Sako, Yustina (2017) Kesalahan kalimat pada karangan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Stella Gratia Atambua / Yustia Sako. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sako Yustina. 2015. Kesalahan Kalimat Pada Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X SMA Stella Gratia Atambua. Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci kesalahan kalimat karangan pengalaman pribadi Kesalahan kalimat yang sering ditemui dalam tulisan terjadi karena kurang memahami unur-unsur kalimat dan dapat menyebabkan kalimat tidak efektif. Kesalahan kalimat mudah diidentifikasi pada bahasa tulis sebab lebih mudah berbahasa lisan daripada berbahasa tulis. Hal tersebut terjadi karena dalam menulis harus mampu menyusun tulisan yang baik dan benar dengan memperhatikan kaidah-kaidah menulis yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan kalimat yang meliputi sepuluh aspek kesalahan pada karangan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Stella Gratia Atambua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kutipan kalimat-kalimat yang salah yang terdapat dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas Xb sumber data penelitian ini berupa teks hasil karangan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri sedangkan instrumen pendukung yang digunakan berupa tabel panduan kodifikasi data panduan identifikasi data dan panduan analisis data. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan empat cara yaitu (1) ketekunan membaca (2) kecukupan rujukan (3) diskusi kesejawatan dan (4) triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dari tahap pengumpulan data tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menjunkkan adanya kesalahan kalimat yang meliputi beberapa aspek (1) kalimat yang tidak bersubjek (2) kalimat yang tidak berpredikat (3) kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat atau buntung (4) penggunaan kata tanya yang tidak perlu atau kata tanya dalam kalimat berita (5) pengaruh dialek bahasa daerah (6) subjek ganda (7) kalimat yang tidak logis (8) kalimat yang ambiguitas (9) penggunaan konjungsi yang berlebihan dan (10) penggunaan kalimat yang tidak paralel. Kesalahan kalimat dalam karangan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Stella Gratia Atambua ada sepuluh aspek kesalahan yang disebabkan oleh penggunaan kalimat tidak efektif. Peneliti berharap agar penelitian kesalahan kalimat ini tidak berakhir pada penelitian ini saja akan tetapi perlu dilakukan penelitian terus-menerus mengenai aspek-aspek kesalahan kalimat dalam menulis untuk mengetahui berbagai macam kesalahan dan memahami cara mengatasi kesalahan yang ditemukan. ABSTRACT Sako Yustina. 2015. Sentence Error On Personal Experience Essay X Grade SMA Stella Gratia Atambua. Indonesian Language Education Thesis. Postgraduate Program of Universitas Negeri Malang. Supervisor (I) Dr. Roekhan M. Pd (II) Dr. Sunoto M. Pd. Keywords sentence errors personal experience essay The Sentence errors often found in writings occurs due to lack of understanding the sentence elements mounds which can lead to ineffective sentences.The Sentence errors can easily identifiable on the language because the oral language easier than speaking. This occursoften happen because in writing must be able to composed a good and must true writing by observing the norms of writing is good. The purpose of this research was to describe the some mistakes of sentences that include the ten aspects of errors on a personal experience essay grade X SMA Stella Gratia Atambua. This research uses the descriptive qualitative approach.The form of data in the research of the citation wrong sentences contained in a personal experience essay grade Xb the source datainreseacrh can results ofstudents while diong the essay text. Technique ofcollection data was done using the techniques of documentation. In the resarch also used instruments to collect data in the form of human instruments namely its own researchers while supporting instruments that are used in the form of tables data codification guideidentification data and data analysis. Procces checking the validity of the data in this study with four ways namely (1) the diligence of reading (2) adequacy of reference discussion (3) peers and (4) the triangulation of the data. Activity analysis starting from the stage of data collection data reduction stage the stage of the presentation of the data and the withdrawal of the conclusion or verification. The results of this study can show an error sentence that includes several aspects (1) a sentence that is cannotsubject (2) a sentence doesn t predicate the sentence (3) the sentence cannot subjectand does nt predicate or stump (4) the sentence use of the word question that need cant be said in a sentence or question the news (5) the influence of regional dialects (6) the subject of multiple (7) the sentences that are not logical (8) sentence that ambiguity (9) the use of the conjunction of the superfluous and (10) the use of sentences that are not parallel. Errors in sentence personal experience essay grade X SMA Stella Gratia Atambua there are ten aspects of errors caused by the use of the sentence is not effective. Researchers hope that this sentence does not fault the research ends up on this research but research needs to be done constantly about aspects of sentence errors in writing to know various kinds of errors and understand how to resolve errors that are found.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58161 |
Actions (login required)
View Item |