Tuturan direktif guru bahasa Indonesia liberal dan konservatif / Agus Purnomo Ahmad Putihkadyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Tuturan direktif guru bahasa Indonesia liberal dan konservatif / Agus Purnomo Ahmad Putihkadyanto

Putihadyanto, Agus Purnomo Ahmad (2017) Tuturan direktif guru bahasa Indonesia liberal dan konservatif / Agus Purnomo Ahmad Putihkadyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putikadyanto AgusPurnomo Ahmad. 2016. Tuturan Direktif Guru Bahasa Indonesia Liberal dan Konservatif. Tesis. Jurusan PendidikanBahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ibrahim (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci tuturandirektif guru bahasa Indonesia liberal guru bahasa Indonesia konservatif Penelitianinimengkajituturandirektif yang dikombinasikandenganteoriideologipendidikan yakniideologipendidikan liberal dankonservatif. Tujuanpenelitianiniadalah (1) mendeskripsikanfungsipenggunaantindakdirektif guru bahasa Indonesia konservatifdan liberal dalaminteraksipembelajaran di kelas (2) mendeskripsikanwujudpenggunaantindakdirektifpada guru bahasa Indonesia konservatifdan liberal dalaminteraksipembelajaran di kelas dan (3) mendeskripsikanstrategipenggunaantindakdirektif guru bahasa Indonesia liberal dankonservatifdalaminteraksi di kelas. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianetnografikelas.Lokasipenelitianiniadalah SMP N 3 Malang SMK Kartika IV-1 Malang SMKN 6 Malang dan MAN 1 Malang. Peneliti dipandu pedoman instrumen pengambilan data dan pedoman instrumen analisis data untuk menjaga keobjektifan dan keabsahan data dan hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia liberal dan konservatif sekolah yang menjadilokasipenelitian dalam interaksi pembelajaran di kelas. Data penelitian ini berupa rekaman tuturan direktif guru bahasa Indonesia liberal dan konservatif padasekolahtersebut beserta konteksnya dilihat dari fungsi bentuk dan strateginya.Teknikpengumpulan data penelitianinimenggunakanteknikwawancara observasi perekaman dancatatanlapangan. Pertama fungsituturdirektifperintahdanlaranganditemukandalampenelitianini baikpada guru berideologi liberal maupunkonservatif.Fungsiperintahdanlarangan guru bahasa Indonesia liberal mencerminkanpandanganbahwapembaruansosialperludanpentingdilakukan sedangkan guru bahasa Indonesia konservatifmencerminkanpandanganbahwaperlumeneruskanpola-polaperilakusosial yang sudahmapan. Kedua wujudtuturdirektifimperatif deklaratif daninterogatifditemukandalampenelitianini baikpada guru berideologi liberal maupunkonservatif.Variasiwujudimperatif deklaratif daninterogatifguru bahasa Indonesia liberal mencerminkanpandanganbahwapembaruansosialperludanpentingdilakukan sedangkan guru bahasa Indonesia konservatifmencerminkanpandanganbahwaperlumeneruskanpola-polaperilakusosial yang sudahmapan.Ketiga strategilangsungdantidaklangsungditemukandalampenelitianini baikpada guru berideologi liberal maupunkonservatif.Variasistrategilangsungdantidaklangsungguru bahasa Indonesia liberal mencerminkanpandanganbahwapembaruansosialperludanpentingdilakukan sedangkan guru bahasa Indonesia konservatifmencerminkanpandanganbahwaperlumeneruskanpola-polaperilakusosial yang sudahmapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58139

Actions (login required)

View Item View Item