Pengaruh strategi pemetaan semantik dan ekspositori terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII / Indah Sri Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pemetaan semantik dan ekspositori terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII / Indah Sri Wilujeng

Wilujeng, Indah Sri (2017) Pengaruh strategi pemetaan semantik dan ekspositori terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII / Indah Sri Wilujeng. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilujeng Indah Sri. 2017. Pengaruh Strategi Pemetaan Semantik dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Menulis Rangkuman Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata kunci pengaruh strategi pemetaan semantik strategi ekspositori hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu kunci sukses tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis rangkuman teks laporan hasil observasi diperlukan strategi yang tepat untuk mempermudah siswa dalam mengembangkan topik menulis dan dapat membelajarkan siswa untuk menulis secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Strategi pembelajaran yang dapat melatih siswa menulis mandiri adalah strategi pemetaan semantik. Strategi pemetaan semantik akan dibandingkan dengan strategi ekspositori yang merupakan strategi konvensional dan digunakan guru dalam pembelajaran. Strategi pemetaan semantik sesuai dengan karakteristik teks laporan hasil observasi yaitu teks yang menceritakan fakta berdasarkan hasil pengamatan lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi pemetaan semantik dan strategi ekspositori terhadap hasil menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Pare. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti menambahkan variabel gaya kognitif siswa. Gaya kognitif siswa dikelompokkan menjadi gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa berdasar gaya kognitif mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah the factorialized non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Pare tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 80 dari keseluruhan populasi 358 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes dilakukan dengan cara prates-pascates sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran yang berupa strategi pemetaan semantik dan strategi ekspositori. Tes selanjutnya dilakukan dengan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mengetahui dan mengelompokkan gaya kognitif siswa. Skor hasil tes dianalisis menggunakan analisis varian faktorial sesuai dengan desain dan tujuan penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapat perbedaan secara signifikan pengaruh pembelajaran yang menggunakan strategi pemetaan semantik dan strategi ekspositori terhadap hasil menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai pascates siswa pada kelas yang diberi perlakukan pembelajaran strategi pemetaan semantik (84 250) berbeda dengan rata-rata nilai pascates siswa pada kelas yang diberi perlakukan pembelajaran strategi ekspositori (82 125). Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0 024 yang artinya signifikan karena kurang dari 0 05. Kedua terdapat perbedaan secara signifikan pengaruh gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) terhadap hasil menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai pascates pada siswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI) (84 066) berbeda dengan rata-rata nilai pascates pada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD) (82 057). Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0 004 yang artinya signifikan karena kurang dari 0 05. Ketiga terdapat perbedaan secara signifikan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi pemetaan semantik dan ekspositori terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD). Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai pascates siswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) pada kelas ekspositori (83 105) berbeda dengan rata-rata nilai pascates siswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) pada kelas pemetaan semantik (80 812). Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0 022 yang artinya signifikan karena kurang dari 0 05. Keempat terdapat perbedaan secara signifikan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi pemetaan semantik dan ekspositori terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI). Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai pascates siswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI) pada kelas pemetaan semantik (86 541) berbeda dengan rata-rata nilai pascates siswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI) pada kelas ekspositori (81 238). Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0 000 yang artinya signifikan karena kurang dari 0 05. Kelima terdapat interaksi secara signifikan antara strategi pembelajaran pemetaan semantik dan ekspositori dengan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perbedaan pada hasil pengujian anava faktorial bahwa Fhitung (33 946) lebih besar daripada Ftabel (3 967) yang terdapat standar tabel statistik yang artinya terdapat interaksi. Berdasarkan temuan tersebut penelitian ini memperkuat anggapan bahwa penggunaan strategi pemetaan semantik dapat mempengaruhi hasil belajar menulis rangkuman teks laporan hasil observasi meskipun siswa dengan latar belakang gaya kognitif yang berbeda. Hal tersebut penting diketahui oleh guru karena pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58162

Actions (login required)

View Item View Item