Pengembangan strategi responsi-kritis dalam pembelajaran menulis cerpen remaja untuk siswa SMA kelas XI / Tedy Niko Jatmiko Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi responsi-kritis dalam pembelajaran menulis cerpen remaja untuk siswa SMA kelas XI / Tedy Niko Jatmiko Saputro

Saputro, Tedy Niko Jatmiko (2016) Pengembangan strategi responsi-kritis dalam pembelajaran menulis cerpen remaja untuk siswa SMA kelas XI / Tedy Niko Jatmiko Saputro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Tedy Niko Jatmiko. Pengembangan Strategi Responsi-Kritis dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Remaja untuk Siswa SMA Kelas XI. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ahmad Rofi uddin M.Pd. (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci strategi responsi-kritis menulis cerpen cerpen remaja Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi responsi-kritis berupa tahap-tahap pembelajaran menulis cerpen yang berlandaskan proses keratif menulis cerpen. Tahap-tahap tersebut yaitu tahap apresiasi dan perumusan ide tahap pengembangan ide tahap penyuntingan serta tahap penilaian dan publikasi cerita. Keempat tahap tersebut dikemas dalam bentuk buku panduan pembelajaran menulis cerpen remaja. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri atas tujuh tahap. Ketujuh tahap tersebut yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli dan praktisi (5) revisi produk awal (6) uji lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk akhir. Tujuh tahap penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Strategi responsi-kritis memiliki karakteristik yang khas jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang lain. Strategi ini dikembangkan berdasarkan tiga landasan yaitu peer conference pembelajaran kontekstual dan proses menulis kreatif. Selain itu strategi responsi-kritis dikembangkan mengacu pada kurikulum 2013. Akan tetapi pada dasarnya langkah-langkah strategi pembelajaran yang dikembangkan tidak sepenuhnya terikat oleh kurikulum tersebut. Strategi ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa perkembangan psikologis perkembangan kognitif remaja usia SMA. Di samping itu langkah-langkah pembelajaran dalam strategi tersebut dikembangkan berdasarkan proses kreatif dalam menulis cerpen. Dengan demikian strategi pembelajaran tersebut dirancang secara sistematis agar masih relevan jika diterapkan pada kurikulum yang lain. strategi responsi-kritis terdiri atas empat tahap pembelajaran. Keempat tahap tersebut meliputi tahap apresiasi dan perumusan ide cerita pengembangan ide cerita penyuntingan serta penilaian dan publikasi. Keempat tahap pembelajaran tersebut dirancang secara sistematis sesuai dengan proses kreatif menulis cerpen. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan siswa dalam menulis cerpen. Melalui proses kreatif yang bertahap dan sistematis siswa dapat mencipta cerpen yang berkualitas baik. Hasil validasi produk menginformasikan bahwa strategi responsi-kritis dapat diimplementasikan. Validasi produk mengacu pada tiga aspek kelayakan. Pertama aspek kelayakan konsep strategi responsi-kritis mendapatkan persentase sebesar 86 1%. Kedua Aspek kelayakan langkah-langkah strategi responsi-kritis dalam pembelajaran menulis cerpen mencapai 90 7%. Ketiga aspek kelayakan strategi responsi-kritis terhadap tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa memperoleh persentase sebesar 88 8%. Berdasarkan perolehan persentase dari ketiga aspek tersebut dapat diketahui bahwa strategi responsi-kritis layak untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen. Uji lapangan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas serta respon siswa terhadap penerapan strategi responsi-kritis dalam pembelajaran menulis cerpen. Data mengenai efektivitas produk dapat diketahui melalui uji statistik dengan menggunakan uji beda Paired Sample T-Test. Hasil uji beda kemampuan menulis cerpen menginformasikan bahwa nilai t 13 427 dengan taraf signifikansi 0 000 (p 0 05). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai kemampuan menulis cerpen sesudah penerapan strategi responsi-kritis. Sementara itu strategi responsi-kritis telah memenuhi kriteria kelayakan karena penghitungan keseluruhan jawaban respon siswa mencapai persentase sebesar 88 9%. Berdasarkan hasil validasi uji produk dan penghitungan secara statisik dapat disimpulkan bahwa strategi responsi-kritis efektif serta layak diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen remaja. Dengan demikian strategi responsi-kritis dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi dalam pembelajaran menulis cerpen remaja. Dengan menerapkan strategi ini diharapkan kualitas pembelajaran menulis cerpen menjadi lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/58087

Actions (login required)

View Item View Item