Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pemodelan untuk siswa kelas X SMA Bina Karya Atambua / Ferdinandus Siki - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pemodelan untuk siswa kelas X SMA Bina Karya Atambua / Ferdinandus Siki

Siki, Ferdinandus (2017) Peningkatan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan strategi pemodelan untuk siswa kelas X SMA Bina Karya Atambua / Ferdinandus Siki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferdinandus Siki. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Strategi Pemodelan Untuk Siswa Kelas X SMA Bina Karya Atambua. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunoto M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci menulis cerpen kemampuan kualitas strategi pemodelan. Studi pendahuluan dilakukan pada tanggal 15-16 juni 2016 di kelas XC SMA Bina Karya Atambua. Jumlah siswa di kelas XC 15 siswa. Laki-laki ada 8 siswa dan perempuan 7 siswa. Dilakukan tes menulis cerpen yang berhasil mencapai KKM 75 ada 3 siswa mencapai 20% dari jumlah keseluruhan. Dari 3 siswa yang berhasil menulis cerpen dilihat dari aspek pengembangan alur cerita aspek pilihan tema aspek pengambaran karakter tokoh aspek pengambaran latar dan aspek penggunaan gaya bahasa. Dari kelima aspek tersebut aspek penggunaan EYD yang belum berhasil diterapkan dalam menulis cerpen. Siswa yang belum berhasil mencapai KKM 75 ada 12 siswa berarti 80% dari jumlah keseluruhan. Dari 12 siswa tersebut dilihat dari aspek pengembangan alur aspek pengambaran latar aspek penggunaan bahasa aspek pengambaran karakter tokoh. Sedangkan aspek pemilihan topik berhasil terapkan dalam menulis. Hasil wawancara seorang siswa mengatakan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kebingungan dalam menulis cerpen. Bertolak dari data di atas maka dibutuhkan strategi pemodelan yang mampu memecahkan hambatan siswa dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti berperan sebagai perencana penelitian pengolah data hasil penelitian dan penyusun laporan penelitian. Pelaksana proses pembelajaran dilakukan oleh guru model. Peneliti hanya menilai proses pembelajaran. Penelitian ini dibantu oleh dua orang observer untuk merekam tuturan guru dan pengambilan gambar pada saat pembelajaran. Selain pengumpulan data dengan pedoman obervasi pembelajaran pedoman perekaman dan pedoman pengambilan gambar juga menggunakan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data penyajian data dan penarik kesimpulan. Pelaksanaan tindakan siklus I menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM 75 ada 6 siswa (40%). Yang belum mencapai KKM 75 ada 9 siswa (60%). Peningkatan kualitas pembelajaran belum mencapai target 75%. Berdasarkan pelaksanaan tindakan siklus I kemampuan menulis dan kualitas pembelajaran belum mencapai target yang ditentukan sehingga dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II dilakukan perbaikan kemampuan menulis dan kualitas pembelajaran. Pencapaian tindakan siklus II setelah melalui beberapa perbaikan. Siswa yang mencapai KKM 75 ada 12 (81.6%). Yang belum mencapai KKM ada 3 siswa (13.6%). Kualitas pembelajaran mencapai target yang ditentukan (75%) sehingga penelitian ini dikatakan telah mencapai target yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58166

Actions (login required)

View Item View Item