Pengaruh strategi PQ4R berbantuan peta konsep dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Prasetyo Adi Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi PQ4R berbantuan peta konsep dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Prasetyo Adi Wibowo

Wibowo, Prasetyo Adi (2017) Pengaruh strategi PQ4R berbantuan peta konsep dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang / Prasetyo Adi Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Prasetyo Adi. 2016. Pengaruh Strategi PQ4R Berbantuan Peta Konsep dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M. Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M. Pd. Kata Kunci membaca pemahaman teks cerita pendek PQ4R peta konsep gaya kognitif. Pembelajaran memahami teks cerpen diajarkan pada jenjang SMP kelas VII. Pada pembelajaranmemahami teks cerpen kualitas kegiatan membaca sangat memengaruhi pemahaman siswa terhadap teks cerpen. Untuk mendukung proses tersebut guru harus mengarahkan kegiatan membaca siswa kepada jenis kegiatan membaca pemahaman. Aspek esensial membaca pemahaman menurutTaksonomi Barret terdiri dari 5 aspek yaitu pemahaman literal pemahaman reorganisasi pemahaman inferensial pemahaman evaluasi dan pemahaman apresiasi. Pada pembelajaranteks cerpen 5 aspek tersebut diarahkan pada unsur intrinsik yang terkandung dalam teks cerpen. Strategi PQ4R berbantuan peta konsep dapat membantu siswa dalam memahami teks cerpen. Selain itu gaya kognitif yang dimiliki siswadianggap sebagai salah satu faktor internal yang memengaruhi kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pengaruh strategi PQ4R berbantuan peta konsep terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang (2) bagaimana pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang dan (3) bagaimana pengaruhinteraksi antara strategi PQ4R berbantuan peta konsep dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan ialah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016 sejumlah 288 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 7 dengan jumlah siswa 30 (kelompok kontrol) dan kelas VII 8 dengan jumlah siswa 30 (kelompok eksperimen). Sampel penelitian diperoleh melalui teknikpurposive sampling dengan pertimbangan kedua kelas yang dipilih memiliki kemampuan akademik yang setara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan membaca pemahaman teks cerpen (prates dan pascates) dan soal tes GEFT. Uji instrumen tes kemampuan membaca pemahaman teks cerpen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Validitas instrumen dilihat dari tiga aspek yaitu validitas isi validitas konstruk dan validitas empiris.Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap awal tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan menggunakan teknikRyan-Joinerdengan bantuan program komputer Minitab 17. Uji homogenitas dilakukandengan bantuan program komputer SPSS 20 dengan tujuan untuk mengetahui varian yang terdapat pada kelompok penelitian. Uji statistik yang digunakan untuk uji hipotesis adalah teknik Anava dua jalur. Hasil analisispada kelompok strategi pembelajaran menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor pascates kemampuan membaca pemahaman teks cerpen antara siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R berbantuan peta konsep dan siswa yang diajar menggunakan strategi konvensional. Hasil uji Anava pada kelompok strategi pembelajaran diketahui nilai Fhitung17 902 dengan signifikansi sebesar 0 000 (p 0 05). Oleh karena itu disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi tetapi tidak signifikan antara strategi PQ4Rberbantuan peta konsep dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58135

Actions (login required)

View Item View Item