Penggunaan sapaan di SMP Islam Terpadu Tunas Cendekia Mataram / Nurul Haeniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan sapaan di SMP Islam Terpadu Tunas Cendekia Mataram / Nurul Haeniah

Haeniah, Nurul (2017) Penggunaan sapaan di SMP Islam Terpadu Tunas Cendekia Mataram / Nurul Haeniah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Haeniah Nurul.2017.PenggunaanSapaan di SMP Islam Terpadu Tunas CendekiaMataram.Tesis.JurusanPendidikanBahasaIndonesia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Roekhan M.Pd (II) Dr. Sunoto M.Pd Kata kunci penggunaansapaan bentuk fungsi konteks Pengggunaansapaanmemilikiperanpentingdalaminteraksikomunikasi di lingkungansekolah. Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahuipenggunaansapaan di SMP IT Tunas CendekiaMataram. Tujuanpenelitianiniadalah 1) mendeskripsikanpenggunaanbentuksapaan2) mendeskripsikanfungsipenggunaanbentuk-bentuksapaandan 3) untukmengetahuikontekspenggunaansapaanbaikdalaminteraksipembelajaran di kelasmaupundalaminteraksikomunikasi yang terjadi di luarkelas/lingkungansekolah. Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatifuntukmenjawabpertanyaan di atas. Dalamhalinipenelitiadalah instrument utama. Data dalampenelitianiniadalahtranskripsi verbal bentukdankontekspenggunaansapaandalaminteraksipembelajaran di dalamkelasdaninteraksi di luarkelas. Pengumpulan data dilakukanmelaluiobservasipartisipasi penelitimenggunakanvideo recorder panduanobservasidancatatanlapangan. Dalampenelitianinipengecekan data dilakukandengankecermatanpengamatandantriangulasiterhadapteori. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyacampurkodedarisegipenggunaanbentuksapaandalamperistiwakomunikasi. Adapunbentuk-bentuksapaandalamkomunikasiantara lain (1) sapaannamadiri(dalambentukutuhdansingkat) (2) sapaanprofesiyaknibentukustaddanbentukustadzah (3)sapaanberupa persona yaknikamu anda ente antum kalian adik-adiksekalian ikhwandanakhwat. (3) sapaankekerabatanyaknibentuktakutuhdekdankak namadiri(kekerabatan nama) dan(5) sapaan zero/kosong Sementaraitufungsipenggunaansapaan di SMP IT Tunas CendekiaMatarammengindikasikanadanyafenomenahonorifik. Bentukhonorifikdapatdikatakansebagaibentukuntukmenyatakansikapkesopanandengantujuanuntukmenghormatilawanbicara (Suhandar 2014 109).Selainitujugaterdapatberbagaifungsi lain sebagaiberikut. (1) penandakeakraban (2) penandahormat (3) penetralhubungan (4) penandakesopanan (5) penghapusjaraksosialdan (6) sebagaipenandasayang. Adapunkontekspenggunaansapaandalaminteraksipembelajaran di dalamkelasantara lain (1) penggunaansapaannamadiriterdapatdalamkontekspercakapanantarsiswadalamkegiatanpendahuluandankonteksmemotivasisiswadalamkegiataninti (2) sapaanprofesi/pekerjaanterdapatdalamkonteksmemeriksatugassiswa tegursapasiswaterhadap guru sertakonteksmemotivasisiswapadakegiatanpendahuluan (3)penggunaansapaan persona tunggalkamudalamkontekstegursapa/percakapanantarsiswadalamkegiatanawal.Persona andaterdapatdalamkonteksmemotivasi para siswa danantumterdapatdalamkonteksmemeriksatugassiswadalamkegiatanpendahuluan. Persona kaliandanAdik-Adiksekalian yangterdapatdalamkontekspenyampaiansalamdalamkegiatanawalsertaantumyang terdapatdalamkonteksmenjelaskanmateritugassebelumnyadalamkegiataninti (4)penggunaansapaanbentuk zeroterdapatdalamkonteksmemotivasisiswadalamkegiatanpendahuluan.Adapunkontekspenggunaansapaandalaminteraksi di luarkelasyakni (1)sapaanenteterdapatdalamkontekspercakapanantarsahabatkarib di depanruangkelasdan(2)penggunaansapaankekerabatanterdapatdalamkontekspercakapanantarmurabbidanmutarabbi di kantinketika jam istirahat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58143

Actions (login required)

View Item View Item