Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis dagi siswa SMA kelas XI / Siti Latifah Mubasiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis dagi siswa SMA kelas XI / Siti Latifah Mubasiroh

Mubasiroh, Siti Latifah (2016) Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis dagi siswa SMA kelas XI / Siti Latifah Mubasiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubasiroh Siti Latifah. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Resensi Cerpen Berbasis Literasi Kritis bagi Siswa SMA Kelas XI. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis resensi literasi kritis Menulis resensi merupakan keterampilan yang kompleks karena melibatkan keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi teks. Aspek esensial dalam menulis resensi adalah keterampilan evaluatif. Mengkaji karya sastra sebagai bahan menulis resensi dapat dilakukan dengan teori kritik sastra. Untuk mendukung keberfungsian kritik sastra tersebut penting diimplementasikan konsep literasi kritis dalam menulis resensi. Fungsi literasi kritis dalam pembelajaran menulis resensi adalah menumbuhkan kesadaran kritis bagi siswa untuk menemukan praktik sosial yang termuat dalam cerpen. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran menulis resensi belum mencapai level kritis. Oleh sebab itu perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk menghasilkan resensi kritis dengan panduan yang jelas dan sesuai dengan level berpikir siswa. Konsep literasi kritis digunakan sebagai pijakan dalam menyusun langkah-langkah menulis resensi kritis sebagai bentuk inovasi baru dalam pembelajaran menulis resensi. Kebaruan bahan ajar ini tercermin pada resensi yang dihasilkan mulai dari judul sinopsis evaluasi hingga simpulan. Dengan bahan ajar ini unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan temuan praktik sosial dalam cerpen yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis bagi siswa SMA kelas XI yang memenuhi kelayakan isi penyajian materi bahasa dan keterbacaan kegrafikaan daya terap dan serap materi literasi kritis kebermanfaatan dan kemenarikan serta untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar dalam pembelajaran menulis resensi kritis cerpen. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri atas delapan tahapan yang merupakan adaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg Gall. Kedelapan tahapan tersebut meliputi (1) observasi dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji kelayakan (5) revisi (6) uji lapangan (7) penyempurnaan produk akhir dan (8) uji keefektifan produk. Setelah produk dinyatakan layak diimplementasikan dilakukan uji keefektifan produk untuk mengetahui keefektifan produk dalam pembelajaran menulis resensi kritis cerpen. Uji keefektifan produk dilakukan dengan desain praeksperimen yaitu pretes-postes kelompok tunggal. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar pengayaan bagi siswa untuk menulis resensi cerpen secara kritis yang berjudul Terampil Menulis Resensi Cerpen berbasis Literasi Kritis bagi Siswa SMA Kelas XI. Dalam bahan ajar ini pendekatan literasi kritis diterapkan mulai dari siswa membaca cerpen sampai proses menghasilkan tulisan yang berupa resensi kritis cerpen. Dengan pendekatan literasi kritis siswa dibimbing untuk mempertanyakan muatan praktik sosial yang terkandung dalam cerpen tersebut sehingga memengaruhi hasil penyusunan judul sinopsis interpretasi evaluasi dan simpulan pada resensi yang ditulis.Bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis ini terdiri atas lima bab yaitu Bab 1 Konsep Menulis Resensi Kritis Bab 2 Menulis Bagian Pendahuluan Resensi Kritis Bab 3 Menulis Bagian Isi Resensi Kritis Bab 4 Menulis Bagian Penutup Resensi Kritis dan Bab 5 Praktik Menulis Resensi Kritis . Pembagian bab tersebut didasarkan pada unsur-unsur pembentuk resensi kritis dan kesinambungan materi. Hasil validasi kelayakan produk oleh ahli praktisi dan respon siswa menunjukkan bahwa bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis layak diimplementasikan bagi siswa SMA kelas XI. Validasi produk mengacu pada tujuh aspek kelayakan. Pertama aspek kelayakan isi bahan ajar mendapatkan persentase sebesar 75 56% sehingga layak diimplementasikan. Kedua aspek penyajian materi bahan ajar memperoleh persentase 84 63% sehingga sangat layak diimplementasikan. Ketiga aspek bahasa dan keterbacaan bahan ajar mencapai persentase 84 14% sehingga sangat layak diimplementasikan. Keempat aspek kegrafikaan bahan ajar memperoleh persentase 94 20% sehingga sangat layak diimplementasikan. Kelima aspek daya terap materi literasi kritis memperoleh persentase 81 36% dan termasuk dalam kualifikasi sangat layak diimplementasikan. Keenam aspek daya serap materi literasi kritis memperoleh persentase sebesar 77 40% sehingga layak diimplementasikan.Ketujuh aspek kebermanfaatan dan kemenarikan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 79 96% yang masuk pada kategori layak. Persentase rata-rata yang diperoleh berdasarkan ketujuh aspek tersebut ialah 82 46%. Dengan demikian berdasarkan hasil perolehan skor penilaian dan telah dilakukan revisi sesuai komentar ahli praktisi serta respon siswa bahan ajar yang dikembangkan ini sangat sangat layak diimplementasikan dalam pembelajaran menulis resensi kritis cerpen. Uji lapangan dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan serta respon siswa terhadap penerapan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis dalam pembelajaran menulis resensi kritis cerpen. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji beda Paired Sample T-test menginformasikan bahwa nilai t -41 961 dengan taraf signifikansi p 0 000 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58103

Actions (login required)

View Item View Item