Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis cinta lingkungan dengan strategi permodelan untuk siswa kelas VII SMP / Fendy Yogha Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis cinta lingkungan dengan strategi permodelan untuk siswa kelas VII SMP / Fendy Yogha Pratama

Pratama, Fendy Yogha (2016) Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis cinta lingkungan dengan strategi permodelan untuk siswa kelas VII SMP / Fendy Yogha Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Fendy Yogha. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Berbasis Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci bahan ajar teks eksposisi muatan cinta lingkungan strategi pemodelan. Sebagai salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahan ajar tidak hanyadigunakan untuk membantusiswa memahami materi melainkan dapat pula menjadi wadah pembentukan karakter. Dalam konteks ini bahan ajar untuk menulis teks ekposisi tidak hanya berisi materi untuk menulis secara teknis tetapi juga harus berisikan nilai-nilai pembentuk karakter. Hal ini harus dilakukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berhati baik berpikiran baik dan berperilaku baik (Depdiknas 2011 7). Salah satu nilai pembentuk karakter dalam kurikulum 2013 adalah peduli terhadap lingkungan. Dengan adanya karakter ini siswa diharapkan dapat lebih pekadanikut berpartisipasi secara aktif dengan cara mengurangi berbagai aktivitas yang dapat merusak lingkungan serta memberikan solusi alternatif pemecahan masalah lingkungan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis cinta lingkungan yang layak dari segi isi penyajian bahasa dan kegrafikaan. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri atas dua bab yang berfokus untuk menuntun siswa menulis teks eksposisi secara bertahap sekaligus memberikan pengetahuan tentang lingkungan kepada siswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Four-D Modeldari Thiagarajan Dorothy dan Melvyn. Model pengembangan ono terdiri atas 4 tahap yaitu penetapan perancangan pengembangan dan penyebaranluasan.Model 4D dipilih karena memiliki langkah-langkah yang sistematis untuk mengembangkan perangkat pengajaran. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan layak untuk diimplementasikan. Hasil validasi ahli bahan ajar menunjukkan nilai sebesar 91% (sangat layak). Nilai persentase hasil validasi ahli pembelajaran menulis adalah 79% (layak). Hasil validasi ahli desain menunjukkan nilai sebesar 73% (cukup layak). Sementara itu hasil validasi guru mata pelajaran serta hasil penilaian siswa secara berurutan menunjukkan nilai sebesar 86% (sangat layak) dan 89% (sangat layak). Setelah bahan ajar diimplementasikan terdapat perbedaan nilai antara pretes dan postes. Hasil pretes memiliki rata-tata sebesar 77 26 sedangkan hasil postes memiliki rata-rata sebesar 84 35. Nilai t menunjukkan nilai rata-rata postes lebih besar dari nilai rata-rata prates dengan koefisien perbedaan sebesar 14 876. Nilai P diketahui sebesar 0 000. Nilai ini lebih kecil daripada 0 05. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah diberikan bahan ajar. Dari kajian produk yang telah direvisi terdapat kelebihan dan kekurangan dari bahan ajar ini. Ditinjau dari aspek isi bahan ajar ini memiliki latihan yang lengkap yang menuntun siswa untuk menulis teks tahap demi tahap sesuai struktur teks eksposisi.Ditinjau dari aspek bahasa bahan ajar ini disajikan dengan memperhatikanperkembangan kognitif siswa SMP. Melalui teks-teks ini siswa digiring untuk dapat berpikir secara abstrak tentang dampak yang mungkin ditimbulkan dari adanya perusakan lingkungan sekaligus membuat alternatif pemecahan masalah. Ditinjau dari aspek penyajian setiap tugas dalam bahan ajar ini selalu disertai contoh pengerjaannya. Sementara itu ditinjau dari aspek kegrafikaan bahan ajar ini memiliki beragam ilustrasi pendukung penuh warna guna meningkatkan minat siswa. Sebagai produk yang berisikan informasi penting terkait kepedulian terhadap lingkungan bahan ajar ini tidak dapat merangkum semua informasi baik itu tentang aktivitas perusakan lingkungan dampak yang ditimbulkan maupun upaya penanggulangannya. Untuk itu pengembangan produk lebih lanjut harus lebih memerhatikan variasi informasi untuk dicantumkan dalam bahan ajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58128

Actions (login required)

View Item View Item