Pengembangan perangkat asesmen keterampilan menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua untuk siswa kelas VII SMP / Angla Florensy Sauhenda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat asesmen keterampilan menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua untuk siswa kelas VII SMP / Angla Florensy Sauhenda

Sauhenda, Angla Florensy (2016) Pengembangan perangkat asesmen keterampilan menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua untuk siswa kelas VII SMP / Angla Florensy Sauhenda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sauhenda Angla Florensy. 2016. Pengembangan Perangkat Asesmen Menulis Teks Deskripsi Dan Eksposisi Dengan Konteks Budaya Lokal Papua Untuk Siswa Kelas VII. Tesis Prodi Pendidikann Bahasa Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd dan (II) Dr. Martutik M.Pd Kata Kunci pengembangan perangkat asesmen teks deskripsi teks eksposisi budaya lokal Papua Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan perangkat asesmen menulis keterampilan menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua untuk kelas VII SMP.Dalam perangkat asesmen ini terdapat dua produk yakni panduan guru dan tugas siswa.Panduan guru terdiri atas tiga bab. Bab I Karateristik Asesmen Menulis yakni (a) kompetensi inti dan kompetensi dasar menulis (b) sasaran asesmen menulis (c) teknik dan alat asesmen menulis (d) sifat tugas menulis dan (e) petunjuk umum. Bab II Asesmen Menulis Teks Deskripsi yakni (a) kompetensidasar (b) indikator (b) petunujuk penggunaan (c) langkah-langkah penugasan (d) rubrik penilaian (e) cara penyekoran nilai siswa dan (f) rubrik teman sejawat. Bab III Asesmen Menulis Teks Eksposisi yakni (a) kompetensidasar (b) indikator (b) petunujuk penggunaan (c) langkah-langkah penugasan (d) rubrik penilaian (e) cara penyekoran nilai siswa dan (f) rubrik teman sejawat. Tugas siswa terdiri atas empat bagian yaitu (a)tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video (b) tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman (c) tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah dan (d) tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema. Budaya lokal Papua dalam penelitian dan pengembangan ini dijadikan sebagai rangsangan bagi siswa untuk menulis teks deskripsi dan eksposisi. Budaya lokal Papua yang dijadikan rangsangan yaitu (a) wisata danau Sentani dan wisata raja Ampat (b) tarian perang Papua (c) pentingnya ulat sagu (d) perlunya menjaga kebersihan lingkungan dari ludah pinang dan (e) manfaat sarang semut.Modelpengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model R2D2.Model pengembangan ini terdiri atas tiga tahap pengembangan yaitu (a) fokus pendefinisian atau identifikasi (b) desain pengembangan produk dan (c) diseminasi.Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini dikelompokan menjadi dua bagian yaitu(a) data kualitatif dan (b) data kuantitatif.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis kualitatifdan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi panduan guru teks deskripsi mencapai tingkat kelayakan sebesar 86%. Sementara panduan guru untuk teks eksposisi mencapai tingkat kelayakan sebesar 87%.Hal ini menunjukan bahwa panduan guru yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan.Selanjutnya tugas siswa pada teks deskripsi berdasarkan video mencapai tingkat kelayakan sebesar 85%.Tugas siswa pada teks deskripsi berdasarkan pengalaman mencapai tingkat kelayakan sebesar 84%.Tugas siswa pada teks eksposisi berdasarkan masalah mencapai tingkat kelayakan sebesar 84%. Tugas siswa pada teks eksposisi berdasarkan tema mencapai tingkat kelayakan sebesar 86%. Hal ini menunjukan bahwa tugas siswa yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan. Hasil analisis uji validitas tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0 30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0 506 butir soal kedua mencapai 0 611 butir soal ketiga mencapai 0 574 dan butir soal keempat mencapai 0 371. Selanjutnya hasil uji reliabilitas mencapai 0 694. Karena nilai lebih dari 0 60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks deskripsi berdasarkan video telah reliabel. Selanjutnya uji validitas tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0 30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0 686 butir soal kedua mencapai 0 409 butir soal ketiga mencapai 0 540 dan butir soal keempat mencapai 0 425. Selanjutnya hasil uji reliabilitas mencapai 0 692. Karena nilai lebih dari 0 60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks deskripsi berdasarkan pengalaman telah reliabel. Uji validitas tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0 30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0 365 butir soal kedua mencapai 0 587 butir soal ketiga mencapai 0 542 dan butir soal keempat mencapai 0 464. Selanjutnya hasil uji reliabilitas mencapai 0 681. Karena nilai lebih dari 0 60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks eksposisi berdasarkan masalah telah reliabel. Uji validitas tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema terdapat empat butir soal/tugas. Empat butir soal tersebut adalah valid karena nilai Correted Item Total lebih besar dari 0 30. Adapun nilai dari masing-masing item soal yaitu butir soal pertama mencapai 0 325 butir soal kedua mencapai 0 598 butir soal ketiga mencapai 0 646 dan butir soal keempat mencapai 0 390. Selanjutnya hasil uji reliabilitas mencapai 0 680. Karena nilai lebih dari 0 60 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tugas menulis teks eksposisi berdasarkan tema telah reliabel. Hasil penelitian dan pengembangan selanjutnya dapat diseminasikan dalam jurnal ilmiah baik tercetak maupun online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58105

Actions (login required)

View Item View Item