Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa SMA kelas X / Helmi Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa SMA kelas X / Helmi Wicaksono

Wicaksono, Helmi (2017) Pengembangan media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa SMA kelas X / Helmi Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Helmi. 2016. Media Permainan Imajinasi untuk Pembelajaran Menulis Puisi. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata kunci media permainan imajinasi pembelajaran menulis puisi. Pembelajaran menulis puisi di sekolah menengah atas penting dilakukan karena merupakan bentuk tindak lanjut dari proses pengembangan keterampilan menulis puisi di sekolah menengah pertama. Guru yang mempunyai peran penting dalam pembelajaran menulis puisi harus menciptakan suasana yang menyenangkan dan inovatif. Selain itu guru juga harus kreatif memanfaatkan media pembelajaran supaya siswa tidak bosan. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 3 Malang ditemukan bahwa pola pembelajaran menulis puisi yang diterapkan oleh guru berorientasi pada kegiatan ceramah dan penugasan. Guru mengandalkan buku pemerintah dengan memberikan materi dan siswa langsung menulis puisi. Selain itu guru juga tidak menjelaskan langkah-langkah menulis puisi secara jelas yang membuat siswa masih sulit untuk menulis puisi. Kesulitan siswa adalah mengembangkan ide dan menerapkan ide ke dalam larik-larik puisi. Tujuan umum penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan produk media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi yang dilengkapi buku panduan mengajar dan lembar kerja siswa atau LKPI (lembar kerja pelaku imajinasi). Tujuan khusus penelitian dan pengembangan adalah (1) menghasilkan produk akhir media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi yang memenuhi kualifikasi kelayakan (a) aspek kemenarikan tampilan (b) kesistematisan isi (c) bahasa komunikatif dan (d) kesesuaian dengan teori menulis puisi kebutuhan siswa SMA dan tujuan pembelajaran menulis puisi dan (2) mendeskripsikan hasil uji keefektifan produk media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi. Model penelitian dan pengembangan produk media permainan imajinasi diambil dari Borg Gall dengan modifikasi yang terdiri atas (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan produk (3) pengembangan draf produk (4) uji coba validasi (5) revisi draf produk (6) uji coba lapangan dan (7) revisi draf produk akhir. Data penelitian dan pengembangan ini berupa data verbal dan data nonverbal. Data verbal dibedakan menjadi data tulis dan data lisan. Data verbal tulis berupa saran perbaikan yang ditulis oleh subjek coba pada lembar penilaian. Data verbal lisan berupa informasi lisan yang diperoleh ketika berwawancara dengan subjek coba praktisi (guru) dan siswa. Data nonverbal berupa data numerik atau skor yang ditulis oleh subjek coba. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan empat instrumen yaitu panduan wawancara guru panduan wawancara siswa lembar angket uji ahli media pembelajaran sastra dan lembar angket uji ahli pembelajaran sastra. Analisis data hasil uji coba dilakukan dengan cara (a) mengumpulkan data verbal dan nonverbal yang diperoleh dari angket penilaian (b) mentranskrip data verbal lisan menjadi data tertulis (c) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis dan verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (d) menganalisis data serta merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan dan sebagai pertimbangan harus direvisi atau diimplementasi. Produk media permainan imajinasi dikembangkan dengan Microsoft Power Point berjudul Taman Wisata Imajinasi yang dilengkapi buku panduan mengajar dan LKPI (lembar kerja pelaku imajinasi). Berdasarkan model penelitian dan pengembangan di atas terdapat dua hasil uji coba yaitu hasil uji validasi dan uji lapangan. Hasil uji validasi dengan ahli media pembelajaran menunjukkan skor rata-rata kelayakan 78% (kategori layak) dan ahli pembelajaran sastra menunjukkan skor rata-rata kelayakan 94 4% (kategori sangat layak). Hasil uji lapangan dengan praktisi (guru bahasa Indonesia) menunjukkan skor rata-rata kelayakan 94 7% (kategori sangat layak) dan siswa menunjukkan skor rata-rata kelayakan 97 3% (kategori sangat layak). Revisi produk berkaitan dengan empat aspek. Pertama aspek kemenarikan tampilan direvisi berupa pengubahan ukuran huruf penambahan logo pembuka dan penggantian gambar dalam media. Kedua aspek kesistematisan isi direvisi berupa penambahan video dalam media dan peletakan rubrik penilian pada LKPI 5. Ketiga aspek bahasa kekomunikatifan direvisi berupa penambahan pembuka imajinasi secara online penyederhanaan instruksi dan penambahan kalimat motivasi dalam media. Keempat aspek kesesuaian dengan teori menulis puisi kebutuhan siswa SMA dan tujuan pembelajaran direvisi berupa penambahan instruksi pengurangan redaksional judul contoh implementasi menjadi implementasi dan penambahan implementasi dari keseluruhan pembuka imajinasi dalam LKPI. Hasil uji efektivitas media permainan imajinasi didasarkan pada uji-t pascates kelas ekperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung -8.010 dengan koefisien beda -10.607 dan berada pada taraf signifikansi 0.000. Oleh karena Sig. kurang dari 0.01 (0.000 0.01) maka terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu juga dilakukan analisis uji beda yang menunjukkan hasil prates pada thitung kelas eksperimen -11.671 dan taraf signifikansi 0.000 dan thitung kelas kontrol -3.461 dan taraf signifikansi 0.000. Hasil pascates pada thitung kelas eksperimen -11.671 dan taraf signifikansi 0.000 dan thitung kelas kontrol -3.461 dan taraf signifikansi 0.000. Hasil pengujian ini tampak bahwa hipotesis Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi ditolak dan Ha yang menyatakan bahwa adanya pengaruh media permainan imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan bisa disimpulkan bahwa media permainan imajinasi dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menulis puisi untuk siswa SMA kelas X. Berkaitan dengan hal tersebut diberikan saran penggunaan sebagai berikut. Pertama meskipun penulisan media permainan imajinasi buku panduan mengajar dan LKPI dirancang untuk siswa SMA kelas X tetapi dalam penerapannya guru dapat menggunakan produk di semua jenjang pendidikan dengan penyesuaian pada kekompleksitasan teori target dan evaluasi. Kedua guru sebagai fasilitator dapat menerapkan media permainan imajinasi dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif seperti penggunaan media pendukung pemanfaatan lingkungan sekolah dan penataan bangku kelas yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58137

Actions (login required)

View Item View Item