Pengembangan bahan ajar memerankan legenda untuk siswa SMP di daerah Jawa / Yohanes Nurcahyo Wisnu Aji

Aji, Yohanes Nurcahyo Wisnu (2017) Pengembangan bahan ajar memerankan legenda untuk siswa SMP di daerah Jawa / Yohanes Nurcahyo Wisnu Aji. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yohanes Nurcahyo Wisnu Aji, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Memerankan Legenda untuk Siswa SMP di Daerah Jawa. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr. Heri Suwignyo,M.Pd (II) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd Kata kunci: pengembangan bahan ajar, legenda, alih wahana, drama. Pembelajaran sastra di sekolah terutama di daerah Jawa mengalami banyak kendala. Kendala yang muncul dari faktor siswa, yaitu minimnya hasil karya sastra siswa, penyebab permasalahan tersebut adalah motivasi siswa yang rendah, kurangnya kemampuan pengembangan ide, dan tidak kuatnya pengusaaan teknik penyajian sastra baik secara tulis maupun pementasan. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka diperlukan sebuah bahan ajar yang memfasilitasi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis dan menyajikan karya sastra. Bersamaan dengan munculnya KD Memerankan Legenda di Kurikulum 2013 telah membantu guru untuk mengembangkan potensi lokal budaya di sekitar siswa. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini menitikberatkan pada penggunaan legenda daerah setempat sebagai dasar wawasan kearifan lokal dalam menulis dan memerankan teks drama. Memanfaatkan strategi alih wahana sastra dari legenda menjadi naskah drama. Tujuan pengembangan produk ini adalah menghasilkan bahan ajar memerankan dengan strategi alih wahana teks legenda menjadi naskah drama tradisional untuk diperankan siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D dan pengembangan ASSURE. Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi analisis pembelajar, merumuskan standard dan tujuan, memilih dan menggunakan materi bahan ajar, validasi, uji coba, evaluasi dan revisi bahan ajar. Data penelitian ini berupa data verbal dan numerik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas, pengumpulan data berupa: angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, angket validasi praktisi, dan angket penilaian uji coba. Analisis data verbal, ini menggunakan data verbal yang diperoleh dari kegiatan wawancara dan komentar yang didapatkan dari angket validasi. Analisis data numerik menggunakan analisis kuantitatif melalui test cloze dan uji keefektifan produk dari angket validasi ahli, angket validasi praktisi, angket ujicoba, dan hasil akhir uji coba produk. Penelitian ini menghasilkan data uji dari tiga kelompok yaitu uji ahli, praktisi dan uji lapangan untuk mendapatkan produk bahan ajar yang sejalan dengan tujuan penelitian. Uji ahli meliputi komponen validasi berupa isi mendapatkan penilaian 93. Komponen materi mendapatkan nilai 93, komponen kebahasaan mendapatkan nilai 85. Komponen pembelajaran mendapatkan nilai 87, dan komponen kegrafikaan mendapatkan nilai 87. Uji praktisi meliputi komponen isi mendapatkan nilai 98, bahasa mendapatkan nilai 96, kegrafikaan mendapatkan nilai 95, dan keberterimaan mendapatkan nilai 95. Uji lapangan kepada siswa meliputi komponen isi mendapatkan nilai 81,2, kebahasaan mendapatkan nilai 85,34, sajian mendapatkan nilai 86,67, kegrafikaan mendapatkan nilai 83,35, dan keberterimaan mendapatkan nilai 83,13. Hasil analisis uji keefektifan bahan ajar juga menggambarkan tingkat signifikansi nilai prates dan pascates. Dengan nilai rata-rata prates 55, 12 dan meningkat setelah melalui pembelajaran memanfaatkan bahan ajar memerankan legenda. Peningkatannya menyentuh angka rata-rata pascates 79,05. Peningkatan nilai tersebut meliputi aspek persiapan pementasan, berupa penyusunan naskah drama, latar, properti, busana dan musik pengiring, serta kegiatan pementasan. Hasil analisis nilai signifikansi dalam uji t yaitu 0,000<0,050 menunjukkan bahwa perubahan nilai telah terjadi pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar Memerankan Legenda. tersebut mengindikasikan bahwa produk bahan ajar layak digunakan oleh siswa dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam bermain drama. Sebagai pengguna bahan ajar ini guru dapat memanfaatkan bahan ajar dengan melakukan pendampingan khusus dalam proses berlatih peran sekaligus mengefesienkan waktu pembelajaran. Bagi peneliti lain disarankan untuk menyesuaikan jenis teks dan menyusun kegiatan pengaliwahanaan secara lebih detil untuk hasil pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58151

Actions (login required)

View Item View Item