Piranti estetika dan nilai pendidikan Singir Mitera sejati dan Ngudi Susila karya Kiai Bisri Musthofa / Moh. Ahsan Shohifur Rizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Piranti estetika dan nilai pendidikan Singir Mitera sejati dan Ngudi Susila karya Kiai Bisri Musthofa / Moh. Ahsan Shohifur Rizal

Rizal, Moh. Ahsan Shohifur (2016) Piranti estetika dan nilai pendidikan Singir Mitera sejati dan Ngudi Susila karya Kiai Bisri Musthofa / Moh. Ahsan Shohifur Rizal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizal Moh. Ahsan Shohifur. 2015. Piranti Estetika dan Nilai Pendidikan Naskah Singir Mitera Sejati dan Ngudi Susila Karya Kiai Bisri Musthofa. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Wahyudi Siswanto M.Pd (2) Dr. Sunoto M.Pd. Kata kunci singir estetika dan pendidikan Abstrak Singir Mitera Sejati dan Ngudi Susila merupakan karya sastra yang berbentuk nadhom dengan puitika mengikuti kaidah ilmu arudl. Sehingga terdapat nilai estetika dan pendidikan. Singir dapat dijadikan sebagai media edukasi dan sumber belajar. Singir menyimpan nilai adhiluhung. Khususnya di dalam pembelajaran sastra di sekolah maupun pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai estetika dan pendidikan. Secara substansial penelitian ini mengambarkan mengenai tiga hal pokok yakni (1) piranti estetika yang mencakup (a) estetika bentuk dan (b) estetika isi. (2) nilai pendidikan (a) nilai terkait hubungan manusia dengan tuhan (b) hubungan manusia dengan manusia (c) hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan (d) hubungan manusia dengan lingkungan atau alam. Penelitian ini menggunakan rancangan hubungan penelitian kualitatif dengan metode hermeneutika yakni studi pemahaman khususnya tugas pemahaman teks. Kajian hermeneutik berkembang sebagai sebuah usaha untuk menggambarkan pemahaman teks lebih spesifik pemahaman historis dan humanistik. Dengan demikian hermeneutik mencakup dalam dua fokus perhatian yang berbeda dan saling berinteraksi yakni (1) peristiwa pemahaman teks (2) persoalan yang mengarah mengenai apa pemahaman interpretasi. (Palmer 1969 8). Hasil analisis menunjukkan temuan piranti estetika dan nilai pendidikan singir Mitera Sejati dan Ngudi Susila. Piranti estetika meliputi estetika bentuk dan etsteika isi. Nilai Pendidikan dalam naskah Mitera Sejati dan Ngudi Susila karya Kiai Bisri Musthofa yakni nilai pendidikan terkait hubungan manusia dengan Tuhan hubungan manusia dengan manusia manusia dengan dirinya sendiri dan manusia dengan lingkungan atau alam. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dalam singir Mitera Sejati dan Ngudi Susila terdapat piranti estetika dan nilai pendidikan. Nilai yang terdapat pada kedua singir tidak sekedar memberikan piranti estetis tetapi mengajarkan sekaligus himbauan agar manusia mengimplementasikan nilai-nilai adiluhung untuk konteks sosial agama bangsa maupun bernegara. Aspek estetis sastra yang tersampaikan di dalam singir mitera sejati dan ngudi susila syarat dengan ilmu bahasa arab yang terpadu dalam terminologi Jawa. Kaidah-kaidah yang digunakan dalam ilmu arudl ternyata dapat direlevansikan dengan singir yang berbahasa jawa ditulis dengan menggunakan hurup pegon. Selain itu Istilah keislaman dan kepesantrenan secara eksplisit digunakan penulis guna menyelaraskan piranti estetika dan nilai penddikan di dalam kedua singir tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58126

Actions (login required)

View Item View Item