Estetika profetik novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan karya Tasaro G.K. sebagai sumber pendidikan karakter / Ramadhaniar Wulananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Estetika profetik novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan karya Tasaro G.K. sebagai sumber pendidikan karakter / Ramadhaniar Wulananda

Wulananda, Ramadhaniar (2016) Estetika profetik novel Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan karya Tasaro G.K. sebagai sumber pendidikan karakter / Ramadhaniar Wulananda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulananda Ramadhaniar. 2016. EstetikaProfetik Novel Muhammad LelakiPenggenggamHujanKaryaTasaro G.K. sebagaiSumberPendidikanKarakter. Tesis Program StudiPendidikanBahasa Indonesia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. DjokoSaryono M.Pd (II) Prof. Dr. HeriSuwignyo M.Pd. Kata Kunci estetikaprofetik novel sumberpendidikankarakter Estetikaprofetikadalahbentuk-bentukekspresiprofetikdalamkaryasastra yaituhumanisasi liberasi dantransendensi yang dikajimelaluiunsur-unsurestetik.Estetika profetik yang terdapat dalam karya sastra dapat dimanfaatkansebagaisumberpenanaman nilai-nilai sikap dan perilaku siswakarenasastraberfungsisebagaipenghiburdanpendidik. Olehkarenaitu penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanestetikaprofetik novel Muhammad Lelaki Penggenggam Hujanyang dapatdimanfaatkansebagai sumber pendidikan karakteryang mencakupaspek(1) humanisasi (2) liberasi dan(3) transendensi. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiananalisisteks.Sumberdatanyaberupanovel Muhammad Lelaki Penggenggam HujankaryaTasaro G.K. Data penelitianberupabentuk-bentukekspresiprofetik dalam novel yang dikajimelaluiunsur-unsurestetik yaitu (1) struktur/bentuk yang berupacitraansimbolik kiasan sertagaya dan (2) makna yang tersiratmaupuntersuratdalamkisahdanperistiwa tokohdankarakter sertanarasidan dialog. Teknikpengumpulan data dengancarastudi dokumentasi. Analisisdatanyameliputi (1) identifikasi data (2) klasifikasi data (3) kodifikasi data (4) pemaknaan (5) interpretasi dan (6) penarikansimpulan.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganujikredibilitas yaitu (1) kecermatan dan ketekunan dalammembacadanmenganalisisteks novel dan (2) diskusi dengan dosen pembimbingdan rekan sejawat. Hasilpenelitianiniberupadeskripsiestetikaprofetik novel Muhammad Lelaki Penggenggam Hujanyang dapatdimanfaatkansebagai sumber pendidikan karaktermeliputiaspek(1) humanisasi (2) liberasi dan (3) transendensi. Pertama aspekhumanisasimencakupempatsubaspek yaituaktivitasmemperkuat(1) personalitas (2) asertivitas (3) sosialisasi dan (4) spiritualitas.Subaspek yang pertamamerepresentasikankesadaran moral pengetahuannilai moral penentuanperspektif pemikiran moral pengambilankeputusan pengetahuanpribadi hatinurani hargadiri empati mencintaihal yang baik kendalidiri kerendahanhati kompetensi keinginan dankebiasaan. Subaspek yang keduamerepresentasikankesadaran moral pengetahuannilai moral penentuanperspektif pemikiran moral pengambilankeputusan hatinurani hargadiri empati mencintaihal yang baik kendalidiri kerendahanhati kompetensi keinginan dankebiasaan. Selanjutnya subaspekketigamerepresentasikankerendahanhati.Subaspek yang terakhirmerepresentasikankesadaran moral pengetahuannilai moral penentuanperspektif pemikiran moral pengambilankeputusan pengetahuanpribadi hatinurani hargadiri empati mencintaihal yang baik kerendahanhati kompetensi keinginan dankebiasaan. Kedua aspekliberasimencakupempatsubaspek yaituaktivitasmembebaskandanmemerdekakandari(1) penindasanpolitik (2) penindasannegara (3) ketidakadilanekonomi dan (4) ketidakadilan gender.Subaspekpertamamerepresentasikankesadaran moral pengetahuannilai moral penentuanperspektif pemikiran moral pengambilankeputusan hatinurani hargadiri empati mencintaihal yang baik kendalidiri kerendahanhati kompetensi keinginan dankebiasaan. Subaspekkeduamerepresentasikanpengetahuannilai moral hatinurani empati kompetensi keinginan dankebiasaan.Subaspekselanjutnyamerepresentasikanpengetahuannilai moral pemikiran moral hatinurani empati mencintaihal yang baik kompetensi keinginan dankebiasaan.Subaspekterakhirmerepresentasikanpengetahuannilai moral penentuanperspektif pemikiran moral hatinurani empati kompetensi keinginan dankebiasaan. Ketiga aspektransendensimencakupenamsubaspek yaitu (1) khauf (2) raja (3) tawakkal (4) qana ah (5) syukur dan (6) ikhlas.Khaufmerepresentasikanpengetahuannilai moral pengetahuanpribadi dankerendahanhati.Raja merepresentasikanpengetahuannilai moral penentuaanperspektif hatinurani hargadiri empati mencintaihal yang baik kendaidiri kerendahanhati kompetensi dankeinginan.Tawakkalmerepresentasikanpengetahuannilai moral penentuanperspektif hargadiri mencintaihal yang baik kendalidiri kerendahanhati keinginan dankebiasaan.Qana ahmerepresentasikanpengetahuannilai moral pengambilankeputusan mencintaihal yang baik dankendalidiri.Syukurmerepresentasikanpengetahuannilai moral penentuanperspektif hargadiri empati mencintaihal yang baik kerendahanhati dankompetensi.Ikhlasmerepresentasikanpengetahuannilai moral pengambilankeputusan empati mencintaihal yang baik kendalidiri kerendahanhati kompetensi dankeinginan. Saran penelitianditujukanbagiguru penelitiselanjutnya pengarang danpembacaumum.Guru disarankanuntukdapatmenemukan mengaplikasikan memanfaatkan danmenerapkanstrategipembelajaranberdasarkanaspekhumanisasi liberasi dantransendensidalam novel Muhammad LelakiPenggenggamHujanyang dapatdigunakansebagaisumberbelajarterkaitdengankeperluandantujuaninstruksional agar siswatergugahuntukmengaplikasikankomponenkarakter yang baikpadakehidupansehari-hari.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukdapatmemperluastopikpenelitianinikedalamberbagaijenispenelitian misalnyapengembanganpendekatanestetikdalampembelajaransastra pengembanganestetika sastraprofetikberbasispendidikankarakter danmeningkatkannilaikaraktersiswamelaluiestetikaprofetikpadakarya sastra. Pengarang disarankan untuk turut berpartisipasi dalam menghasilkan sebuah karya sastra profetikbaru yang dapat mentransformasikan nilai-nilai karakter bagi individusehinggasumberbacaandansumberbelajardalammenanamkannilaikarakterbagianak-anak remaja orang dewasa hinggalanjutusiamenjadiberagam.Bagipembacaumumdisarankanuntuklebihmengenalragamsastra Indonesia salahsatunyasastraprofetikkarenaestetikaprofetikdalam novel jugadapatmentransformasikannilaiketuhanandankemanusiaanpadadiripembacadandapatmenjadisumberbelajarpendidikankarakterbagiberbagaikalangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58109

Actions (login required)

View Item View Item