Pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video inspirasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X / Ma`murotus Sa`diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video inspirasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X / Ma`murotus Sa`diyah

Sa`diyah, Ma`murotus (2017) Pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video inspirasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X / Ma`murotus Sa`diyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa diyah Ma murotus. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Video Inspirasi terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata Kunci CIRC kemampuan menulis cerita pendek Kegiatan menulis cerpen merupakan salah satu sarana berlatih bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan berimajinasi. Melalui kegiatan menulis siswa dapat menuangkan isi hati ide pikiran dalam sebuah tulisan. Kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Darul Ulum 1 Peterongan Jombang dapat dioptimalkan melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat dan relevan. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi terhadap kemampuan menulis cerpen. Kemampuan menulis cerpen siswa terdiri dari lima aspek kemampuan yaitu (1) mengembangkan tema (2) mengembangkan tokoh (3) mengembangkan alur (4) menggambarkan latar dan (5) menggunakan bahasa dalam cerita pendek. Rancangan penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest only non-equivalent control group desain. Pengumpulan data menggunakan hasil postes setelah diberikan perlakuan. Data penelitian berupa skor kemampuan siswa dalam menulis cerpen yaitu (1) pada aspek mengembangkan tema (2) pada aspek mengembangkan tokoh (3) pada aspek mengembangkan alur (4) pada aspek menggambarkan latar dan (5) pada aspek menggunakan bahasa dalam cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP DU 1 Peterongan Jombang yang masih terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen (IX.1) dan kelas kontrol (IX.2) masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) tes menulis cerpen (2) rubrik penilaian menulis cerpen dan (3) lembar observasi keterterapan model pembelajaran. Analisis data penelitian menggunakan Uji-t sampel bebas (independent sampel T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX pada aspek (1) mengembangkan tema (t hitung 2 784 8805 t tabel 2 010) (2) mengembangkan tokoh (t hitung 3 816 8805 t tabel 2 010) (3) mengembangkan alur (t hitung 2 985 8805 t tabel 2 010) (4) menggambarkan latar (t hitung 2 966 8805 t tabel 2 010) (5) menggunakan bahasa (t hitung 2 784 8805 t tabel 2 010). Penerapan model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi dalam menulis cerpen pada kedua kelas eksperimen sudah dilaksanakan dengan baik. Keterterapan model pembelajaran tersebut dapat dilihat dari pemerolehan rata-rata persentase sebesar 92 71% 8805 85 01 %. Dari hasil penelitian ini hendaknya kepala sekolah senantiasa mendorong dan membina guru-guru binaannya agar berupaya meningkatkan pemahamannya tentang pembelajaran menulis dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi dan secara berkelanjutan memantau pelaksanaanya di kelas. Model pembelajaran CIRC berbantuan video inspirasi dapat dijadikan referensi bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Dapat dijadikan siswa sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui kemampuan menulis. Penelitian ini dilakukan peneliti selama 2 kali pertemuan. Untuk lebih menguatkan penelitian bagi peneliti lain yang akan meneliti tentang pengaruh model CIRC berbantuan video inspirasi dengan memberikan perlakuan pembelajaran lebih dari 2 kali pertemuan dan jumlah sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58163

Actions (login required)

View Item View Item