Pengembangan strategi leadership pembelajaran membaca permulaan untuk siswa kelas I SN Lowayu / Machrus Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi leadership pembelajaran membaca permulaan untuk siswa kelas I SN Lowayu / Machrus Abadi

Abadi, Machrus (2017) Pengembangan strategi leadership pembelajaran membaca permulaan untuk siswa kelas I SN Lowayu / Machrus Abadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abadi Machrus. 2016. Pengembangan Strategi Leadership Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd dan (2) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci Pengembangan strategi leadership membaca permulaan. Pembelajaran membaca di kelas I dan II SD merupakan pembelajaran membaca permulaan yang bertujuan untuk meningkatkan membaca teknik yang terbatas pada kewajaran lafal dan intonasi siswa. Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan adalah strategi pembelajaran yang mengunakan gaya kepemimpinan dikembangkan dengan pendekatan konstruktivis yang menggabungkan kooperatif learning dan kontekstual dalam pengajarannya.Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan menggabungkan pembelajaran kelompok kecil dan modeling. Tujuan penelitian menghasilkan produk berupa strategi leadership sebagai variasi baru strategi pembelajaran membaca permulaan yang dikemas dalam sebuah panduan pelaksanaan strategi. Yaitu mengembangkan konsep strategi leadership langkah-langkah kesesuaian strategi leadership dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa kelas I SD. Strategi disusun dan dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan pengembangan Borg dan Gall (1989 783-795). Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) mengembangkan draf produk (4) uji coba lapangan tahap awal (5) Revisi hasil uji coba lapangan awal (6) uji coba lapangan terbatas (7) revisi uji coba terbatas (8) uji coba lapangan luas (9) revisi penyempurnaan produk (10) penyebar luasan produk. Hasil uji validasi antara lain (a) ahli keterampilan membaca menyarankan untuk menindak lanjuti strategi leadership menjadi strategi acuan dalam pembelajaran membaca (b) ahli pembelajaran menyarankan untuk memperinci kegiatan lanjutan dalam strategi leadership dan (c) praktisi menyarankan strategi leadership untuk bisa dikembangkan menjadi strategi pembelajaran membaca lanjutan. Hasil uji validasi digunakan sebagai dasar tindakan revisi sebelum pelaksanaan uji lapangan. Pengembangan strategi leadership pembelajaran membaca permulaan menunjukkan kesesuaian dengan asumsi penelitian yakni strategi leadership dapat membantu kualitas pembelajaran membaca permulaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil angket uji kelayakan siswa di lapangan. Hasil uji kelayakan siswa di lapangan dengan jumlah 20 siswa kelas I SDN Lowayu dengan skor persentase sebesar 98%. Uji kelayakan produk berhasil jika produk pada skor antara 85%-100%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58134

Actions (login required)

View Item View Item