Shalih, Anang (2016) Relevansi muatan karakter yang terepresentasi dalam novel Ayah karya Andrea Hirata dengan sikap sosial siswa dalam kurikulum 2013 / Anang Shalih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Shalih Anang. 2016. RelevansiMuatanKarakteryang TerepresentasidalamNovel Ayah Karya Andrea Hirata denganSikapSosialSiswadalamKurikulum 2013.Tesis.JurusanPendidikanBahasa Indonesia Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Prof. Dr. HeriSuwignyo M.Pd. Kata kunci relevansi muatankarakter representasi novel sikapsosialsiswa Kurikulum2013. Arusmodernisasitelahbanyakmemberikanperubahandalamtatanankehidupanmasyarakat.Modernisasisepertiduakepingsisimatauang.Di satusisimemberidampakpositifdengansemakinmudahdibukanyaaksesinformasisecaraluas sehinggamemudahkandalammencaripengetahuanbarudanpadamuaranyameningkatkansumberdayamanusia. Di sisilainjugabanyakinformasinegatif yang mudahdiakses di duniamaya namun yang menyedihkansaatiniadalahperubahanakibatarusmodernisasi yang cenderungmengarahpadakrisis moral danakhlak. Jalurpendidikandiharapkanbisadijadikansebagaisatu-satunyauntukmengatasipermasalahantersebut.Pendidikandipandangmampuuntukmembentukmanusiaseutuhnya salahsatunyalewat medium karyasastra.Di dalamkaryasastranilai-nilaikaraktermerupakansesuatu yangingindisampaikanolehseorangpengarangkepadapembacanya.Nilaikebenaran kepedulian dankemandirianadalahbeberapanilai yang cobadiangkatdandidedahkankepadapembaca agar pembacamenikmati meresapi menghayatiserayamemaknaisendirikisah-kisah yang sudahiatuliskan. Penelitianinidilakukanuntukmendeskripsikanmuatankarakter yang terdapatpada novel Ayahkarya Andrea Hirata sertarelevansinyadengansikapsosialsiswadalamKurikulum2013. Muatankarakter yang dimaksudadalahmuatankarakter yang kaitannyadengan (1) dirisendiriataudisebutdenganmuatankarakterindividu (2) sesamaataudisebutdenganmuatankaraktersosial serta (3) relevansimuatankarakterindividudansosialdengansikapsosialsiswadalamKurikulum2013. PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodeContent Analysis.Data penelitianberupapaparankebahasaantertulis yang mengandungpendidikankarakter berupapaparannaratifdankalimatpercakapan (dialog) yang menggambarkankarakter perbuatandansikaptokoh.Data diperolehdenganmembaca novel secarakritisuntukmenangkapmakna mengidentifikasi (memberitanda) danpengkodean data. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadalam novel Ayahkarya Andrea Hirata terdapatmuatankarakterdalamhubungannyadengan (1)dirisendiriatau individual (2) sesamaatausosial dan (3) relevansimuatankarakterindividualdansosialyang terepresentasidalam novel AyahdengansikapsosialsiswadalamKurikulum2013. Muatankarakterdalamhubungannyadengandirisendiriataumuatankarakter individual terwujuddalamsikap (1) kreatif (2) mandiri (3) sabar (4) rasa ingintahu (5) kerjakeras (6) jujur (7) disiplin (8) giatbelajar (9) gemarmembaca dan (10) tangguh. Muatankarakterdalamhubungannyadengansesamaataumuatankaraktersosialterwujuddalamsikap (1) peduli (2) santun (3) bersahabat/komunikatif (4) tanggungjawab (5) cintadamai (6) toleransi dan (7) relaberkorban.Muatankarakter individualdansosialyang terepresentasidalam novel Ayahsangatrelevandengansikapsiswa di kompetensiinti 2 (KI 2) dalamKurikulum2013yaitudalamranahsikapsosial. Hal tersebutbisadibuktikandenganketerkaitan yang kuatantaramuatankarakter individualdansosialdalam novel Ayah baikdengankompetensiinti 2 yaitusikapsosialsiswadalamKurikulum2013 maupundengancore value (nilaiinti) yaitujujur cerdas peduli tangguh danturunandarinilaiinti yang telahdikembangkanolehkementerianpendidikandankebudayaan. Daritemuan dapatdisimpulkanbahwamuatankarakter individualdansosial yang adadalam novel Ayahdapatdigunakansebagaimotivasidankajianbagipembacauntukbertindakdengansikap yang baik.Pembacajugaharusdapatmemilahbahwadalam novel Ayah jugaterdapatperilaku yang menunjukkansikap yang tidakbaikdantidaklayakdijadikanpanutan. Penanamansikap yang baiktidakdapatdilakukansecaracepat namunmembutuhkan proses panjang berkesinambungandansecarabertahap. Motivasidankesadarandiriuntukselaluberbuat yang baikdantidakmelanggarnormahidupmerupakandasar yang kuatuntukmembentukmanusiadengankarakter yang baik. Selainituperanan orang tuadalammemberikanketeladan di lingkungankeluargasertalingkunganpergaulan yang sehatjugaberperandalammembentukwarnakarakterdariseorangmanusia. Berdasarkanhasilpenelitian saran disampaikankepadapihakberikut.Pertama pembaca penelitianinidiharapkanakanmenjadireferensitentangmuatankarakterdalamkaryasastra memperluaswawasantentangnilaikehidupandanmemperkayajiwa. Kedua guru penelitianinidiharapkandapatmemberikansumbanganmengenaimuatankarakter individualdansosialdalam novel sertakegunaanyasebagai media dansumberbelajardalamkegiatanbelajarmengajarapresiasikaryasastrakhususnyadalammatapelajaranbahasadansastra Indonesia.Novel Ayahinijugabisadijadikansebagaibacaanwajib di sekolahkarenadidalamnyasaratdenganmuatankarakterpositif sehinggabisamenginspirasisiswa agar menjadilebihbaik. Ketiga penelitianselanjutnya diharapkandengankajianmuatankarakterindividudansosial yang terepresentasidalamnovel Ayahinidapatmenginspirasipenelitian yang sejenis misalnyaideologipengarangdalam novel Ayahataurelevansinarasi novel Ayah sebagaibahan ajar Kurikulum2013. Keempat bagipenyusunbahan ajar hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaibahanreferensimenyusunbahan ajar yang berbasismuatankarakterpedagogis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58122 |
Actions (login required)
View Item |