Pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan pada kelas VII SMPN 19 Malang / Nina Septia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan pada kelas VII SMPN 19 Malang / Nina Septia Rahmawati

Rahmawati, Nina Septia (2017) Pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan pada kelas VII SMPN 19 Malang / Nina Septia Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septia Rahmawati Nina. 2017. Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi dengan Media Video Pengetahuan pada Kelas VII SMPN 19 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd Kata Kunci pembelajaran teks laporan hasil observasi video pengetahuan Pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan pada kelas VII SMPN 19 Malang merupakan bentuk kreatifitas guru dalam memenuhi tuntutan ideal pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu pemanfaatan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan pada kelas VII SMPN 19 Malang dalam aspek perencanaan pelaksanaan evaluasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru serta upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menjadi instrumen utama dalam pengumpulan dan penganalisisan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen RPP kegiatan belajar mengajar guru dan siswa. Analisis data secara bertahap dimulai sejak pengumpulan data interpretasi mengkoding data dan mereduksi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji reliabilitas dan uji validitas. Uji reliabitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta member checking (uji dari sudut pandang peneliti dan partisipan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang matang akan memudahkan guru dam mewujudkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan sebagai bentuk pembelajaran yang dapat menghadirkan objek pengamatan dalam bentuk video. Media video pengetahuan membuat pembelajaran lebih berkualitas karena siswa dapat berkonsentrasi penuh mengamati media. Media video pengetahuan dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran pada kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti pada KD.3.7-4.7 dan pada KD.3.8-4.8. Pada kegiatan pendahuluan media video pengetahuan membantu guru menyiapkan mental dan menggugah ketertarikan untuk merasa ingin tahu dan mengikuti pembelajaran dengan nyaman tanpa paksaan. Evaluasi proses juga mudah dilakukan guru ketika siswa mengamati video pengetahuan. Berdasarkan hasil jawaban angket siswa pada empat kelas VII yang diajar guru yang bersangkutan mayoritas siswa menyebutkan bahwa pembelajaran teks LHO dengan media video pengetahuan baik. Kendala yang dihadapi guru ketika pengeras suara di kelas tidak berfungsi dan siswa semakin aktif dalam pembelajaran. Mengatasi kendala tersebut guru sudah mempersiapkan membawa pengeras suara sendiri. Sementara itu untuk mengelola keaktifan siswa guru memberi arahan tugas dan membagi kelompok. Berdasarkan pembahasan temuan penelitian diketahui bahwa media video pengetahuan dapat dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa. Media video pengetahuan sebagai alternatif media pembelajaran teks laporan hasil observasi menghadirkan objek pengamatan yang hemat waktu biaya dan tenaga. Disarankan bagi guru untuk melengkapi transkrip video agar pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan semakin optimal. Tidak adanya transkrip informasi dalam video membuat pembelajaran menelaah kebahasaan teks harus menggunakan media pembelajaran tambahan yaitu teks yang sejenis dengan tayangan video. ABSTRACT Septia Rahmawati Nina. 2017. The teaching of observational report text using video of knowledge for grade VII of SMPN 19 Malang. Thesis. Education of Indonesian Study Program. State University of Malang Graduate Program. Advisors (1) Prof. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd Keywords text study reports the results of observations video knowledge The teaching of observational report text using video of knowledge for grade VII of SMPN 19 Malang is a teacher creativity to meet the need of ideal teaching and learning based on Curricullum 2013 that requires the use of information technology. This study aims to describe the teaching of observational report text using video of knowledge for grade VII SMPN 19 Malang with respect to planning aspect application evaluation problems faced by teacher and the efforts that the teacher afford to cope with the problems. The study uses descriptive qualitative approach. The researcher becomes the key instrument who collects and analizes the data. The source of the data in this study are lesson plan documents teaching and learning activities and the teacher and the students. The analisys of the data are done sequently started from data collection data interpretation data coding and data reduction. The trusworthy of the study is done using reability and validity tests. The reability test uses the triangulation of data sources and triangulation of data collection methods and member checking from the researcher s and the partisipant s point of views. The findings show that a good lesson planning enables the teacher to create interactive and fun learning easily. The teaching of observational report text using video of knowledge for grade VII of SMPN 19 Malang is a teaching technique which brings the object of observation in the form of the video. The use of knowledge video media results in more qualified teaching and learning because students are able to concentrate fully to observe the media. Video of knowledge is used by a teacher as a teaching media in pre-teaching and the whilst-teaching sessions for Basic Competence 3.8-4.8. In the pre-teaching session video of knowledge media help the teacher to prepare students mental and to stimulate students curiosity and motivation to follow the teaching and learning process comfortably without any pressure. The teacher can do evaluation process easily when the students observe the video. Based on the result of students questionnaires in the four classes which are taught by the teacher the majority of the students said that the teaching of observational report text using video of knowledge is good for learning. The problems faced by the teacher are when the loudspeaker was not functioning and the students were active during the process of teaching and learning. To cope with these problems the teacher prepared her own laoudspeaker. Meanwhile the teacher also gave instruction and grouped the students to manage their activeness. Based of the findings of the study it is found that the observational report text using video of knowledge can be used by the teacher as a teaching media to motivate the students learning. The video of knowledge as an alternative obsevational text report media bring the object of observation which is time budget and energy saving. It is recommeded for the teacher to complete the video with transcript in order to optimalize the teaching of observational report text using video of knowledge. The absence of information transcript in the video caused the teaching of linguistic competence used similar texts as additional teaching media.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58150

Actions (login required)

View Item View Item