Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand / Wanabdullah Paduka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand / Wanabdullah Paduka

Paduka, Wanabdullah (2017) Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand / Wanabdullah Paduka. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paduka Wanabdullah. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VII Thailand. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia kelas VII Thailand Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa di dunia yang berkembang pada abad ke-21 ini. Pengajaran bahasa Indonesia terus mengalami peningkatan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di Thailand sudah terdapat pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia. Awalnya pembelajaran bahasa Indonesia hanya ada di perguruan tinggi. Namun saat ini pembelajaran bahasa Indonesia ada di SMA SMP dan SD. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand yang memuat keempat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengar berbicara membaca dan menulis serta tata bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar yang menggunakan model menurut Borg Gall dengan sejumlah modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Modifikasi model dilakukan karena keterbatasan peneliti serta tidak memiliki waktu dan biaya yang cukup untuk melakukan uji coba skala luas dan desiminasi produk. Langkah yang telah disesuaikan adalah (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) mengembangan bentuk produk awal (4) validasi terhadap ahli (5) revisi produk awal (6) uji coba produk dan (7) revisi produk akhir. Pengembangan ini diujicobakan pada siswa kelas VII di sekolah Thammasat Wittaya Thailand satu kelas dan uji coba tiga ahli yaitu seorang ahli bahan ajar seorang ahli kegrafikaan dan dua ahli pembelajaran BIPA. Pengambilan data menggunakan instrument wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data menggunaan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi terhadap para ahli menunjukkan bahwa uji validasi produk oleh ahli bahan ajar persentase kelayakan produk dari seluruh kriteria sebesar 86.5% kualifikasi sangat layak ahli kegrafikaan persentase kelayakan mencapai 87.5% kualifikasi sangat layak ahli pembelajaran persentase kelayakan mencapai 87% dan 99% dan hasil uji lapangan persentase kelayakan mencapai antara 83.75% sampai 96.25% kualifikasi layak. Berdasarkan hasil uji coba produk bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand dapat disimpulkan bahwa produknya telah layak dan bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII di Thailand. Penelitian ini dapat menghasilkan produk bahan ajar bahasa Indonesia bagi siswa kelas VII Thailand yang memuat keempat aspek keterampilan berbahasa yaitu mendengar berbicara membaca dan menulis serta tata bahasa. Pengajar disarankan mampu mengajar materi dalam bahan ajar ini dengan menguasai keempat aspek keterampilan berbahasa serta tata bahasa Indonesia pengajar yang bukan orang asli Thailand harus memahami karakteristik siswa Thailand supaya memudah dalam pembelajaran siswa dan dapat menjadi model penutur bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan bahan ajar ini perlu didampingi oleh pengajar dan bahan ajar ini dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia. ABSTRACT Paduka Wanabdullah. 2017. Development of Indonesian Language Lesson for Grade VII Students of Thailand. Thesis Indonesian Language Education Postgraduate Program State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M M.Pd. Keywords development teaching materials of Indonesian language class VII Thailand Bahasa Indonesia is one of the world s most developed languages of the 21st century. Indonesian language teaching continues to increase both domestically and abroad. In Thailand there has been learning and teaching Indonesian language. Initially learning Indonesian language only exists in college. However currently Indonesian language learning is in SMA SMP and SD. This development aims to produce a product of teaching materials for Indonesian language class VII for Thai students which contains four aspects of language skills namely listening speaking reading and writing and grammar. This research is a research development of teaching materials that use model according to Borg Gall with a number of modifications that are tailored to the needs. Modification of the model is done because of the limitations of researchers and does not have the time and cost sufficient to conduct large-scale testing and product dissemination. The adjusted steps are (1) research and information gathering (2) planning (3) developing initial product form (4) validation of experts (5) revision of initial product (6) product trial and (7) ) Revision of the final product. The development was tested in grade VII students at Thammasat Wittaya School Thailand one class and trials of three experts a teaching expert a mechanics scholar and two BIPA learning experts. Data collection using interview instrument and questionnaire Data analysis techniques use qualitative and quantitative analysis. The result of validation to the experts shows that the product validation test by the expert of the percentage material of the feasibility of the product of all the criteria equal to 86.5% qualification is feasible the feasibility graduation expert percentage reaches 87.5% qualification is feasible the percentage feasibility study expert reaches 87% and 99% The feasibility field feasibility test results reached between 83.75% to 96.25% qualified eligible. Based on the experiment result of the teaching material product of Indonesian language for the students of grade VII Thailand it can be concluded that the product has been feasible and can be used in learning Indonesian class VII in Thailand. This research can produce product of teaching material of Indonesian language for students of class VII Thailand which contains four aspects of language skill that is listening speaking reading and writing and grammar. Teachers are advised to be able to teach materials in this teaching material by mastering the four aspects of Indonesian language skills and grammar non-Thai teachers should understand Thai students characteristics in order to facilitate student learning and can be a good and correct model of Indonesian speakers. The use of these teaching materials should be accompanied by teachers and these teaching materials can be a learning resource for students in Indonesian language lessons.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58165

Actions (login required)

View Item View Item