Kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo / Ahmad Fadilahtur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo / Ahmad Fadilahtur Rahman

Rahman, Ahmad Fadilahtur (2017) Kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo / Ahmad Fadilahtur Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Ahmad Fadilahtur.2017. Kesantunan Tutur Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. dan Pembimbing (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata kunci kesantunan guru interaksi pembelajaran Penelitian ini memiliki masalah bagaimanakah kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Situbondo Dengan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran (2) mendeskripsikan fungsi kesantunan guru dalam interaksi pembelajaran (3) mendeskripsikan strategi kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran. Untuk menjawab masalah tersebut dipilih teori tentang kesantunan dengan pendekatan pragmatik. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian berupa tuturan guru yang mengandung kesantunan dan konteknya yang ditrankrip. Data penelitian diperoleh dari sumber data yaitu tiga orang guru pengajar bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 1 Situbondo. Teknik pengambilan data berupa teknik perekaman pengamatan dan wawancara. Instrumen penelitian ini diri peneliti dengan alat bantu alat perekam pedoman catatan lapangan dan pedoman wawancara. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan kegiatan ketekunan pengamatan triangulasi metode pengumpulan data dan pemeriksaan teman sejawat. Analisis data dilakukan dengan model alir dari Miles dan Huberman yaitu diawali dari reduksi data sajian data/paparan data verifikasi serta penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam interaksi pembelajaran guru menggunakan wujud fungsi dan strategi kesantunan. wujud kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran menggunakan kalimat deklaratif imperatif dan kalimat interogatif. Fungsi kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu (1) fungsi membudayakan bertutur santun (2) memberi penghargaan dan (3) menjaga hubungan harmonis. Strategi kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran menggunakan strategi tuturan langsung dan strategi tuturan tidak langsung. Wujud kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran menggunakan kalimat imperatif kalimat deklaratif dan kalimat interogatif. Kalimat deklaratif digunakan guru dalam tindak memerintah mengajak menolak melarang memohon maaf memuji dan mengucapkan terima kasih. Kalimat imperatif digunakan guru dalam tindak memerintah mengajak melarang dan memohon maaf. Kalimat interogatif digunakan guru dalam tindak memerintah mengajak dan menolak. Wujud kesantunan tindak tutur yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan konteks yang melingkupinya menggunakan kesantunan berbahasa. Fungsi kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran di kelas dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu (1) membudayakan bertutur santun berdasarkan wujud dalam tindak memerintah mengajak menolak melarang dan mengizinkan (2) memberikan penghargaan berdasarkan wujud dalam tindak memuji dan mengucapkan terima kasih (3) menjaga hubungan harmonis berdasarkan wujud tindak mengucapkan salam dan memohon maaf. Strategi kesantunan tutur guru dalam interaksi pembelajaran menggunakan strategi tuturan langsung dan strategi tuturan tidak langsung. Strategi tuturan langsung digunakan guru dalam tindak memerintah mengajak menolak melarang memohon maaf memuji mengucapkan terima kasih dan memberi salam. Strategi tuturan tidak langsung digunakan guru dalam tindak memerintah mengajak menolak dan melarang. Strategi kesantunan tindak tutur yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan konteks yang melingkupinya menggunakan kesantunan berbahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58144

Actions (login required)

View Item View Item