Penggunaan negosiasi makna dalam wacana lisan guru-siswa kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 / Septi Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan negosiasi makna dalam wacana lisan guru-siswa kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 / Septi Kartika Sari

Sari, Septi Kartika (2016) Penggunaan negosiasi makna dalam wacana lisan guru-siswa kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 / Septi Kartika Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Septi Kartika. 2016. Penggunaan Negosiasi Makna dalam Wacana Lisan Guru Siswa Kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci negosiasi makna wacana lisan Negosiasi makna dapat dimanfaatkan sebagi strategi dalam pembelajaran di kelas. Guru dapat menggunakan negosiasi makna untuk menjelaskan materi pelajaran. Negosiasi makna dapat diartikan ketika interaksi antara guru dengan peserta didik mengalami kesulitan dalam berkomunikasi kemudian guru berupaya untuk mengatasi dengan cara dan taktik agar bisa dipahami oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk negosiasi makna yang dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 (2) mendeskripsikan frekuensi penggunaan negosiasi makna dalam pembelajaran di kelas IV SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 (3) mendeskripsikan perbedaan penggunaan negosiasi makna SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dan didukung oleh instrumen lainnya. Pada metode kualitatif menggunakan intrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan wawancara. Terdapat tiga data dalam penelitian ini. Data penelitian ini berupa (1) bentuk negosiasi makna pada pembelajaran di kelas frekuensi penggunaan negosiasi makna pada pembelajaran di kelas dan (3) perbedaan penggunaan negosiasi makna di SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama terdapat sembilan bentuk negosiasiasi makna yaitu permintaan klarifikasi konfirmasi cek konfirmasi perbaikan atau dikoreksi sendiri perluasan permintaan penjelasan membalas klarifikasi membalas konfirmasi dan membalas sebagai jawaban.Kedua frekuensi negosiasi makna yang paling sering muncul pada pembelajaran adalah cek konfirmasi. negosiasi makna yang paling rendah tingkat penggunaannya adalah membalas sebagai jawaban. Ketiga perbedaan penggunaan negosiasi makna di SDN Sandingrowo 01 dan SDN Mojomalang 02 terletak pada frekuensi atau kemunculan negosiasi makna. Pada pembelajaran di SDN Mojomalang 02 frekuensi negosiasi makna lebih tinggi dibanding pada pembelajaran di SDN Sandingrowo 01. Negosiasi makna sering muncul dikarenakan pembejaran di sekolah tersebut menggunakan kurikulum KTSP. Sehubungan dengan temuan dan hasil penelitian tersebut disarankan pada guru untuk menggunakan kesembilan bentuk negosiasi makna yang telah diteliti. Bagi tim MGMP Bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan negosiasi makna terutama kesembilan negosiasi makna yang telah diteliti agar diperkenalkan kepada guru kelas. Bagi peneliti selanjutnya perlu diadakan penelitian sejenis mengenai perbedaan penggunaan negosiasi makna pada yang ditik beratkan pada gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58115

Actions (login required)

View Item View Item