Kapitan, Yanner Jeffray (2017) Pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter untuk siswa kelas VII / Yanner Jeffray Kapitan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yanner Jeffray Kapitan 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas VII. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd Kata kunci menulis fantasi karakter Pembelajaran menulis teks cerita fantasi merupakan pembelajaran baru di jenjang SMP seiring berlakunya Kurikulum 2013 edisi revisi. Bahan ajar yang tersedia di lapangan masih minim dan belum tersebar ke semua sekolah. Karena hal tersebut maka guru maupun siswa belum banyak yang tahu tentang teknik menulis teks cerita fantasi yang mudah. Teks cerita fantasi merupakan teks cerita unik ajaib dan mengherankan dengan tokoh-tokohnya yang memiliki kekuatan istimewa. Dengan kemampuan tokoh tersebut ternyata tersirat pesan-pesan moral yang mendidik. Berdasarkan kebutuhan bahan ajar menulis teks cerita fantasi serta peluang dibelajarkannya nilai pendidikan karakter melalui kegiatan teks cerita fantasi maka dianggap perlu untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter. Sikap siswa yang mulai kendor dalam hal jujur peduli santun peduli dan tanggung jawab dapat dibina melalui bahan ajar yang dikembangkan ini. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter untuk siswa kelas VII. Selain itu juga untuk menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar ini melalui uji ahli uji praktisi dan uji lapangan dengan siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development (R D). Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebarluasan. Produk yang ada diujicobakan dengan ahli pembelajaran ahli materi sastra ahli praktisi dan siswa untuk mengetahui apakah produk ini layak atau tidak. Jenis data yang dianalisis bersifat kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan terdiri dari instrumen utama dan instrumen penunjang. Instrumen utama adalah peneliti sendiri sedangkan instrument penunjang dapat berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari dua bagian yakni analisis data verbal dan analisis data kuantitatif. Rangkaian uji efektif produk terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis atau uji beda. Penelitian ini menghasilkan data uji kelayakan produk sebagai berikut. Pengujian bahan ajar oleh ahli pembelajaran untuk buku siswa adalah 82 22% sedangkan buku guru adalah 83% dinyatakan layak dimplementasikan. Pengujian bahan ajar oleh ahli materi sastra untuk buku siswa adalah 83 70% sedangkan buku guru adalah 85% dinyatakan layak dimplementasikan. Pengujian bahan ajar oleh ahli praktisi untuk buku siswa adalah 96% sedangkan buku guru adalah 97% dinyatakan layak dimplementasikan. Uji lapangan terhadap buku siswa dinyatakan 80% dan layak dipublikasikan. Berdasarkan hasil uji keefektifan produk didapati bahwa perbedaan antara pre tes dan post tes menunjukkan angka signifikan bahwa bahan ajar yang ada berdampak pada kemampuan siswa menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter dengan baik. Salah satu catatan yang perlu disampaikan sebagai saran agar kegiatan pembelajaran maupun penelitian sejenis dapat dilakukan dengan lebih baik lagi yakni bagi guru yang hendak membelajarkan kegiatan menulis teks cerita fantasi dengan bahan ajar ini agar dapat memberi pendampingan kondusif sesuai situasi dan kondisi siswa di kelas agar siswa benar-benar menikmati berlatih menulis dengan nyaman. ABSTRACT Yanner Jeffray Kapitan 2017. The development of learning materialsto write the text of the story of fantasy-laden Value character education for 7th Grade. Thesis. Department Of Indonesian Language Education Postgraduate Program State University Of Malang. Supervisor (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd Keywords writing fantasy character Learning to write a fantasy story text is the new learning in junior high school along with the introduction of Curriculum 2013 revised edition. Materials available in the field is still minimal and has not yet spread to all schools. Because it is then that the teacher or student not many know about the techniques to write a fantasy story text easy. The text of the story of fantasy is a unique magical story text and surprisingly with his characters that have a special strength. With the ability of the character It turns out that implied moral messages to educate. Based on the needs of learning materials to write a fantasy story text as well as the chance of learning the value of character education through the text of the story of fantasy then it was considered necessary to develop learning materials to write the text of the story of fantasy-laden value character education. The attitude of the students who start slack in terms of honest caring polite caring and responsibility can be constructed through the learning materials developed. The purpose of this research was to develop learning materials is write text stories of fantasy-laden value character education for 7th grade. In addition to test the feasibility and effectiveness of this learning materials through the test experts practitioners and the test field testwith students. This study used a model research and Development Research and Development (R D ). Research and development of these procedures include the define designe develop and disseminate. Existing products tested by expert learning material expert literature expert practitioners and students to find out if the product is worth it or not. The type of data that is analyzed is both qualitative and quantitative. Data collection instruments in the research development consists ofmain and ancillary instruments instruments. The main instruments are the researchers themselves while supporting instrument can be a question form and interview. Technique of data analysis consists of two parts namely verbal data analysis and quantitative data analysis. A series of effective test product consists of a test of normality and test hypotheses or test different. This research resulted in the eligibility test data products as follows. Testing materials by experts of learning for the student book is 82.22% whereas the book guru was 83% declared a worthy to implementation. Testing materials by experts of literary material to the student s book is the book% whereas 83.70 guru is 85% declared a worthy to implementation. Testing materials by expert practitioners to student s book is 96% while the book guru is 97% declared a worthy to implementation. Field trials against the book students expressed 80% and it deservesto be published. Based on the results of a test of the effectiveness of the product found that the difference between the pre test and post test shows a significant number existing materials that have an impact on students ability to write the text of the story of fantasy-laden value character education with good. One of the notes that need to be submitted as recommendations to make the learning as well as similar research activities can be done better with is for teachers who want to learn activities write text stories fantasy with these materials in order to give a conducive situation andappropriate mentorship conditions students in class in order that students really enjoy practicing writing with comfortable.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58155 |
Actions (login required)
View Item |