Pengembangan modul pembelajaran memahami dan memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa SMA/SMK / Lilis Sumaryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran memahami dan memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa SMA/SMK / Lilis Sumaryanti

Sumaryanti, Lilis (2016) Pengembangan modul pembelajaran memahami dan memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa SMA/SMK / Lilis Sumaryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumaryanti Lilis. 2016. Pengembangan Modul PembelajaranMemahami dan Memproduksi Teks Cerpen Bersumber dari Majalah Remaja untuk Siswa SMA/SMK.Tesis Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci modul teks cerpen majalah remaja Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh sejumlah kesulitan yang dialami oleh siswa dalammemproduksiteks cerpen. Kesulitan tersebut disebabkan (1) kurangnya buku ajar yang mendukung materi memproduksi teks cerpen dan (2) materi yang terdapat dalam buku teks belum dilengkapi panduan untuk menulis secara rinci. Agar siswa mampu memproduksi teks cerpen maka diperlukan referensi tambahan yang mampu membimbing siswa menulis cerpen secara terarah. Selain itu siswa juga dapat belajar secara mandiri tanpa didampingi oleh guru. Buku referensi tambahan yang diberikan dilengkapi dengan materi dan latihan yang dapat menuntun siswa menulis cerpen secara mandiri. Alat penilaian berupa evaluasi dan refleksi juga diperlukan agar siswa mampu mengukur sejauh mana proses belajar yang telah dilewati. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan produk berupa modulmemproduksi teks cerpen contoh teks cerpen latihan evaluasi dan refleksi yang memenuhi kelengkapan isi dan (2) mendeskripsikanhasil validasi dan hasil uji keefektifan produk. Produk yang dikembangkan memperhatikan tahapan-tahapan dalam menulis cerpen. Penelitian initermasuk ke dalam jenis penelitian pengembangandengan model pengembangan Borg Gall yang terdiri atas sepuluh langkah. Berdasarkan model tersebut penelitian ini mengadaptasi model yang dikembangkan menjadi beberapalangkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli (5) revisi (6) validasi praktisi (7) revisi (8) uji efektivitas (9) revisi dan (10) diseminasi. Jenis data dalampenelitianini yaitudatanumerikyang berupaskor-skor yang didapatdarisubjekujiterhadapmodul yang dikembangkan dan data verbal yangberasal dari ahlipenulisan cerpen ahlipembelajaran menulis cerpen guru dansiswa.Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancaratidakterstrukturyang dilakukankepadaahlidanpraktisiberkaitandenganproduk yang dikembangkan dan surveiterbatasyang dilakukandengancaramemberikanangketkepadaahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif diperoleh dengan cara mengumpulkan dan mentranskrip data verbal yang berasal dari angket penilaian ahli dan praktisi kemudian mengklasifikasikannya ke dalam kelompok yang sesuai lalu menganalisis serta menyimpulkan tindak lanjut modul.Analisis data kuantitatif diperoleh dengan cara menghitung skor yang diperoleh dari angket penilaian ahli dan praktisi. Uji keefektifan produk dalam penelitian ini menggunakan desain pretest-postest tanpa kelas kontrol yaitu membandingkan hasil siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul yang dikembangkan. Hasilpengembanganproduk berisi langkah-langkah dalam memproduksi teks cerpen yaitu mulai dari pengetahuan tentang teks cerpen menggali tema menentukan tokoh alur latar sudut pandang membuat dialog judul membuat cerpen secara utuh dan menyunting cerpen. Sistematika ini disajikan secara berurutan sesuai dengan tahapan menulis. Modul ini menggunakan ragam bahasa formal dan komunikatif. Tampilan dalam modul ini dibuat secara menarik dan atraktif serta dicetak dalam ukuran kertas A4 80 gram dengan dominasi warna sampul biru. Berdasarkan hasil validasi terhadap aspek isi/materi diperoleh total skor 439 dan rerata sebesar 89 3% yang diperoleh dari ahli penulisan cerpen ahli pembelajaran menulis cerpen dan praktisi. Revisi yang perlu dilakukan adalah membenahi materi dan latihan soal. Hasil validasi aspek bahasa diperoleh total skor 62 dan rerata sebesar 77 5% yang diperoleh dari ahli ahli penulisan cerpen ahli pembelajaran menulis cerpen dan praktisi. Revisi yang perlu dilakukan adalah membenahi penggunaan bahasa pada petunjuk penggunaan siswa dan penggunaan kata mahatahu dalam materi sudut pandang. Hasil validasi aspek tampilan diperoleh total skor 147 dan rerata sebesar 81 6% yang diperoleh dari ahli penulisan cerpen ahli pembelajaran menulis cerpen) praktisi. Revisi yang perlu dilakukan adalah membenahi penggunaan jenis huruf tata letak dan gambar. Berdasarkan uji keefektifan produk diketahui nilai signifikansi di SMA DarulUlumAgung-0 804dannilaisignifikansi di SMK PGRI 3 -4 829. Dengan tarafsignifikansi yang diperoleh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58113

Actions (login required)

View Item View Item