Pengembangan multimedia interaktif apresiasi cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP / Kusmayadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif apresiasi cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP / Kusmayadi

Kusmayadi (2017) Pengembangan multimedia interaktif apresiasi cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP / Kusmayadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusmayadi. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Apresiasi Cerita Rakyat Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Siswa SMP. Tesis Pascasarjana Pendiidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (2) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Kata kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Cerita Rakyat Pendidikan Karakter Pemanfaatan teknologi multimedia dapat meningkatkan dan memperluas pengetahuan memberikan fleksibilitas dalam penyampaian pesan serta sebagai sarana pemecahan masalah dan pengembangan diri. Penggunaan multimedia dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di SMPN 1 Praya Timur ditemukan bahawa dalam pelakasanaan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi cerita rakyat guru belum menggunakan media pembelajaran dan masih berpatokan pada buku teks dan tidak sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa. Untuk itu salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia interaktif yang sesuai dengan karakteristik lingkungan belajar siswa sehinga dapat memanfaatkan sarana komputer yang telah tersedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu altrenatif media pembelajaran yang menarik efisien dan efektif yang sesuai dengan lingkungan belajar siswa. Pengembangan multimedia interaktif apresiasi cerita rakyat ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari Borg Gall. Prosedur pengembangan multimedia interaktif ini adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan produk dan desain (3) pengembangan draf produk (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk (6) uji coba kelompok besar (7) penyempurnaan produk hasil uji coba. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil Pengembangan ini berupa produk multimedia interaktif apresiasi cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter yang memiliki dua bagian materi utama yaitu mengenali dan memahami cerita rakyat dan menelaah struktur dan kebahasaan cerita rakyat sedangkan menu evaluasi merupakan sarana untuk siswa mengetahui pemahaman tentang materi yang sudah dipelajari dari media ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak berdasarkan perolehan penilaian dari ahli pembelajaran ahli media pembelajaran uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil temuan pengembang selama proses pengembangan yang telah dilaksanakan disarankan upaya pengembangan berikutnya berkaitan dengan khazanah cerita rakyat yang berkembang di daerah untuk dimunculkan karena banyak mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat memotivasi dan menjadi contoh bagi siswa sesuai dengan karakteristik lingkungan belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58148

Actions (login required)

View Item View Item