Perkembangan buku pintar elektronik teks eksposisi bagi siswa SMP kelas VII / Heri Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan buku pintar elektronik teks eksposisi bagi siswa SMP kelas VII / Heri Susanto

Susanto, Heri (2016) Perkembangan buku pintar elektronik teks eksposisi bagi siswa SMP kelas VII / Heri Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto H.. 2016. Pengembangan Buku Pintar Elektronik Teks Eksposisi bagi Siswa SMP Kelas VII. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata kunci buku pintar elektronik teks eksposisi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan salah satu manifestasi pengembangan bahan ajar teks eksposisi dengan perangkat lunak berdasarkan perumusan kebutuhan pengguna. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar elektronikuntuk teks eksposisi dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran yang memenuhi kelayakan dari aspek isi penyajian desain grafika dan bahasa dan (2) mendeskripsikan keefektifan produk. Dalam upaya mencapai tujuan itu pengembangan produk menggunakan model prosedural yang diadaptasi dari produksi paket multimedia yang dikemukakan Ghislandi (1996 222). Relevansi model tersebut dengan produk terletak pada aspek isi dan tahap pengembangan. Prosedur produksi paket multimedia yaitu (1) perumusan kebutuhan pengguna (2) perancangan (3) penyiapan data (4) penulisan (authoring) (5) integrasi sistem dan evaluasi (6) pra-master dan (7) master.Kelemahan model tersebut terletak pada ketiadaan uji keefektifan terhadap produk sehingga pelaksanaannya merupakan keputusan peneliti.Uji produk terdiri dari uji validasi dan uji lapangan. Uji keefektifan produk merupakan bagian dari uji lapangan dengan desain praeksperimen. Desain uji produk menggunakan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. Data yang berupa skor kuesioner atau numerik dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif yang diwujudkan dalam penyajian data dalam tabel dan penghitungan persentase. Data prates dan pascates siswa dianalisis dengan uji t berpasangan menggunakan SPSS 17 for Windows. Data yang berupa uraian atau verbal dianalisis dengan analisis deskriptif atau analisis isi. Produk yang dihasilkan yaitu BPE dan Petunjuk BPE. Hasil uji validasi aspek isi menghasilkan persentase sebesar 79 84% untuk BPE dan 84 82% untuk Petunjuk BPE aspek penyajian sebesar 80 83%untuk BPE dan 90 00% untuk Petunjuk BPE aspek grafika sebesar 83 13% untuk BPE dan 86 00% untuk Petunjuk BPE dan aspek bahasa sebesar 82 81% untuk BPE dan 87 50% untuk Petunjuk BPE.Perolehan persentase rata-rata total 81 65% untuk BPE dan 87 08% untuk Petunjuk BPE. Dengan hasil itu BPEberkualifikasi layak dan Petunjuk BPEberkualifikasi sangat layak sehingga keduanya dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Namun berdasarkan rekomendasi dari uji validasi beberapa aspek perlu direvisi demi kesempurnaan produk. Uji lapangan aspek isi menghasilkan persentase sebesar 85 65% untuk BPE dan 84 09% untuk Petunjuk BPE aspek bahasa sebesar 82 44% untuk BPE dan 88 89% untuk Petunjuk BPE aspek grafika sebesar 84 70% untuk BPE dan 82 14% untuk Petunjuk BPE aspek pemanfaatan sebesar 84 69% untuk BPE dan 81 25% untuk Petunjuk BPE dan aspek kemudahan sebesar 86 31% untuk BPE dan 85 00% untuk Petunjuk BPE. Perolehan persentase rata-rata total 83 97% untuk BPE dan 84 72% untuk Petunjuk BPE. Dengan hasil itu BPE dan Petunjuk BPEberkualifikasi layak. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji lapangan disimpulkan bahwa BPE dan Petunjuk BPE berkualifikasi kelayakan yang komprehensif karena telah melalui berbagai uji dengan standar dan metode yang terukur. Selain itu juga memenuhi kriteria bahan ajar sesuai perumusan kebutuhan pengguna. Dengan kata lain BPE dan Petunjuk BPE dapat digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Hasil pengujian statistik terhadap prates-pascates kelas VIIA SMP Negeri 2 Sidoharjo diperoleh nilai t-hitung sebesar -5 647 dengan nilai probabilitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58124

Actions (login required)

View Item View Item