Fitriani (2017) Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas X SMK Pertanian / Fitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X SMK Pertanian. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci menulis teks prosedur kompleks kontekstual bidang pertanian Pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran yang berbasis teks. Salah satu teks yang dipelajari pada kelas X tingkat SMK adalah teks prosedur kompleks. Dalam pembelajaran teks prosedur kompleks terdapat kompetensi dasar memproduksi teks prosedur kompleks. Pada Kompetensi Dasar tersebut siswa dituntut untuk menguasai kemampuan menulis teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan kaidah kebahasaan teks. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa banyak yang belum pernah menuliskan teks prosedur kompleks dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang benar. Siswa sudah sering melakukan kegiatan prosedural namun belum pernah menuliskannya dalam bahasa sendiri untuk dibaca oleh orang lain. Oleh sebab itu perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat mempermudah siswa untuk menuliskan pengetahuan prosedural mereka dengan panduan bertahap rinci dan jelas sesuai dengan tingkat berpikir siswa. Pendekatan kontekstual dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar ini. Mengembangkan bahan ajar yang memuat contoh teks dengan tema yang sudah sangat dikenal siswa baik dalam kegiatan sekolah maupun lingkungan sosial dapat memberikan pengetahuan yang bermakna kepada siswa. Pengetahuan yang bermakna tersebut diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mengonstruk pengetahuan dan pengalaman yang baru menjadi pengetahuan milik mereka sendiri. Berdasarkan hal tersebut dikembangkanlah bahan ajar yang memuat materi teks prosedur kompleks yang berkaitan dengan bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan prototipe bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMK Pertanian yang memiliki kriteria sistematis bahasa komunikatif dan tampilan menarik (2) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar hasil pengembangan yang telah memenuhi kriteria kelayakan dari segi isi penyajian materi penggunaan bahasa kegrafikaan materi bidang pertanian daya terap dan daya serap materi serta kebermanfaatan dan kemenarikan dan (3) mendeskripsikan profil akhir produk setelah uji validasi. Untuk mengembangkan bahan ajar yang layak untuk diimplementasikan tersebut maka dalam penelitian ini digunakan metode Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel. Model ini terdiri atas empat langkah yaitu Define (penetapan) Design (perancangan) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Kemudian dilakukan uji keefektifan produk setelah dinyatakan layak untuk diimplementasikan pada lapangan terbatas. Uji keefektifan bahan ajar dilakukan menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar suplemen untuk siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Bahan ajar ini berjudul Ayo Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Belajar Pertanian yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian kelas X. Dalam bahan ajar ini pendekatan kontekstual dapat dilihat dengan diberikannya banyak contoh teks agar siswa mengonstruk pemahaman mereka dari membaca beragam teks yang disajikan. Kemudian pada setiap latihan siswa dituntut untuk mengerjakan kegiatan bersama teman lalu mengomunikasikan hasilnya secara lisan. Selain itu kegiatan akhir menulis dilakukan siswa dengan mengerjakan suatu proyek sebelum akhirnya siswa menulis secara mandiri. Bahan ajar ini memuat dua bab. Bab 1 memuat materi Mengenal Teks Prosedur Kompleks Bidang Pertanian dan bab 2 memuat materi Menulis Teks Prosedur Kompleks. Dalam bab 1 memuat kegiatan (1) mengidentifikasi struktur isi teks prosedur kompleks (2) mengidentifikasi ciri kebahasaan teks prosedur kompleks (3) mengenal perbedaan teks prosedur sederhana dan teks prosedur kompleks dan (4) mengidentifikasi fungsi teks prosedur kompleks. Sementara bab 2 memuat materi (1) mengenali topik (2) menentukan judul (3) menulis paragraf pembuka (4) menulis paragraf inti (5) menulis paragraf penutup (6) merevisi teks (7) menulis teks secara utuh. Uji keefektifan bahan ajar dilakukan dengan uji statistik. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Independent Sample t-Test kelas eksperimen signifikan berbeda dari kelas kontrol dalam hal nilai postes (p 0.000). Berdasarkan pengamatan dari nilai rata-rata (mean) pada kedua kelompok tersebut diindikasikan bahwa rata-rata skor postes untuk kelas kontrol (75 03) signifikan lebih rendah dari skor kelas eksperimen (82 88). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang digunakan efektif. Oleh karena itu bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung untuk mengajarkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks kepada siswa kelas X SMK Pertanian. ABSTRACT Fitriani. The Development of Instructional Materials on Writing of Complex Procedure Text with Contextual Approach for X Graders on Vocational Students of Agriculture. Thesis Indonesian Education Study Program Postgraduate State University of Malang. Counselor (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Keywords writing complex procedure text contextual agricultural The Indonesian language learning in Curriculum 2013 applies text based learning. One of the texts studied in grade X of Vocational High School is the complex procedures text. In learning the complex procedures text there is a basic competence of producing complex procedures text. In the Basic Competence of the students are required to master the ability to write complex procedures text in accordance with the content structure and text linguistic rules. Based on needs analysis it shows that many students have never written complex procedures text with the correct structure and linguistic rules. Students have often done procedural activities but have never written in their own language to be read by others. Therefore it is necessary to develop teaching materials that can make it easier for students to write down their procedural knowledge with a gradual detailed and clear guidance according to the students level of thinking. A contextual approach can be used to develop this resource. Developing teaching materials that contain sample text with a theme that is well known to students both in school activities and social environment can provide meaningful knowledge to students. Such meaningful knowledge is expected to make it easier for students to construct new knowledge and experience into their own knowledge. Based on this developed teaching materials that contain complex procedures material related to the field of agriculture. This study aims to (1) develop prototype teaching materials to write of complex procedures text with contextual approach for students of Vocational High School of Agriculture which has systematic criteria communicative language and attractive appearance (2) to describe the effectiveness of development materials that have met the eligibility criteria in terms of content material presentation use of language design agricultural material applied capacity and material absorption and usefulness and attractiveness (3) describes the final product profile after the validation test. To develop the appropriate teaching materials to be implemented this research uses Four-D method developed by Thiagarajan Semmel and Semmel. This model consists of four steps namely Define Design Develop and Disseminate. Then tested the effectiveness of the product after it is declared feasible to be implemented in a limited field. The effectiveness test of teaching materials is done using pretest posttest control group design. The results of this research and development of supplement teaching materials for students in learning to write complex procedures text. This instructional material entitled Let s Write Text of Complex Procedure with Agricultural Learning aimed at Vocational High School of Agriculture students. In this resource the contextual approach can be seen by giving many sample texts so that students construct their understanding from reading the various texts presented. Then in each exercise the students are required to work on activities with friends and then communicate the results verbally. In addition the final activity of writing is done by the students doing a project before students finally write independently. This teaching material contains two chapters. Chapter 1 contains the Knowing the Complex Procedure Text of Agriculture and chapter 2 contains the Composing The Complex Procedures Text. In chapter 1 includes activities (1) identifying the structure of the content of complex procedures (2) identifying the linguistic features of the complex procedures (3) recognizing the text differences in simple procedures and complex procedure texts and (4) identifying the functions of complex text. While chapter 2 contains the material (1) recognizing the topic (2) defining the title (3) writing the opening paragraph (4) writing the core paragraph (5) writing the closing paragraph (6) revising the text. The test of the effectiveness of teaching materials is done by statistical test. Based on statistical test results using Independent Sample t-Test the experimental class was significantly different from the control class in terms of postes value (p 0.000). Based on observations of the mean values in both groups indicated that the mean postes score for the control class (75.03) was significantly lower than the experimental class score (82.88). Thus it can be concluded that the teaching materials used are effective. Therefore this teaching material can be used as a supporting material to teach the complex text writing skills to the students of grade X of Vocational High School of Agriculture.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58164 |
Actions (login required)
View Item |