Pratama, Pandu Meidian (2016) Tuturan memuji oleh guru perempuan dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia / Pandu Meidian Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratama Pandu Meidian. 2016. Tuturan Memuji oleh Guru Perempuan dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd Kata kunci tuturan memuji guru perempuan interaksi pembelajaran bahasa Indonesia. Bahasa adalah alat komunikasi yang dimanfaatkan manusia untuk berinteraksi. Melalui interaksi bahasa manusia mengungkapkan kepribadian buah pikiran maksud keinginan perasaan dan juga jati diri dalam hal ini bahasa dipandang sebagai alat komunikasi. Sebagai alat komunikasi yang bermakna bahasa berperan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah menuntut siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan oleh pendidik. Guru memiliki berbagai cara untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan salah satunya dengan memberikan reward kepada para peserta didik. Bentuk reward yang mudah ditemukan dalam interaksi pembelajaran adalah motivasi dalam bentuk memuji peserta didik yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku dan cara belajar siswa yang menyangkut ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Penelitian ini secara secara umum bertujuan mendeskripsikan tuturan memuji yang dilakukan oleh guru perempuan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Malang. Tujuan umum penelitian tersebut secara rinci disajikan dalam tiga subtujuan yaitu mendeskripsikan (1) wujud tuturan memuji yang dituturkan guru perempuan kepada siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Malang (2) fungsi tuturan memuji yang dituturkan guru perempuan kepada siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Malang dan (3) modus tuturan memuji yang dituturkan guru perempuan kepada siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan orientasi teorisisnya penelitian dilakukan dengan kajian sosiopragmatik. Data bersumber dari tindak tutur perempuan yang berprofesi sebagai guru SMKN 6 Malang yang diperoleh dari interaksi yang bersifat resmi atau formal. Sumber data diambil dari empat orang guru perempuan yang berinteraksi di dalam kelas. Data dikumpulkan dengan teknik perekaman observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian secara ringkas dipaparkan sebagai berikut. Pertama terdapat dua jenis wujud tuturan memuji oleh guru perempuan yaitu (1) tuturan memuji langsung dan (2) tuturan memuji tak langsung. Pada bagian wujud tuturan memuji langsung dikelompokkan menjadi dua yaitu wujud tuturan memuji langsung imperatif dan wujud tuturan memuji langsung interogatif. Kedua fungsi tuturan memuji oleh guru perempuan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Malang ditemukan empat fungsi tuturan memuji yaitu (1) fungsi memuji untuk menghaluskan perintah (2) fungsi memuji untuk menghaluskan teguran (3) fungsi memuji untuk memberikan penguatan dan (4) fungsi memuji untuk penerimaan siswa. Ketiga modus tuturan memuji oleh guru perempuan diintegrasikan dengan tindak tutur literal dan tak literal menghasilkan (1) tindak tutur langsung literal (2) tindak tutur tak langsung literal (3) tindak tutur langsung tak literal dan (4) tindak tutur tak langsung tak literal. Hasil penelitian ini secara teoretis dan praktis memberikan manfaat yaitu (1) bagi guru disarankan agar memberikan bentuk apresiasi kepada siswa dalam bentuk tuturan memuji. Tuturan memuji merupakan bagian dari strategi pengajaran dan dapat memudahkan guru dalam mencapai kompetensi yang diharapkan (2) pemanfaatan wujud tuturan memuji dalam interaksi pembelajaran Hal ini dapat dilakukan oleh guru untuk menghindari kata-kata yang kasar dan menghaluskan tuturan saat memberikan perintah atau mengkritik siswa (3) fungsi tuturan memuji dalam interaksi pembelajaran dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan guru misalnya untuk tindak menyarankan (4) pemanfaatan modus tuturan memuji sebagai cara penyampaian maksud atau isi hati atau pikiran guru dalam interaksi pembelajaran dapat digunakan sebagai praktik penyelamatan muka positif bagi mitra tutur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |