Beatrik S., Rissa (2016) Tuturan guru dalam interaksi pembelajaran di SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir Sumatra Utara / Rissa Beatrik S. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Beatrik S Rissa. 2016. Tuturan Guru dalam Interaksi Pembelajaran di SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten Samosir Sumatra Utara. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd (2) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd Kata Kunci Tuturan guru pengembangan Pengetahuan sikap keterampilan interaksi pembelajaran. Tuturan guru menjadi hal yang sangat esensial dan menjadi sarana untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Tuturan guru dalam proses pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Peran guru sebagai sumber belajar fasilitator pengelola demonstrator pembimbing motivator dan evaluator digunakan untuk mengarahkan mendorong menggali potensi siswa untuk menciptakan manusia yang berkualitas baik dari segi ilmu pengetahuan sikap dan keterampilan. Guru harus ditempatkan pada posisi utama bukan sekedar pelaksana kurikulum tetapi harus dilibatkan dalam perancangan kurikulum itu sendiri hal ini sejalan dengan konsep kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tugas guru dalam menjalankan perannya sebagai guru yang profesional harus memiliki kompetensi untuk menciptakan siswa yang cerdas beraklak dan terampil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tuturan guru untuk pengembangan pengetahuan dalam interaksi pembelajaran (2) tuturan guru untuk pengembangan sikap dalam interaksi pembelajaran (3) tuturan guru untuk pengembangan keterampilan dalam interaksi pembelajaran. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode deskriptif analitis yang bersifat kualitatif. Data diperoleh dari latar alamiah melalui observasi nonpartisipatif dan perekaman. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti sebagai instrumen utama melakukan pengumpulan data mereduksi data menganalisis menafsirkan data dan menyusunnya menjadi laporan hasil penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan format pedoman observasi perekaman dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model alir dengan langkah-langkah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) penyimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Penelitian ini dilakukan pada guru SMP Negeri 1 Palipi Kabupaten samosir Sumatra Utara. Sampel penelitian dipilih secara purposif artinya penentuan sumber data dipilih dengan pertimbangan dan tujuanpenelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa fungsi tuturan guru untuk pengembangan pengetahuan mencakup empat fungsi yakni tuturan pengembangan pengetahuan faktual konseptual prosedural dan fungsional. Tuturan pengetahuan faktual dirinci dalam dua bagian yakni tuturan yang merujuk pada pelabelan dan tuturan yang menjelaskan definisi. Kecenderungan guru menggunakan kalimat pertanyaan literal dimaksudkan agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Pemahaman dasar ini dibutuhkan oleh siswa untuk memahami informasi lanjutan. Tuturan guru yang berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan konseptual dirinci menjadi empat bagian yakni tuturan yang menunjukkan kategori tuturan yang menjelaskan prinsip tuturan untuk menjabarkan ciri-ciri dan tuturan untuk menjelaskan perbandingan.Tuturan guru untuk mengembangkan pengetahuan konseptual dimaksudkan untuk memfasilitasi siswa menata dan merangkai pengetahuan sehingga membentuk satu konsep yang padu dalam bentuk kategori klasifikasi perbandingan prinsip dan ciri-ciri.Tuturan guru untuk pengembangan pengetahuan prosedural dirinci menjadi empat bagian yakni tuturan yang menyebutkan kata kunci tuturan yang menjelaskan arahan tuturan untuk mendemonstrasikan contoh dan tuturan untuk menganalisis. Tuturan guru untuk pengembangan pengetahuan fungsional dirinci dalam dua bagian yakni tuturan untuk menyimpulkan dan tuturan untuk memberi penilaian. Tuturan pengetahuan untuk pengembangan sikap mencakup fungsi tuturan untuk memberikan pujian tuturan memberi peringatan tuturan memotivasi dan tuturan mengarahkan penghayatan. Tuturan pujian dimaksudkan untuk mengapresiasi kemampuan siswa meningkatkan kepercayaan diri meningkatkan respon dan meningkatkan hubungan yang harmonis dalam interaksi pembelajaran. Tuturan memberi peringatan dimaksudkan untuk mencegah mengurangi dan menghilangkan respon negatif siswa. Tuturan memotivasi dimaksudkan untuk menggerakkan mengarahkan dan menjaga tingkah laku siswa untuk melakukan sesuatu sehingga tercapai tujuan penbelajaran. Tuturan untuk mengembangkan keterampilan mencakup fungsituturan untuk melakukan perbaikan dan tuturan penugasan.Tuturan memperbaiki dimaksudkan agar siswa terlatih memperbaiki dan menganalisis contoh soal. Sehingga melalui proses pembiasaan ini diharapkan siswa menjadi terampil. Tendensi tuturan guru berada pada tuturan imperatif dan argumentatif. Fungsi tuturan guru untuk mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan siswa mencerminkan kompetensi guru sebagai sumber belajar fasilitator pengelola demonstrator pembimbing motivator dan evaluator. Sebagai fasilitator guru juga memiliki otoritas dalam memodifikasi tuturan untuk berbagai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa untuk pengembangan pengetahuan sikap dan keterampilan siswa dalam interaksi pembelajaran guru harus memancing inisiatif siswa dalam bentuk pertanyaan. Guru mengembangkan strategi pembelajaran mandiri dan kooperatif dalam mengembangkan keterampilan siswa. Fungsi Tuturan guru menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan bahwa tuturan guru untuk mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam pembelajaran maka disarankan agar guru dapat menggunakan tuturan yang bervariasi sesuai dengan tujuan pembelajaran mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/58098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |