Pengembangan multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk pembelajaran menyimak kritis teks laporan hasil observasi kelas VII SMP / Henika Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk pembelajaran menyimak kritis teks laporan hasil observasi kelas VII SMP / Henika Ratna Sari

Sari, Henika Ratna (2016) Pengembangan multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk pembelajaran menyimak kritis teks laporan hasil observasi kelas VII SMP / Henika Ratna Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari HenikaRatna. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifBerbasisSamrtphone Android UntukMenyimakKritisTeksLaporanHasilObservasiKelas VII SMP. Tesis. Program StudiPendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suwignyo M.Pd (2) Dr. KusubaktiAndajani M.Pd. Kata Kunci menyimakkritis media pembelajaran tekslaporanhasilobservasi Multimediainteraktif berbasissmartphone androidadalah media pembelajaranyang berbasis mobile. Media pembelajaran itu terkoneksidengan internet padaperangkatmobilesepertismartphone tablet danPDAsehinggapembelajarandapatdilakukandimanapun dankapanpun. Media menyimakkritisberbasissmartphone android yang dikembangkandalampenelitianinidifungsikanuntukmemfasilitasisiswadalammeningkatkankemampuanberpikirkritismelaluikegiatanmenyimak. Kegiatanini tidaklah mudah karena informasi yang disampaikan berbentuk audio yang membutuhkan kemampuan indra pendengaran. Oleh karena itu mediainidikemasdalambentukaplikasidengandesaintampilan yang dibuatmenarik dan latihan soal yang mengarah ke pemikiran kritis agar siswadapatmudahmenangkapinformasiserta Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkan media interaktifpembelajaranuntuk latihan menyimakkritis menangkap maknapadatekslaporanhasilobservasi yang layakdarisegiisi tampilan aplikasi menu dan mekanisme kerja. Selain itu dihasilkan buku panduanpemanfaatan media yang layakuntukmenunjangkeberadaan media. Media menyimakberisi lima tampilanutama yakni (1) sampul media (2) sajian menu utama (3) pengantardanpetunjukpenggunaan media (4) KD tujuan materibesertalatihansoaldanrefleksi (5) profil pengembang. Model desain penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari desain R2D2 dari Willis (1995) yang terdiri atas 3 fokus pengembangan yakni (1) fokus pendefinisan (2) fokus desain dan pengembangan dan (3) diseminasi. Desain R2D2 dipilih karena bersifat rekursif reflektif nonlinear dan kolaboratif. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk menyimak kritis teks LHO dapat diimplementasikan. Pada tahap uji coba produk multimedia interaktif berbasis smartphone android terdapat lima apek utama yang dinilai oleh para ahli dan praktisi. Kelima aspek tersebut yakni (1) aspek isi media memperoleh 80 56% (2) aspek tampilan memperoleh nilai 80% (3) aspek aplikasi menu memperoleh nilai 75% (4) aspek mekanisme kerja memperoleh nilai 87 5% dan (5) penyajian buku petunjuk memperoleh nilai 90%. Berdasarkan hasil uji lapangan media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 84 47% dari siswa kelas VII SMPN 23 Malang. Dari hasil statistik uji efektivitas produk multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk menyimak kritis dapat diketahui bahwa siswa mampu mendapatkan hasil lebih baik setelah menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut tampak pada jumlah rata-rata pretes sebesar 74 05 sedagkan nilai rata-rata postes sebesar 81 86. Nilai signifikansinya sebesar 0 014 hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai menyimak kritis teks LHO sebelum dan sesudah perlakuan karena P

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58094

Actions (login required)

View Item View Item