Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter / Fiyan Ilman Faqih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter / Fiyan Ilman Faqih

Faqih, Fiyan Ilman (2017) Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter / Fiyan Ilman Faqih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faqih Fiyan Ilman. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Anak-Anak Bermuatan Nilai Karakter. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis naskah drama anak-anak nilai karakter Keterampilan menulis naskah drama anak-anak merupakan kegiatan menentukan ide tema amanat tokoh dan penokohan latar dan alur yang diwujudkan dalam bentuk dialog-dialog yang sesuai dengan kehidupan anak-anak. Keterampilan menulis naskah drama anak-anak sangat penting dilakukan oleh orang dewasa khususnya mahasiswa karena melalui keterampilan menulis naskah drama anak-anak mahasiswa dapat memberikan pendidikan karakter kepada anak-anak. Ada tiga nilai karakter yang paling penting dikenalkan kepada anak-anak yaitu kejujuran tanggung jawab dan rasa ingin tahu. Besarnya kontribusi naskah drama anak-anak sebagai sarana untuk mengenalkan nilai karakter kepada anak-anak tidak berjalan seimbang dengan praktik menulis naskah drama anak-anak. Keterampilan menulis naskah drama anak-anak merupakan keterampilan yang paling kurang dipraktikkan dibandingkan dengan keterampilan menulis puisi atau prosa fiksi anak-anak.Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa untuk menulis naskah drama anak-anak menjadi lebih aktif kreatif inovatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak.Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter yang memenuhi syarat kelayakan isi penyajian kebahasaan dan desain. Selain itu tujuan lainnya ialah menguji keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Dorothy dan Melvyn. Model pengembangan 4D tersebut terdiri atas empat tahap pengembangan.Pertama tahap penetapan yang terdiri atas tiga kegiatan yaitu telaah kurikulum telaah pembelajaran dan telaah sumber belajar. Kedua tahap perancangan yang terdiri atas tiga kegiatan yaitu mengumpulkan materi merancang bahan ajar dan menyusun bahan ajar. Ketiga tahap pengembanganyang terdiri atas lima kegiatan yaitu uji ahli revisi uji lapangan uji keefektifan produk dan penyempurnaan produk. Keempat tahap penyebarluasan merupakan pencetakan bahan ajar.Pencetakan bahan ajar hanya terkait dengan kepentingan laporan penelitian dan pengembangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini ialah bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter.Bahan ajar menulis naskah drama anak-anak ini terdiri atas lima unit. Pertama unit 1 anak-anak dan naskah drama. Kedua unit 2 ide tema dan amanat dalam penulisan naskah drama anak-anak. Ketiga unit 3 tokoh dan perwatakan dalam penulisan naskah drama anak-anak. Keempat unit 4 latar dan alur dalam penulisan naskah drama anak-anak.Kelima unit 5 menulis naskah drama anak-anak.Penyusunan kelima unit tersebut didaptasi dari lima langkah menulis naskah drama yang ditulis oleh Pratiwi dan Siswiyanti. Hasil uji produk diperoleh dari tiga orang ahli dan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar menulis naskah drama anak-anak cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan karena memperoleh persentase 80%. Uji produk mengacu pada empat aspek. Pertama kelayakan isi bahan ajar diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak ahli menulis naskah drama anak-anak dan mahasiswa. Kelayakan isi bahan ajar yang diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak memperoleh 83% sehingga dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Kelayakan isi bahan ajar yang diperoleh dari ahli penulisan naskah drama anak-anak memperoleh persentase 88% sehingga dikatakan valid dan layak diimplementasikan. Kelayakan isi bahan ajar yang diperoleh dari mahasiswa memperoleh persentase kelayakan 77% sehingga dapat dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Kedua kelayakan penyajian bahan ajar diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak dan mahasiswa. Kelayakan penyajian yang diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak memperoleh persentase kelayakan 87% sehingga dikatakan valid dan layak untuk diimplementasikan. Kelayakan penyajian bahan ajar yang diperoleh dari mahasiswa memperoleh persentase 80% sehingga dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Ketiga kelayakan kebahasaan bahan ajar diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak dan mahasiswa. Kelayakan kebahasaan bahan ajar yang diperoleh dari ahli pembelajaran menulis naskah drama anak-anak memperoleh persentase 75% sehingga dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Kelayakan kebahasaan yang diperoleh dari mahasiswa memperoleh persentase kelayakan 77% sehingga dapat dikatakan cukup valid dan cukup layak digunakan. Keempat kelayakan penyajian bahan ajar diperoleh dari ahli desain bahan ajar dan mahasiswa. Kelayakan desain bahan ajar yang diperoleh dari ahli desain bahan ajar memperoleh persentase 82% sehingga dapat dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Kelayakan desain yang diperoleh dari mahasiswa memperoleh rata-rata kelayakan 80% sehingga dapat dikatakan cukup valid dan cukup layak untuk diimplementasikan. Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter dilakukan analisis uji beda. Uji beda dilakukan dengan menggunakan uji t-sampel berpasangan. Dari hasil uji statistik uji beda kemampuan menulis naskah drama anak-anak sebelum dan sesudah perlakukan diketahui t -5 210 dengan taraf signifikansi p 0 000. Dari hasil tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara skor kemampuan menulis naskah drama anak-anak sebelum pemberian perlakuan dan sesudah pemberian perlakuan karena p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58141

Actions (login required)

View Item View Item