Wachidah, Liana Rochmatul (2017) Pengembangan bahan bacaan cerita rakyat sebagai pembentuk literasi moral bagi siswa kelas VII SMP/Mts / Liana Rochmatul Wachidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wachidah Liana Rochmatul. 2017. Pengembangan Bahan bacaan Cerita Rakyat Sebagai Pembentuk Literasi Moral Bagi Siswa Kelas VII SMP/Mts. Tesis. Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. dan (2) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan bacaan cerita rakyat literasi moral. Penelitian pengembangan bahan bacaan cerita rakyat sebagai pembentuk literasi moral dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menyatakan bahwa penurunan kualitas moral kini tengah menjalar dan menjangkiti bangsa Indonesia. Salah satu upaya untuk mencegah meluasnya krisis moral adalah mengoptimalkan rasa empati dan mendidik moral anak sejak dini. Pendidikan moral dapat diimplementasikan melalui pembelajaran cerita rakyat. Pembelajaran cerita rakyat memiliki manfaat untuk mengasah kreativitas dan merangsang psikologis siswa untuk berpikir kreatif sesuai kisah cerita. Dalam hal ini bahan bacaan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan siswa sehingga dapat memberikan semangat dalam belajar dan menumbuhkan minat membaca dan menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan. Upaya yang dilakukan agar kemampuan siswa dalam membaca juga diimbangi dengan kegiatan menulis yaitu dengan meningkatkan tingkat kemahirwacanaan (literacy). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan bacaan cerita rakyat sebagai pembentuk literasi moral bagi siswa kelas VII SMP/Mts yang dikembangkan dengan berpedoman pada unsur isi sistematika kebahasaan dan tampilan yang layak untuk pembelajaran serta sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi dan mendeskripsikan hasil uji produk. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan bahan bacaan yang dimodifikasi dari model pengembangan adaptasi dari model pengembangan 4D (four-D Model). Langkah model 4D (four-D Model) yang terdiri atas empat tahapan yaitu (1) penetapan (define) (2) perencanaan (design) (3) pengembangan (development) dan (4) penyebarluasan (disseminate) (Thiagarajan dkk 1974). Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli materi cerita rakyat (2) ahli pembelajaran cerita rakyat (3) praktisi atau guru Bahasa Indonesia dan (4) uji lapangan terbatas melibatkan siswa kelas VII Mts N Kunir Blitar. Jenis data penelitian ini adalah data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor terhadap uji produk bahan bacaan yang telah dituliskan oleh ahli praktisi dan serta penilaian kegiatan latihan menjawab soal secara mandiri oleh siswa. Data verbal berupa informasi yang disampaikan kelompok uji yaitu berupa catatan komentar dan saran. Pada penelitian pengembangan ini instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara bebas dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data nonverbal yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal (3) mengidentifikasi mengklarifikasi memaknai dan menyimpulkan data verbal berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk. Penyajian data hasil uji produk mengenai isi bahan bacaan secara keseluruhan mendapatkan persentase 84 9 %.berarti tergolong cukup valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai sistematika bahan bacaan secara keseluruhan mendapatkan persentase 87% berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai kebahasaan bahan bacaan secara keseluruhan mendapatkan persentase 78 % berarti tergolong cukup valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk mengenai tampilan bahan bacaan secara keseluruhan mendapatkan persentase 89 2% berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan bacaan cerita rakyat sebagai pembentuk literasi moral menunjukkan bahwa produk tergolong cukup valid dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran cerita rakyat. Saran pemanfaatan produk hasil pengembangan ditujukan kepada guru siswa peneliti lain dan pengembang produk lebih lanjut. Bahan bacaan ini dapat dimanfaatkan bagi guru Bahasa Indonesia sebagai sumber bahan penunjang pembelajaran untuk melakukan pembelajaran cerita rakyat dengan optimal sehingga kendala dalam pembelajaran dapat teratasi. Bahan bacaan ini dapat dimanfaatkan bagi siswa supaya siswa membaca setiap cerita dengan seksama sehingga dapat memahami isi cerita. Siswa disarankan agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran cerita rakyat dengan menggunakan bahan bacaan. Bahan bacaan ini ini dapat dimanfaatkan bagi pengembang bahan bacaan lebih lanjut yaitu dengan mempelajari dan memanfaatkan bahan bacaan untuk mengembangkan isi materi sama maupun yang berbeda namun dibuat lebih mudah dan menarik dibaca sehingga memudahkan siswa dalam memahami isi. ABSTRACT Wachidah Liana Rochmatul. 2017. The Development of Folklore as Reading MaterialShaping the Moral Literacy for VII Graders of SMP / MTs. Thesis. Education Indonesian Masters State University of Malang. Preceptor (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. and (2) Dr. Nita Widiati M.Pd. Keywords development of literature folklore moral literacy The research development of reading folklore as a form of moral literacy background by the results of a preliminary study states that the decline in moral quality is now spreading and infecting the nation of Indonesia. One of the efforts to prevent the widespread of the moral crisis is to optimize the sense of empathy and educate the children s moral from the early age. The moral education can be implemented through folklore learning. Learning folklore has the benefit of sharpening creativity and stimulating students psychologically to think creatively based on the story. In this case reading material is very necessary to meet the needs of students therefore it can give a spirit to learn and foster an interest in reading and pour creative ideas in the form of writing. The efforts are made aim to develop the ability of students in reading which is also offset by the writing activities by increasing the level of literacy. The purpose of this research and development is to produce a product of reading folklore as a form of moral literacy for students of class VII SMP / Mts which is developed by referring to the elements of content systematics linguistics and the appropriate display for learning and in accordance with the Curriculum 2013 revision and describe the result of product test. This study uses the design for the development of reading materials which is modified based on the model development adaptation of the 4D model development (four-D Model). Steps of 4D model (four-D Model) which consists of four stages these are (1) define (2) design (3) development and (4) disseminate (Thiagarajan et al 1974). The product test performed involving (1)the expert of folklore material (2) the expert of learning folklore (3) a practitioner or Bahasa Indonesia teacher and (4) limited field test involving the grade VII students of Mts N Kunir Blitar. The type of this data research is nonverbal and verbal data. The nonverbal data is in the form of a score to test the reading material which has been written by the experts practitioners and evaluate in practicing to answer questions independently by the students. The verbal data is in the form of the information delivered of a test group in the form of notes comments and suggestions. In this development research the researcher uses assessment questionnaires and open minded interview guides as data collection instruments. The data analysis was conducted by (1) collecting the nonverbal data obtained from the assessment questionnaire (2) transcribing the verbal data (3) identifying clarifying interpreting and concluding the verbal data based on the test group and (4) analyzing the data and formulating conclusions of analysis as a basis for follow-up of the product which is developed. The presentation of the data of product test result on the content of the reading material as a whole gets a percentage 84.9% which means quite valid and can be implemented. The presentation of the data of product test regarding systematic reading material as a whole gets a percentage of 87% which means that relatively very valid and can be implemented. The presentation of product test data regarding language reading material as a whole gets percentage 78% which means quite valid and can be implemented. The presentation of the data regarding the display of reading material as a whole gets a precentage 89 2% which is classified as very valid and can be implemented. The conclusions of this development research is the reading material of the folklore as forming the moral literacy which indicates that the product is quite valid and ready to be implemented in learning folklore. The suggestions of the utilization of development result product addressed to the teachers students other researchers and further product developers. These reading materials can be used for Indonesian teachers as a source of learning support materials to make learning folklore optimally so that learning obstacles can be solved. These reading materials can be used for students. In order for students to read every story carefully so that they can understand the story. The students are suggested to be actively involved in learning folklore using reading materials. These reading materials can be utilized for further reading material developers which is to learn and utilize the reading material content to develop the same or different material but it is made easier and interesting to be read so that the students can be easily to understand the content.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58153 |
Actions (login required)
View Item |