Hubungan kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dhimas Asih Kusuma Persadha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dhimas Asih Kusuma Persadha

Persadha, Dhimas Asih Kusuma (2016) Hubungan kemampuan membaca pemahaman, minat baca, dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dhimas Asih Kusuma Persadha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Persadha Dhimas Asih Kusuma. 2016. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Minat Baca dan Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. Kata kunci kemampuan membaca pemahaman minat baca kemampuan bernalar kemampuan menulis karya ilmiah Kemampuan menulis karya ilmiah memiliki peranan penting dalam kehidupan akademik seorang mahasiswa terutama dalam menyelesaikan tugas kuliah maupun tugas akhir dalam memperoleh gelar sarjana magister dan doktor. Kemampuan menulis karya ilmiah diduga dipengaruhi oleh kemampuan membaca pemahaman minat baca dan kemampuan bernalar. Oleh karena itu rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang (2) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang (3) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang (4) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang (5) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang (6) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang dan (7) Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Dalam hal ini variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman minat baca kemampuan bernalar dan kemampuan menulis karya ilmiah. Data penelitian ini adalah skor kemampuan membaca pemahaman skor minat baca skor kemampuan bernalar dan skor kemampuan menulis karya ilmiah. Proses pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan skala. Dalam penelitian ini hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment pearson dan regresi berganda. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat diungkapkan hasil penelitian yaitu (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis karya ilmiah (2) tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah dan (7) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman minat baca dan kemampuan bernalar dengan kemampuan menulis karya ilmiah. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini disarankan kepada pihak pengajar di perguruan tinggi diharapkan lebih memaksimalkan penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan pemahaman minat baca kemampuan bernalar dan kemampuan menulis karya ilmiah. Selain itu disarankan bagi mahasiswa memotivasi dirinya untuk minat membaca dan mengasah kemampuan membaca pemahaman bernalar dan kemampuan menulis terutama kemampuan menulis karya ilmiah. Untuk peneliti lain disarankan dapat menindaklanjuti penelitian ini dengan penelitian yang lain yang lebih mendalam terkait dengan kemampuan membaca pemahaman minat baca kemampuan bernalar dan kemampuan menulis karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58088

Actions (login required)

View Item View Item