Akulturasi budaya dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dan potensinya untuk mendukung pendidikan karakter / Iva Ani Wijiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Akulturasi budaya dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dan potensinya untuk mendukung pendidikan karakter / Iva Ani Wijiati

Wijiati, Iva Ani (2016) Akulturasi budaya dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dan potensinya untuk mendukung pendidikan karakter / Iva Ani Wijiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iva Ani Wijiati. 2016. Akulturasi Budaya dalam Novel Memang Jodoh Karya Marah Rusli dan Potensinya untuk Mendukung Pendidikan Karakter. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Ah. Rofi uddin M.Pd (2) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci akulturasi budaya novel pendidikan karakter Sastra merupakan cermin kehidupan sosial berbentuk karya imajinatif. Cermin kehidupan sosial dalam karya sastra mencakup hubungan kekeluargaan pertentangan kelas sosial dan perubahan sosial. Maka untuk menggali makna pada karya sastra dibutuhkan pemahaman yang mendalam. Aspek sosial dalam hal ini membutuhkan perhatian khusus dengan menitikberatkan pada kajian akulturasi budaya dengan tujuan untuk mendukung pendidikan karakter. Penelitian ini dilaksanakan dengan fokus kajian (1) bentuk akulturasi budaya (2) faktor penyebab akulturasi budaya dan (3) potensi akulturasi untuk mendukung pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan pendekatan deskriptif kualitatif analisis data dilakukan dengan hermeneutika. Data penelitian berupa kutipan narasi dan dialog. Sumber data berupa dokumen sastra berupa novel Memang Jodoh Karya Marah Rusli yang diterbitkan oleh Penerbit Qanita Bandung pada tahun 2013. Hasil penelitian fokus pertama bentuk akulturasi budaya dalam novel Memang Jodoh meliputi (1) akulturasi budya dalam ranah gagasan terurai dalam beberapa pembahasan diantaranya (a) ranah pendidikan dan (b) pandangan hidup (2) akulturasi budaya dalam ranah aktivitas membahas tentang (a) Interaksi dalam keluarga dan (b) Interaksi antar keluarga selanjutnya (3) akulturasi dalam ranah karya membahas prestasi yang telah dicapai oleh tokoh. Kedua faktor penyebab akulturasi budaya meliputi (1) difusi point pembahasan dalam difusi meliputu (a) difusi intramasyarakat dan (b) difusi antar masyarakat dan (2) asimilasi yang diperoleh berdasarkan temuan meliputi (a) asimilasi perkawinan dan (b) asimilasi penerimaan sikap. Ketiga potensi akulturasi budaya untuk mendukung pendidikan karakter terwujud dalam (1) penghayatan serta pengamalan ajaran agama yang tergambar melalui (a) keyakinan bahwa jodoh adalah takdir dari Tuhan dan (2) bentuk perilaku berkarakter dalam kehidupan pribadi dan sosial meliputi (a) tanggung jawab (b) toleransi (c) cinta damai (d) semangat kebangsaan dan (d) peduli sosial. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian akulturasi budaya disarankan bahwa hasil penelitian tentang akulturasi budaya dalam karya sastra dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan khususnya bagi para pelaku pendidikan berbasis karakter dan untuk masyarakat awam disarankan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan khususnya dalam hal menempatkan diri dalam kehidupan dilingkungan sosial ditengan kehidupan masyarakat yang henterogen demi tercapainya masyarakat Indonesia yang rukun dan damai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58112

Actions (login required)

View Item View Item