Pengembangan modul pembelajaran Lawas Sumbawa dengan strategi kuantum untuk siswa kelas VII / Sukiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran Lawas Sumbawa dengan strategi kuantum untuk siswa kelas VII / Sukiman

Sukiman (2017) Pengembangan modul pembelajaran Lawas Sumbawa dengan strategi kuantum untuk siswa kelas VII / Sukiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukiman 2017.PengembanganModulPembelajaranLawas Sumbawa denganStrategiKuantumuntukSiswaKelas VII.Tesis JurusanPendidikanBahasa Indonesia PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. YuniPratiwi M.Pd (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Modul Lawas Sumbawa StrategiKuantum Ketersediansumberbelajar yang dekatdengansiswasampaisaatinibelumdimanfaatkandandikelolasecara optimal oleh guru di dalampembelajaran. Guru tidakhanyaberpatokanpadasatusumberbelajardan guru dapatmemanfaatkansumber-sumberbelajar yang lain. Salah satusumberbelajar yang dapatdikembangkanoleh guru untukdijadikanmateri ajar di kelas yaitulawas Sumbawa.Lawas Sumbawa merupakansastralisan yang telahmenjadiwarisanbudayabangsadanharusdipertahankankeberadaannya.Lawassebagaisalahsatupuisirakyat yang dimilikiolehmasyarakat Sumbawa perluuntukdikenalkankepadasiswa.Memasukkanlawassebagaimateripembelajaran dengantujuansiswadapatmengenaldanmenghayatisetiapisi yang terkandung di dalamnya.Nilai-nilai yang dapatditanamkanlewatlawas Sumbawa adalahtentangcarahidupsehat disiplin kasihsayang pergaulan nasihatkehidupan semangatgotongroyong dancontohkehidupantauladan. Pengenalansertapemertahanankeberadaanlawas Sumbawa dapatdikemasdalambentukmodul agar siswadapatbelajarsecaramandiriataudenganbimbingan guru. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah (1) mengembanganmodulpembelajaranlawas Sumbawa denganstrategikuantumdan (2) mengujikeefektifan kevalidan sistematis kekomunikatifan sertakemenarikanmodulpembelajaranlawas Sumbawa melaluieksperimen dengandesainone-grup pretest-posttest design. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianiniadalahdesain 4-D olehThiagarajan Dorothy dan Melvyn (1974 6 9) denganempattahapankegiatan yakni (1) tahapdefine (2) tahapdesign (3) tahapdevelop dan(4) tahapdisseminate. Model inidipilihkarenamemilikitahapan yang mudahdipahamidandiaplikasikan.Selainitu model 4-D memilikitahapan yang cocokuntukpengembanganbahan ajar. Data dalampenelitianinidiperolehmelaluiangketdaninstrumenwawancara.Angketdaninstrumenwawancaradigunakanuntukmendapatkan data kuantitatifdankualitatif.Data-data tersebutdidapatdarihasilangketvalidasimateri validasidesainmodul danvalidasibudaya.Data jugadidapatdarihasilangketujipraktisidanujicobalapangan.Teknikanalisis data yang digunakanuntukhasilvalidasiadalahperhitungan rata-rata. Rata-rata diperolehataudihitungdengancaramenjumlahseluruhskorperolehandanmembaginyadenganjumlahsubjekataujumlahskor. Untukmengetahuitingkatvalidasiproduk yang sudahdikembangkandilakukanperhitunganpersentasesehinggadapatdisimpulkantingkatvalidasisesuainilai yang terdapatpadaskalalikertdenganrentangkategori 1 5. Produk yang telahdikembangkan yaitumodulpembelajaranlawas Sumbawa denganstrategikuantumuntuksiswakelas VII.Hasilvalidasiahlipembelajaranpuisiterhadapmodulmemperolehpersentase 91 15% sehinggasangatlayakdandapatdiimplentasikan. Hasilvalidasiahlidesainmodulmemperolehpersentase 81 33% sehinggalayakdandapatdiimplentasikan. Hasilvalidasiahlibudayamemperolehpersentase 90% sehinggasangatlayakdandapatdiimplementasikan.Modul yang telahdikembangkandilakukanujipraktisidanujilapangan.Hasilujipraktisiterhadapmodulmendapatpersentasesebesar 90% sehinggasangatlayakdandapatdiimplementasikan.Hasilkesansiswaterhadapmodulmemperolehpersentase 93% sehinggamodul yang telahdikembangkandapatditerimaolehsiswa. Ujikeefektifanmoduldilakukandenganmelihathasilpretesdanpostessiswa. Rata-rata hasilpretessiswasebesar 71 9sedangkan rata-rata postessiswa 80 6. Untukmengetahuinormalitas data padasaatujikeefektifanmenggunakankolmogorovsmirnov testdengantarafsignifikansipretes 0 516 danpostes 0 825 sehingga data dapatdikatakanberdistribusi normal karenalebihbesardari 0 05. Hasiluji t (paired sample test) antarapretesdanpostesmemilikiperbedaan yang signifikan yaitu -10.279 dengantarafsignifikansi 0 000 kurangdari 0 05. Hal inidapatdikatakanbahwaterdapatkorelasiantarapretesdanpostessebesar 452 dengantarafsignifikansinya 0 045.Jadi dapatdisimpulkanbahwamodul yang telahdikembangkandapatdikatakanefektifdanditerima. Berdasarkanhasilvalidasitersebut modul yang telahdikembangkanmemilikitujuandanmanfaatuntukmembantu guru dalammengajarkanmaterilawas Sumbawa.Selainitu membantu guru dalammemahamikonseplawas Sumbawa kepadasiswasertasebagaiupayauntukmempertahankanlawasSumbawa di tengahkemajuanteknologi.Modul yang telahdikembangkanjugadisebarluaskankebeberapasekolah yang ada di Kota Taliwang. Produk yang telahdikembangkanmasihbelumsempurna baikdarisegiisimaupundesain.Olehkarenaitu diharapkanadapenelitianselanjutnyaberkaitandenganpuisirakyatdaerahsetempat.Hal inibertujuansebagaiupayauntukmempertahankaneksistensipuisirakyatdaerahsetempat yang kinimulaidilupakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58145

Actions (login required)

View Item View Item