Kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Thailand program darmasiswa di Kota Malang tahun 2016 / Tapanee Taweekayujan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Thailand program darmasiswa di Kota Malang tahun 2016 / Tapanee Taweekayujan

Taweekayujan, Tapanee (2017) Kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Thailand program darmasiswa di Kota Malang tahun 2016 / Tapanee Taweekayujan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taweekayujan Tapanee. 2017. Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Thailand Program Darmasiswa di Kota Malang Tahun 2016. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Gatut Susanto M. Pd. M. Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci karangan kalimat program darmasiswa kalimat tunggal kalimat majemuk Program Darmasiswa merupakan salah satu program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang ditujukan bagi pembelajar asing yang ingin belajar bahasa Indonesia. Kemampuan menulis karangan merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan pada pembelajaran BIPA. Pada pembelajaran menulis karangan mahasiswa terkait menyampaikan gagasan pikiran dan perasaan secara tertulis. Menulis sebuah karangan yang baik tidak bisa lepas dengan keterampilan menyusun kalimat karena kalimat akan berpengaruh pada kesempurnaan proses penyampaian penulis kepada pembaca. Dengan demikian proses menulis kalimat bahasa Indonesia pada mahasiswa penutur asing yang mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa asing akan memiliki perbedaan dengan penutur asli Bahasa Indonesia. Biasanya kalimat bahasa Indonesia yang ditulis mahasiswa asing ini memakai kekhasan karena mereka belum menguasai tata bahasa Indonesia. Oleh karena itu kalimat bahasa Indonesia mahasiswa asing ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Thailand Program Darmasiswa di kota Malang tahun 2016. Fokus Penelitian ini ada tiga yaitu (1) struktur internal pada kalimat tunggal (2) urutan S dan P pada kalimat tunggal dan (3) penggunaan kalimat majemuk dalam karangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kajian teks. Data adalah bentuk kalimat atau jenis kalimat yang digunakan oleh mahasiswa Thailand dalam karangan. Data kalimat-kalimat yang ditemukan menjadi sumber data berasal dari karangan mahasiswa thailand program darmasiswa di kota Malang tahun 2016. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis data interaktif. Data yang terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk akan dianalisis dengan 3 tahap (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Verifikasi data dilakukan dengan cara observasi dan diskusi dengan peneliti lain. Kesimpulan menunjukkan 3 hasil pertama penggunaan kalimat tunggal berdasar pada struktur internalnya terdiri dari kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Kalimat lengkap adalah kalimat yang unsur subjek dan predikat wajib ada dan kalimat tidak lengkap adalah kalimat yang tidak ada subjek dan/atau predikat. Kedua penggunaan kalimat tunggal yang berdasar pada urutan S dan P terdiri dari kalimat susun tertib dan kalimat susun balik. Kalimat susun tertib adalah kalimat yang unsur subjek dan predikatnya berurutan biasa yakni subjeknya mendahului predikat dan kalimat susun balik adalah kalimat yang P-nya mendahului atau di depan S. Ketiga penggunaan kalimat majemuk dibagi menjadi 3 jenis yaitu (1) kalimat majemuk setara (2) kalimat majemuk bertingkat dan (3) kalimat majemuk campuran. Penulis menemukan konjungsi koordinatif pada kalimat majemuk setara konjungsi-konjungsi tersebut yaitu dan tetapi dan atau . Selain itu penulis juga menemukan konjungsi subordinatif dalam kalimat majemuk bertingkat yaitu karena setelah ketika and bila . Untuk kalimat majemuk campuran penulis menemukan konjungsi dan tetapi adalah karena setelah dan ketika . Berdasarkan hasil penelitian disampaikan tiga saran. Pertama guru bidang studi Bahasa Indonesia dapat mengetahui dan memahami tentang penggunaan kalimat tunggal berdasarkan struktur internalnya dan urutan S dan P. Pada kalimat majemuk guru dapat mengetahui mengenai kecenderungan kata pengubung yang tergambar dalam kalimat majemuk yaitu kalimat majemuk setara kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk campuran. Kedua saran ditujukan kepada mahasiswa menjadi pelajaran untuk mengetahui pengetahuan mereka tentang ragam penggunaan kalimat tunggal dan kalimat majemuk sehingga mereka dapat melakukan perbaikan keterampilan menyusun kalimat dan mengetahui penyebab kesalahan-kesalahan yang sering muncul dan dapat menghindari kesalahan tersebut. Ketiga saran ditujukan kepada peneliti bahasa yang lain dapat mengangkat permasalahan tentang penggunaan kalimat tunggal dan kalimat majemuk dan dapat dimanfaatkan sebagai hasil studi pendahuluan untuk melakukan penelitian pengembangan yang berkaitan dengan penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam bentuk kalimat tunggal dan kata penggubung dalam kalimat majemuk. ABSTRACT Taweekayujan Tapanee. 2017. Sentence of Indonesian Language in Thai Student Essays of Darmasiswa Program at Malang City 2016. Thesis. Graduate Program in Indonesian Language Education State University of Malang. Advisors (I) Dr. Gatut Susanto M. Pd. M. Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Keywords essay sentence darmasiswa program single sentence compound sentence. Darmasiswa program is one of BIPA programs (Indonesian for Foreign Learners) which is intended for foreign learners who want to learn Indonesian language. Writing skill is one of the skills developed in BIPA learning. In the learning writing essay related students convey the idea of thoughts and feelings in writing. Writing a good essay can not be separated by paying attention to the skill of composing a sentence because the sentence will affect the perfection of the process of delivering and receiving messages from the writer to the reader. Thus the process of writing Indonesian sentences to foreign learners who accept Indonesian language as a foreign language will have differences from native learners of Indonesia language. Usually Indonesian sentences written by foreign learners are peculiar because they have not mastered the grammar of Indonesian language. Therefore the Indonesian sentence of foreign learners is interesting to be researched. The purpose of this research is to classify sentence of Indonesian language in Thai Students essay of Darmasiswa program at Malang city 2016. This research will classify essays base on (1) internal structure in single sentence (2) the squence of S (subject) and P (verb) in single sentence and (3) combining compound sentences in essay. This research is using qualitative approach and also using text review. Data is the form of sentence or sentence type used by Thai students in essay. The source of data are from Thai students essay of Darmasiswa Program at Malang 2016. Data collection procedure is using documentation and test technique. The data in this research are analyzed by using interactive data analysis. The data which contain single sentence and compound sentence will be analyzed by 3 steps (1) data reduction (2) data presentment and (3) conclusion. The data verification is done by observing and discussing with other researcher. Conclusion indicate 3 results first the use of single sentences based on the internal structure consists of complete sentences and incomplete sentences. The complete sentence is a sentence that the subject element and predicate must exist and incomplete sentences are sentences with no subject and / or predicate. Second the use of single sentences based on the order of S and P consists of simple sentences and inverse sentences. The simple sentence is a sentence that the subject element and its predicate are regular that is the subject precedes the predicate and the inverse sentence is a sentence that P precedes or in front of S. Third the use of compound sentences are divided by 3 types (1) compound sentence (2) complex sentence (3) and mixed compound. The writer found coordinative conjunctions in compound sentences they are and but and or . Then the writer also found subordinative conjunctions in complex sentences they are because after when and when . For mixed compound sentence the writer found conjunctions and but is because after and when . Based on the research delivered three suggestions. First teachers of Indonesian language can know and understand about the use of single sentence based on its internal structure dan on the order of S and P. In compound sentences the teacher can know the tendency of connecting words that are depicted in compound sentences namely compound sentences complex sentences and mixed compound sentences. Second suggestions to students a lesson for knowing their knowledge about the variety of single sentences and compound sentences and know the cause of the errors that often arise and can avoid such mistakes. Third suggestions to other language researchers can raise issues about the use of single sentences and compound sentences and can be utilized as a preliminary study to undertake development research related to the use of Indonesian sentences in the form of single sentences and conneting words in a compound sentence.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58160

Actions (login required)

View Item View Item