Kusumawati, Nike (2016) Pengembangan bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran bahasa indonesia SMP dengan media web offline / Nike Kusumawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kusumawati Nike. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan Media Web Offline. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata kunci bahan ajar teks eksplanasi web offline Setiap pembelajaran membutuhkan bahan ajar. Bahan ajar diperlukan dalam proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi mengubah karakter siswa menjadi manusia yang tidak dapat lepas dari teknologi. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan karakter siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memahami materi. Materi teks eksplanasi merupakan teks yang baru diajarkan pada kurikulum 2013 masih sedikit bahan ajar teks eksplanasi selain yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline. Produk ini dikembangkan melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) produksi (3) validasi dan (4) uji coba. Kegiatan perencanaan terdiri atas perencanaan isi dan sajian. Perencanaan isi terdiri atas enam tahap sebagai berikut (1) pengidentifikasian tujuan umum pembelajaran (2) penganalisisan pembelajaran (3) pengidentifikasian siswa (4) perumusan tujuan khusus pembelajaran (5) pengembangan butir-butir tes dan (6) penentuan strategi pembelajaran. Kegiatan perencanaan sajian terdiri atas (1) pengidentifikasian kebutuhan dan sajian bahan ajar (2) perumusan tujuan (3) perumusan peta web offline (4) penentuan perangkat lunak pengembang (5) pendesainan web offline dan (6) pengunggahan data. Kegiatan produksi melalui tiga tahap sebagai berikut (1) penyusunan KD (Kompetensi Dasar) dan KP (Kegiatan Pembelajaran) (2) penyusunan bahan ajar teks eksplanasi dan (3) penyusunan sajian bahan ajar teks eksplanasi dengan media web offline. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan kegiatan validasi dan uji coba. Kegiatan validasi materi dan bahasa Indonesia dan validasi media pembelajaran. Kegiatan uji coba adalah uji coba kelas. Bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline terdiri atas 4 KD. Keempat KD yang djabarkan dalam bahan ajar tersebut yaitu mengidentifikasi ciri teks eksplanasi menelaah struktur aspek kebahasaan dan isi teks eksplanasi meringkas isi teks eksplanasi dan menyajikan informasi dalam bentuk teks eksplanasi. Bahan ajar telah divalidasi oleh ahli materi dan bahasa Indonesia serta ahli media pembelajaran praktisi guru Bahasa Indonesia dan diujicobakan kepada siswa. Hasil dari validasi dan ujicoba menghasilkan produk bahan ajar kompetensi dasar mengidentifikasi ciri teks eksplanasi terdiri atas kegiatan menyimak teks eksplanasi menjelaskan gambar memahami teks eksplanasi menentukan bagian pernyataan umum dan deretan penjelas dan membedakan teks eksplanasi dengan teks eksposisi. Kompetensi dasar menelaah struktur aspek kebahasaan dan isi teks eksplanasi terdiri atas kegiatan menelaah kelengkapan struktur teks eksplanasi memahami objek menyusun kalimat sebab akibat menentukan kata yang menunjukkan urutan menelaah aspek kebahasaan dan menelaah isi teks eksplanasi. Kompetensi dasar meringkas isi teks eksplanasi terdiri atas kegiatan meringkas teks eksplanasi dan meringkas teks eksplanasi dengan membuat peta konsep/diagram. Kompetensi dasar menyajikan informasi terdiri atas kegiatan mengamati video fenomena alam dan sosial untuk dapat menulis teks eksplanasi dan menyunting teks eksplanasi yang telah dibuat. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP dengan media web offline dapat diimplementasikan meskipun dengan revisi bahan ajar. Validasi materi dan bahasa Indonesia memperoleh nilai 72%. Validasi materi dan bahasa Indonesia terdiri atas komponen isi penyajian dan penggunaan bahasa Indonesia. Validasi media pembelajaran memperoleh nilai 83%. Validasi media pembelajaran terdiri atas komponen audio-video keberterimaan dan kemasan. Efektivitas produk diuji melalui uji statistik menggunakan uji beda. Hasil uji beda pemahaman terhadap teks eksplanasi menunjukkan nilai t hitung sebesar -16 610 dengan sig 0 000. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman siswa terhadap teks eksplanasi. Bahan ajar teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan media web offline memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan bahan ajar ini adalah berdaya serap yang tinggi lebih menyenangkan dibanding versi cetak sesuai dengan karakter siswa berfitur multimedia dan kuis-kuis yang beraneka ragam. Kelemahan bahan ajar ini adalah mutlak membutuhkan ketersediaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi khususnya komputer ataupun laptop akses pembelajaran tidak sepenuhnya dapat diatur karena dikembangkan melalui sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System [LMS]) dan fitur-fitur LMS tidak sepenuhnya dapat mengakomodasi pengembangan bahan ajar yang diharapkan peneliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |