Syafrina, Dewi (2017) Pengembangan model lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak fabel untuk siswa kelas VII SMP / DewiSyafrina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Syafrina Dewi. 2017. Pengembangan Model Lintaskujitu dalam Pembelajaran Menyimak Fabel untuk Siswa Kelas VII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Taufik Dermawan M.Hum. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran model Lintaskujitu pembelajaran menyimak fabel penelitian pengembangan Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk menghasilkan model Lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak fabel. Tahap-tahap dalam model Lintaskujitu ada enam yaitu (1) Kenali konteks (2) tanya (3) simak (4) cek jawaban (5) uji pemahaman dan (6) tulis refleksi amanat. Keenam tahap tersebut dikemas dalam buku panduan penerapan model Lintaskujitu dalam pembelajaran fabel kelas VII. Pengembangan ini terdiri atas tiga tahap yaitu (1) define (2) design dan(3) development.. Ketiga tahap ini merupakan adaptasi dari prosedur penelitian pengembangan 4D dari Thiagarajan. Hasil validasi produk menginformasikan bahwa model Lintaskujitu dapat diimplementasikan dengan sedikit revisi. Validasi produk mengacu pada tiga aspek kelayakan. Pertama aspek kelayakan konsep model Lintaskujitu memperoleh persentase sebesar 76%. Kedua aspek kelayakan langkah-langkah model Lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak memperoleh persentase sebesar 79%. Ketiga aspek kelayakan model Lintaskujitu terhadap tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa memperoleh persentase sebesar 75%. Berdasarkan perolehan persentase dari ketiga tersebut dapat diketahui bahwa model Lintaskujitu layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menyimak fabel. Uji lapangan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas serta respon siswa terhadap penerapan model Lintaskujitu dalam pembelajaran menyimak fabel. Data efektivitas produk dapat diketahui melalui uji statistik dengan menggunakan uji beda Paired Sample T-Test. Hasil uji beda kemampuan menyimak fabel menginformasikan nilai t 4 361 dan taraf siginifikansi 0 000 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |