke Provinsi Papua / Tobias Nggaruaka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nggaruaka Tobias 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik Siswa Kelas VII SMP Negeri I Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Abdus Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd Kata Kunci peningkatan menulis teks deskripsi teknik retrival jaringan semantik. Penggunaan teknik retrival jaringan semantik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Merauke Kabupaten Merauke sesuai dengan kurikulum 2006. Berdasarkan penelitian ini diharapkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa meningkat. Penerapan teknik retrival jaringan semantik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dilaksanakan secara sistematik dengan tetap memerhatikan kaidah-kaidah bahasa dan struktur pengembangan teks deskripsi. Berdasarkan pengamatan awal ditemukan berbagai kendala dalam proses pembelajaran di kelas. Kendala-kendala yang umumnya terjadi dalam proses pembelajaran sebagai berikut (1) guru mengalami kesulitan dalam merancang melaksanakan dan menilai pembelajaran menulis teks deksripsi (2) dalam kegiatan belajar mengajar guru lebih mementingkan hasil tulisan dari pada proses dan tahapan dalam menulis (3) kurangnya strategi dalam proses pembelajaran menulis (4) siswa tidak diberikan arahan dalam pengembangan sebuah teks deskripsi terkait langkah-langkah penulisan (5) siswa kesulitan dalam proses pemilihan dan penentuan topik sebelum kegiatan menulis (6) di dalam pembelajaran perintah guru kepada siswa belum terarah (7) hasil siswa dinilai berdasarkan kemampuan rata-rata dan bukan penilain secara intensif pada individu masing-masing dan (8) siswa di dalam proses pembelajaran menulis teks deskripsi sulit untuk mengembangkan ide dan gagasan mereka. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui proses perencanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik (2) mengetahui karakteristik pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik dan (2) mengetahui hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan teknik retrival jaringan semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan yang digunakan meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) pengamatan dokumentasi dan (5) refleksi. Studi pendahuluan dilakukan untuk mengetahui kondisi awal pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merauke Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Tahap perencanaan dilakukan untuk menyusun rancangan tindakan dan instrumen pembelajaran menulis teks deskripsi. Dalam proses perencaan peneliti juga merumuskan tahapan-tahapan pembelajaran menentukan sumber data bahan dalam tindakan dan menentukan bentuk tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Tindakan refleksi dilakukan setiap akhir pertemuan dalam setiap siklus. Data penelitian ini berupa data proses dan data hasil tindakan selama proses penelitian berlangsung. Data tersebut dikumpulkan berdasarkan hasil pengamatan wawancara hasil tindakan catatan lapangan dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini guru dan 36 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merauke Kabupaten Merauke Provisi Papua. Instrumen utama adalah peneliti sendiri sebagai pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penunjang yang telah disediakan oleh peneliti berupa format pengamatan catatan lapangan pedoman wawancara LKS dan instrumen pengelolaan data berupa rambu-rambu proses dan hasil. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model mengalir yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau pemaknaan. Untuk melakukan pengujian keabsahan simpulan data dilakukan ketekunan peneliti triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran menulis teks deskripsi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut dilihat berdasarkan hasil perkembangan persiklus yaitu siklus I pertemuan I hasil pembelajaran mencapai 63 89%. Pada Pertemuan II siklus I ada peningkatan menjadi 77 78%. Untuk siklus II pertemuan I hasil pembelajaran mencapai 80 56%. Untuk hasil kecapaian pembelajaran siklus II pertemuan II meningkat menjadi 86 11%. Hasil pembelajaran siklus III pertemuan I menunjukkan 91 67% dan pertemuan II siklus III hasil ketercapaian meningkat menjadi 97 22%. Berdasarkan hasil penelitian di atas (1) disarankan kepada para guru mata pelajaran bahasa Indonesia untuk dapat menerapkan teknik retrival jaringan semantik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi berdasarkan tahapan menulis dengan tiga model pembelajaran yaitu tahap pengisian teks rumpang tahap pengembangan peta semantik dan tahap pengembangan pertanyaan yang dikembangkan menjadi karangan deksripsi (2) dalam penerapan tiga model pembelajaran tersebut guru sebaiknya melakukan penilaian berdasarkan proses dan hasil (3) untuk pihak sekolah tetap memerhatikan kualitas pembelajaran dan terus berinovasi dalam mengembangkan kemampuan dan kecerdasan siswa dan (4) kepada pengembang buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia disarankan untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun buku teks. ABSTRACT Nggaruaka Tobias 2017. Improving The Ability to Write Descriptive Text Using Retrival Technique of Semantic Network for the Seventh graders of Smp Negeri I Merauke Merauke Regency Papua Province. Thesis.Indonesian Education Study Program. Post Graduate Program. State University of Malang. Supervisors (1) Prof. Dr. H. Abdus Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd Keywords improving writing descriptive text retrieval technique of semantic network The use of retrival technique of semantic network in writing descriptive text is one of the efforts to improve the write ability write descriptive text of the seventh graders of SMP Negeri I Merauke Merauke Regency in accordance with the 2006 curriculum. This research is expected to be able to improve students ability to write descriptive text. The application of the retrival technique of semantic network in learning to write descriptive text was carried out systematically by keeping in mind the rules of the language and the structure of the development of the description text. Based on initial embedding researcher finding the obstacles in learning proses at class. That obstacles was generaly occur (1) teachers find difficulty to design do the learning and to evaluate of writing decriptive text learning (2) in activities of learning teachers tends result of writing than proses of writing (3) less of strategies in writing learning proses (4) student doesn t give an instruction to developing a descriptive text likes a step of writing (5) student difficult to choises and determining the topic before writing activity (6) instruction of the teachers still not guided (7) students results depend on the general ability and not an intensive each individually and (8) student difficult to developing an ideas. This research have the purpose (1) to know the plan of learning writing proses with retrival of semantic network (2) to know of the caracteristics writing descriptive text learning with retrival of semantic network and (3) to know the result of writing descriptive learning with retrival of semantic network. This study used a qualitative approach with classroom action research design (CAR). The design of action research used included (1) preliminary study (2) action planning (3) action implementation (4) observation documentation and (5) reflection. The preliminary study was conducted to find out the initial condition of the implementation of learning to write descriptive text of grade VII students of SMP Negeri 1 (Junior High School I ) Merauke Merauke Regency of Papua Province to find out the initial condition of the students. Planning stage was done to arrange the design of action and learning instrument to write descriptivetext. In the planning process the researcher also formulated the learning stages determined the data source the material in action and determined the form of action. Implementation phase of action was done collaboratively between researcher and the teacher. The action of reflection was done at the end of each meeting in each cycle. This research data was in the form of process data and data result of action during research process takes place. The data were collected based on observations interviews results of actions field notes and documentation. The sources of data in this study are teachers and 36 students of class VII of SMP Negeri 1 Merauke Merauke District Papua Province . The main instrument is the researcher himself as a data collection by using supporting instruments that have been provided by researchers in the form of observations field notes interview guidelines Students worksheet and data management instruments in the form of signs and process results. The data analysis was done by using flow model that is data reduction data presentation and withdrawal of conclusion or meaning. To test the validity of the conclusions of data the researcher did triangulationand peer checking. The results show that there is an increase in learning to write descriptive text. It is seen based on the results and the learning process per cycle I cycle fist meet learning result showed 63 89%. The second meet I cycle there is an increase become 77 78%. For the II cycle first meet got the result showed 80 56% and increse to the second meet on the II cycle become 86 11%. The result of the III cycle first meet showed 91 67% and the second meet on the III cycle showed a very satisfactory result that was 97 22%. Based on the results of the above research it is suggested (1) to the teachers of Indonesian subjects are able to apply the retrival technique of semantic network in learning to write the description text based on writing stages with three learning models namely the filling of the text of the passengers the semantic development stage and the development stage of the developed question become a description essay (2) in the application of three models of teacher should perform assessment based on process and outcomes in the learning process (3) For the school it is suggested to pay attention to the quality of learning and continue to innovate in developing the ability and intelligence of students and (4) to the developers of textbooksof Indonesian subjects are advised to utilize the results of this research as a consideration in compiling textbooks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58167

Actions (login required)

View Item View Item