Kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Reni Ike Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Reni Ike Sulistyowati

Sulistyowati, Reni Ike (2016) Kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen / Reni Ike Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyowati Reni Ike. 2016. Kearifan Lokal dalam Kumpulan Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen.Tesis.Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Prof. Dr. Dawud M.Pd. Kata kunci Kearifan lokal Penyampaian kearifan lokal Motif kearifan lokal Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra yang populer sekaligus merupakan cerminan dari sosial budaya suatu masyarakat memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting dalam masyarakat pendukungnya karena banyak memuat nilai-nilai luhur. Penanaman nilai-nilai luhur membentuk watak serta peradaban masyarakat yang bermartabat sebagai bekal dalam memahami diri sosial dan persoalan-persoalan kehidupan lain. Cerpen yang diproduksi oleh siswa memuat beragam kearifan lokal yang sarat nilai luhur.Nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan menjadi acuan dalam bertingkah laku sehari-hari masyarakat setempat mampu dihadirkan siswa dalam alur cerita yang unik dan menarik.Kearifan lokal memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan sebuah masyarakat yang ditandai dengan adanya keluhuran budi dalam individu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa dan bagaimanakah teknik penyampaian kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data penelitianberupa paparan kebahasaan tertulis dalam cerpen siswa yaitu paparan naratif dan kalimat percakapan (dialog) yang menggambarkan adanya kearifan lokal.Data juga berupa hasil angket dan transkrip wawancara untuk mengungkapmotif siswa menyampaikan kearifan lokal dalam cerpennya.Sumber data berupa kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen serta dari responden yaitu siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci dan tabel penjaring data serta angket dan wawancara.Analisis data penelitian ini meliputi kodifikasi mendeskripsikan makna teks menyimpulkan data dan melakukan interpretasi kesimpulan hasil temuan. Penelitian ini menghasilkan dua temuan berikut.Pertama kearifan lokal yang terdapat dalam kumpulan cerpen siswa SMAN 1 Kepanjen adalah (1) laku masyarakat Jawa (2) pantangan dan kewajiban masyarakat Jawa (3) ritual dan tradisi masyarakat Jawa (4) lagu-lagu rakyat Jawa (5) mitos masyarakat Jawa (6) makanan tradisional masyarakat Jawa (7) informasi dan pengetahuan dari sesepuh dan pemimpin spiritual masyarakat Jawa (8) cara-cara komunitas lokal masyarakat Jawa dalam memenuhi kehidupannya sehari-hari (9) seni pertunjukkan masyarakat Jawa dan (10) permainan tradisional masyarakat Jawa.Motif yang melandasi siswa dalam menyampaikan kearifan lokal yaitu yaitu (1) revitalisasai pengembangan pendidikan (2) keberlanjutan (3) kesenangan (4) patriotisme (5) keberagaman (6) pariwisata (7) identitas (8) meningkatkan kualitas hidup (9) keuntungan dan (10) pengembangan. Kedua teknik penyampaian kearifan lokal dalam kumpulan cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Dari bentuk penyampaian kearifan lokal secara langsung dan tidak langsung masing-masing tergambar dalam tiga bentuk penyampaian yaitu (1) penyampaian kearifan lokal melalui dialog (2) penyampaian kearifan lokal melalui tokoh dan (3) penyampaian kearifan lokal melalui deskripsi pengarang. Berdasarkan hasil penelitian kearifan lokal dalam kumpulan cerpen karya siswa SMA Negeri 1 Kepanjen ada beberapa saran.Pertamabagi pendidik penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra berbasis kearifan lokal.Kedua bagi peserta didik penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan peserta didik terkait dengan budaya lokal masing-masing.Ketiga bagi peneliti selanjutnya penelitian ini masih terbatas pada kearifan lokal dan teknik penyampaian kearifan lokal dalam cerpen.Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk lebih fokus meneliti aspek-aspek lain berkaitan dengan kearifan lokal dalam karya sastra yang diproduksi oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58127

Actions (login required)

View Item View Item